International Cuisine in Yogyakarta

Buat kamu -kamu yang suka makan-makan makanan yang baru... travelling Jogja untuk sekedar menccipi makanan=makanan yang unik dengan citarasa yang lain daipada yang lain, silakan baca artikel ini... Dari Jepang hingga Prancis semua ada di Jogja!

Trip to Japan

Off to Sakura's Country!

Jobhunt : British Petroleum

Hmmm... sekedar membagi perasaan saja...

Personifikology Section

Dhea comeback!

Wisata Kuliner #5

Hayo-hayo, yang blum pernah kesini, mampir mampir....

Sabtu, Maret 29, 2014

Leg 6. Blistering Cold Night and 8 Hours in BTS (Penang - Kuala Lumpur)

Sekedar melanjutkan perjalanan gw keliling Asia Tenggara kemarin, sempat terhenti di Penang, mengarah ke Malaysia. Sebenernya dalam benak gw, males rasanya singgah di Kuala Lumpur, bukan karena takut bakal dibajak laiknya MH370 yang lagi naas saat ini, tapi emang sebenernya kalo bisa langsung ke Singapura mending langsung ke Singapura, lagian gak enaknya udah beli voucher penginapan/dorm sebelumnya kayak gini itu, gw kaga bisa nego lagi, semua bergantung ke dorm yang bersangkutan mulai dari jam cek in sampai ke nominal deposit yang kudu dibayarkan, en lain lain... FYI aja gw lepas dari Penang tanggal 10 malam, jam 7 gitu, en voucher hotel gw di Kuala Lumpur adalah tanggal 12, yang begini adalah urusan gambling... dengan asumsi gw bakal nginep cari mesjid secara Malaysia adalah negara muslim kan ya? Itulah...

Komtar, Terminal Penang
Dari terminal Komtar, gw mengawali malam hari pengembaraan gw menuju ke Kuala Lumpur, dengan bis yang lumayan eksekutif, gw dapet alone seating, artinya gak ada temen duduk di samping gw, so exclusive, en samping tempat duduk gw, di seberang adalah makhluk terindah yang pernah ge liat mungkin ya selama perjalanan.... Coba gw duduk di sampingnya itu ya, wes tak bribik itu cewek... Ampun, cantinya maha Siti Nurhaliza banget deh... mana wallpaper HPnya juga muka dia close up... Cuman karena suasana malam hari aja jadi kalo mau ambil foto dia juga kaga bisa soalnya gelap gulita... 

Anyway, yang kaga gw suka adalah, kaga ada tempat pipis onboard, so, pas sebelum ninggalin Penang, kita disuruh,, eh tepatnya digiring buat pipis... trus gak boleh lagi sampai nanti masuk terminal Ipoh. Okelah... jalan.... en setiap saat sambil curi-curi pandang ke cewek sebelah... berkerudung, tapi cantik nian.... Oiya, dari Penang ke Kuala Lumpur itu 5 jam.... sebenernya gw pengan lebih lama biar gak mati gaya di KL, tapi ya mo pegimana lagi, akhirnya nanti officialy mati gaya!

Abis jalan berkilo-kilo, sambil ngelewatin proyek monorail baru, sampai di depan Hotel, cuman kaga bisa cek in
Sebelumnya pas di Penang, gw udah searching mengenai dimana bakal bis gw turun, trus kalo jalan ke Hotel lewat mana, trus searching juga kalo taksi di Malaysia itu geje, kadang suka tipu-tipu, daripada duit gw abis, mending gw jalan dong ya.. 

Dan, sampe di Terminal di KL itupun jam 2 malam.... SIAL... Turun dari Bis gw celingak-celinguk kaya orang goblok... banyak disamperin tukang sopir taksi... ini itu... gw perhatiin cewek tadi kemana... kemudian dia menghilang begitu aja... Akhirnya, mengerahkan memori di otak, gw jalan ke Hotel, sambil orientasi medan... mampir dulu ke 7-Eleven, beli kue, lapar bos! Dan, ternyata JAAAUUHHH bos.... sampe di deket kawasan Bukit Bintang aja gw udah keringetan... hosh hosh... dan akhirnya sampai juga... ternayata Hotel gw pas di sebelah Mall, namanya Berjaya Times Square... --a

Sakitnya, setelah gw mengendap-endap ke Hotel itu jam 3 dinihari, ternyata yang punya bilang kalo cek in baru bisa dilayanin jam 12 siang... okelah... mau gak mau emang gw kudu cari tempat lain, misalnya masjid, soalnya udah mau subuh juga kan ya... 

Tapi, setelah gw jalan ke Bukit Bintang, ternayata gw menemukan fenomena yang 180 derajat malah berkebalikan ama faktanya, jebul gw berkunjung ke daerah distrik merahnya Malaysia, semacam Sarkem begitu deh... Masuk ke wilayah Bukit Bintang itu, banyak banget pelacur bertebaran menjajakan diri... tiap ada cowo lewat disamperin, kaga tanggung-tanggung, satu gitu sih lumayan, nah ini, langsung tiga, empat, lima.... infested sekali... Gw langsung ilfil begitu tau begitu.. Niat mau cari mesjid berubah, jadi cari KFC aja deh.... Minimal kaga masuk tuh pecun..

Udah di KFC, udah makan, masih aja jebul ada pecun yang ikutan masuk-masuk KFC, keren sekali konsumsinya pecun Malaysia itu KFC, atau kalo ada konsumen yang "make" mereka, mereka dapet free KFC gitu... Udah gitu gw tanya ke penjualnya, mesjid dimana? Dia kaga tau... ANTIKLIMAKS abis.... Udah gitu lagi... gw kebelet pipis... Apesnya lagi, KFC mana di dunia ini yang kaga ada TOILETnya... emosi gw... cuman ada wastafel... Lo pikir pipis bisa di wastafel... Taek!!!!

Badan penuh keringat en jalan terhuyung-huyung, trus kebelet pipis, FYI aja gw berulang kali mau pipis di jalanan Malaysia, cuman setiap udah dapet spot gitu, pasti ada aja CCTV yang mengawasi... Anjrit!!! Dengan perasaan dongkol sedongkol-dongkolnya, yaudah lah... niatin aja cari penginapan seenggaknya cuman sampai jam 12 siang aja... Ini salah satu yang buat anggaran bengkak, coz, gw kudu mengucurkan dana 80 Ringit (sekitar 400.000) buat semalam kurang di hotel yang lain... Entah nama hotelnya apa, peduli amat, nih air seni udah diujung di otong... udah kaga tahan.... peduli amat, gw pesen single room double bed... Bwahahaha... males sudah pake dormitory kalo tau sekamar 32 orang.... semacam pesta seks saja... @.@... 

Fyuh, nikmati kamar sendirian, full AC, private bathroom, sebenernya ditawari juga mau pake pelacur kaga sebelumnya, cuman karena iman gw masih lumayan kental, gw nisbikan... hahahaha... soalnya tau tadi pelacur jalanan di Bukit Bintang mukaknya kayak gimana... @.@

***

Setelah puas, en jam 12 cek out dari hotel entah berantah itu, masuklah gw ke hotel sebenernya gw pengen, cuman dibatasi satu bangunan di sampingnya, namanya Irsia B&B, habis itu langsung keluar hang out main ke Mall eh, tepatnya ke Money Changer, soalnya dipalakin ama nih hotel... yang bener aja masak depositnya 50 Ringgit... terpaksa ngutang dulu lah...

Akhirnya menghirup udara siang di KL, mayan, walo masih ilfil karena semalem, tapi diniatkan buat jalan-jalan nih hari, makan sianglah dulu ke Bukit Bintang, di restoran China muslim yang khas ama sajian Chicken Hainannya... Chee Meng... Gak susah nemuinnya kalo udah searching dulu dimana-mananya, cuman kudu ribet ama jalan pulangnya, saking kebanyakan Mall di sana, jadilah malah susah kalo masuk via mall... mending lewat jalan luaran... 

Chicken Hainan ala Chee Meng, Bukit Bintang, KL
Asli, enaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaakkkkkkkkkk banget itu chicken hainannya, uhh... kayakkurang gitu loh walopun porsi kayanya udah banyak, en walopun sebenernya gw bingung itu makannya pegimana soalnya dapet kuah juga, itu kuah dimakan terpisah ato dicampur, hanya penjualnya dan Tuhan yang tahu... hahahaha... 

Jembatan penyeberangan ke Stasiun Monorel Imbi
Oiya, stasiun monorel paling deket ama Hotel gw adalah Stasiun monorel Imbi, satu stasiun sebelum Bukit Bintang, dia langsung nyambung ke dalem Mal Berjaya Times Square... Lumayan, ada tempat nongkrong deket ama Hotel... Oke, jam 12 saat itu suasana hujan deres, jadilah nongkrong di mall bentar sambil cari waktu buat jalan-jalan lagi. 

Berjaya Times Square Main Lobby
Hujan rampung, melangkahlah gw lagi ke Stasiun Imbi tadi, well, cara beli tiket monorel ya pake mesin, sama lah kayak di Jepang ataupun Thailand, gw berencana ke Petronas Twin Tower, maka gw kudu pilih stasiun Dang Wangi dulu sebagai stasiun transit ke jalur merah, mungkin ada baiknya kalo lo punya dulu peta monorel biar kaga nyasar, atau minta peta KL di Hotel tempat lo nginep, pasti ada..

Bentukan Monorel (Sorry blur)

Stasiun Dang Wangi (Jalur Merah)
Agak jauh sih dari stasiun Bukit Nanas ke Dang Wangi, tapi enak kok, kaga panas plus ada escalatornya padahal di tempat terbuka gitu... salut gw.. Udah gitu beli lagi tiket ke KLCC, trus nanti bakal turun di basementnya Suria KLCC, gw bingung banget pas itu, ini mana pintu keluarnya... Ketemu mall lagi, bosen juga, gak peduli gw langsung cari pintu keluar biar bisa ambil foto di bawah ini:  
The Twins!
Cukup parlente sekali foto di sini, niat mau nyari orang buat motoin, tapi kaga nemu orang lalu lalang, yasudahlah, mana terik matahari siang itu sungguh panas, jadilah bentar doang, beberapa kali take selfie, en masuk lagi ke Mall tadi, en iseng-iseng nanya ke Kantornya Petronas Twin Tower itu, gimana caranya kalo mau naik ke Sambungan dua bangunan itu... Gw lupa istilahnya apa, yang jelas, menurut buku panduan gw itu gratis, jebul sampe sana itu berbayar, gak tanggung-tanggung, itu 80 Ringgit (sama kayak biaya hotel kemarin -___________-). Sudah itu yaudah balik lagi ke Mal Berjaya tadi coz udah sore juga kan ya... Sampe di Berjaya, laper lagi... makan dulu Krispy Kreme, penasaran juga karena blum pernah, nyoba aja enak kaganya.. hahaha...

Krispy Kreme

Suasana Irsia B&B
Abis itu magrib, yawdah gw pulang ke dorm aja, menghabiskan waktu di dorm aja sambil liat pekembangan demo di Thailand lewat TV di hotel ama penginap lain... hahahaha... Makan malam gw habiskan di samping dorm yang merupakan rumah makan ala Melayu, murahlah, 3,5 RM udah kenyang gilak... cocok buat hemat! Hahahha... 

***

Ya udah, besoknya bangunlah gw pagi-pagi sambil bertekad mau menyambangi Pasar Baru, atau Petalling Street, cuman udah sampe KL sentral semuanya berubah, karena tiba-tiba gw pengen ke Batu Caves.. Sempet juga gw mengalami kejadian yang geje.... 

At Monorail goes to Bukit Nanas

KL Sentral
Jadi ada bapak-bapak yang suaranya agak kaga jelas gitu nanya ke gw masalah suatu tempat yang pengen dia tuju pake kereta itu, karena sepenangkap gw dia ngomong "KL Sentral", jadilah gw bilang kalo di sini ini KL Sentral, tapi kayaknya jari gw menunjuk kereta yang bakal gw tumpangin... Jadilah dia naik kereta itu, gw pun naik tapi beda gerbong, sengaja pilih gerbong yang berbeda agak jauh... En nantinya jebulnya dia KAGA ada turun satupun di sepanjang perjalanan sampai ke Batu Caves... zzzttt... gw merasa bersalah...

Well, sepanjang perjalanan sih berasa ngantukkkkkk banget, soalnya kaga ada pemandangan yang bagus bagus banget buat dinikmati, tapi okelah...

Batu Caves

Asiknya di sini, banyak buruung... hahhahaha... refreshing!
In my less humble opinion, ini Batu Caves yang ngebuat males adalah banyak kera, marmos tingkat ujian nasional... Zzzztttt... Bagusnya banya burung dara kek di gambar itu... agak refreshing aja, panas gini, lengkap sih kalo ada es degan ato apa gitu... hahahaha... So, gw kaga masuk ke gua-nya, dah cukup aja dari depan gini... sambil istirahat en nunggu kereta selanjutnya ke arah KL Sentral...

Well... sempet sih turun di Pasar Baru itu, tapi gegara susah aksesnya, cari-cari di peta juga kaga nemu, akhirnya yoweslah... time to cek out...

FYI aja, bis gw adalah jam 11 malem en berangkat dari depan Berjaya Times Square, beruntung banget juga tempat pembelian en penjemputan bis juga ada di depan Berjaya ini, sungguh strategis sekali... NAH, masalahnya gw kudu ngapain dari jam 4 sore (pulang dari Batu Caves) sampai jam 11 malem.... Awalnya sih oke jalan-jalan muter-muter sapa tau ada spot / item yang menarik buat dibeli, tapi.... Lama-lama BOSEN... Jam 7 malem itu udah kaga sabar gw, lengkap dengan bawaan gw, gw nunggu di kursi di lantai 3 Mall itu... wira-wiri ya cuman ke toilet, mau makan bingung, mahal semua, arrrgghhh...

Saking bosennya jam 9 gw putuskan untuk keluar... plus beli roti di 7-Eleven... Ya udah deh, sama cabe-cabean KL gw nunggu bis gw... LAMAAAAAAAAAA banget,,, 

Rabu, Maret 26, 2014

Sekedar Wisata Kuliner Jogja #9

Halo, sekedar melanjutkan postingan wisata kuliner yang mungkin udah agak lambat.... Hahahahaa... You know lah, banyak banget bertebaran vendor-vendor usaha makanan yang mengusung tema-nya sendiri-sendiri dalam rangka menggaet pelanggan. Oke deh, seputaran bulan Desember 2013 hingga Februari 2014 gw mencoba beberapa tempat yang mungkin bisa gw review dikit-dikit, mungkin untuk nama makanannya sih gw agak lupa gitu, tapi gw akan berusaha mengingat-ingat demi elo elo pade... 

Parsley Resto
Jl. Kaliurang km 5, Depok, Sleman
Western - Asian Fusion
Concept: Fine Dining

Chickhen Maryland
Mencoba supaya lebih gahool dan tidak sombong di tempat paling keren sekaliber Paris Bakery atau Serafin, atau Chez Moi yang gak cuman menyajikan kue/bakery doang, namun juga lengkap dengan menu kelas berat. Bagi yang blum tau mungkin bisa langsung menuju resto yang gw sebutin tadi, salah satunya Parsley Resto, Banyak banget menu yang ditawarkan di sini beraneka kelas, mau yang western ya banyak, pizza pun juga ada, walo pizzanya seakan dipaksakan karena bukan maestronya masakan Itali kali ya.. Hehehe...

Okelah, gw pesen Chicken Maryland, semacam ayam bersaus glazy Veloute kental yang enak banget, lengkap dengan fried onion sebagai penghias di atasnya. Mantap! Itu satu porsi gitu juga udah kenyang banget deh sumpah. Blum lagi kalo pesen side dish, saat itu gw pesen Pizza wooden oven gitu jadilah perut kebanyakan isi hahaha... 

Slightly Recommended
Delicious Level: 4,6 out of 5
Price: 25.000 - 75.000

Bong Kopi Town
Sagan, Depok, Sleman
Indonesian Food
Concept: Prisoner, Jail

Semacam lotek campur apaan gitu, salah satu menu andalan di sini
Gak ada salahnya nyobain atmosfir baru, resto di Jogja yang berbalut suasana penjara... Iya, semua furnitur-layout, en bekground di sini adalah penjara, lengkap dangan meja makan en piring makan ala penjaranya.. Nggak heran banyak muda-mudi yang menghabiskan waktu untuk pemotretan buat buku angkatannya di sini.. Super kreatif lah...

Untuk makanannya mungkin agak over price dikit sih, tapi enak kok, walo sederhana banget, kayak di penjara, semacam lotek ada, semacam bubur en nasi penjara juga ada... Gak tau pegimana ilham sang creator en tag linenya, masa "rasakan kembali momen-momen dalam penjara", yang ada males banget orang kesana... hahaha... Hati-hati jangan lupa latihan karate dulu sebelum kesini, siapa tau mantan residivis beneran makan disini buat reunian ama suasana penjara.. who knows then,,, haha...

Very Recommended
Delicious Level: 4,5 out of 5
Price: 10.000 - 50.000

Pempek Cordon Bleu
Jl. Dagen, Malioboro, Yogyakarta
Indonesian Food
Concept: New Invention

A must try, Pempek Cordon Bleu
Terobosan baru di bidang kuliner adalah jika menggabungkan dua jenis makanan yang berlainan jadi satu... Misal yang dilakukan resto ini, membuat menu Pempek Cordon Bleu yang merupakan campuran dari Pempek asli Palembang dan Chicken Cordon Bleu ala Perancis... Hasilnya = Kurang kerasa keju di dalamnya... Idenya boleh lah... cuman ketika cuko itu membalut tekstur luarsi pempek, justru kejunya hilang rasanya, mungkin jumlah takaran keju mozarellanya kurang banyak di dalam?? Mungkin saja. 

But, okelah kreativitasnya, mungkin ke depannya bakal ada Pempek Snitzel, atau Pempek Saus Stroberi.. Hahahaha... 

Slightly Recommended
Delicious Level: 3.4 out of 5
Price: 10.000 - 20.000

Subha Food Court 
Galeria Mall, Yogyakarta
All genre
Concept: Food Court

Mie Ayam Katsu (Warung: X-3M)
Gara-gara diajak Dona kesini, abis garap Tes Masuk Tohoku, hahaha... akhirnya nyobain juga makan di Subha Foodcourt. You know, yang namanya food court pastinya terdiri dari berbagai macam vendor penjaja makanan, en yang mau gw review adalah Warung X-3M, yang menjual makanan paling top hits di sini... Namanya Mie Ayam Katsu... Laris banget ngantrinya ampe sejam baru jadi nih makanan... Gilak bener...

Bentuknya sangat berbeda, bukan mie ayam berkuah, bukan juga mie yamin yang kering full of kecap gitu... Bedak aja... pake saus ala-ala jepang gitu yang ada unsur madunya dikit, mienya juga cuman direbus doang... 

Very Recommended
Delicious Level: 4,2 out of 5
Price: 10.000 - 20.000

Twizel Resto
Jl. Seturan, Depok, Sleman
Western - Mexican Fusion
Concept: Modern Fine Dining

Ricebowl + Hot Meatball a la Twizel
Ini resto paling ciamik, terkesan girly, dengan warna-warni dekorasinya merah - pink, i like merahnya di taplak itu misalnya, padu serasi sekali dengan usungan konsepnya, semacam texmex, padu padan dengan ricebowl. Didukung dengan pemanfaatan teknologi seperti update twitter gitu en lo bakal dapet desert gratis gitu... 

Enak banget sih, cuman porsinya KURAAAAANNNGGGG banyak.... pedes juga... Mahal jugak.... So, minimal pernah-pernahin aja kesini mumpung masih muda gini... hahahaha... 

Very Recommended
Delicious Level: 4,5 out of 5
Price: 25.000 - 50.000

Kedai Mama Eyang
Jl. Kaliurang km 5, Depok, Sleman
Indonesian Fusion
Concept: Homey

Semacam ayam masak mama eyang, konsep rumahan
Konsepnya adalah masakan homey layaknya eyang yang bikin, walopun subjektif dong ya, eyang gw kaga masak kaya gitu tuh... sotoy deh ya... Ya, bisa dibilang adalah mengover-price-kan makanan rumahan kali ya... Makanannya ya indonesia aja gitu... Mungkin bagi penggemar sop buntut, bakal suka karena menurut sepengetahuan gw paling rekomended ya sop buntutnya di sini.... Tapi ada yang enak lagi... Yaitu pisang gorengnya.... Pisangnya digoreng trus di balut ama madu en cinnamon powder.. enak banget lah,,,, 

Cuman ya itu, mahal...

Barely Recommended
Delicious Level: 4,0 out of 5
Price: 20.000 - 50.000

Madam Tan Resto
Deket FMIPA UGM (Kampus Selatan), Sebelum Perempatan Mirota
Asian Fusion (Indo, Thai, Chinese)
Concept: Fresh from the Wok

Mie rebus szechuan... Not too bad
Ini kalo bukan karena ulang tahun Koponk, ya gw kaga pernah kesini.... Deket sih ama Milan, bisa jalan kali ya kalo masih jaman kuliah... hahahaha... Konsepnya sih fusion Indo ama Thai en Chinese, utamanya pake Wok = semacam wajan melengkung besar, yang biasanya buat goreng nasi goreng gitu... 

Entah kenapa gw memilih yang mie rebus, padahal aneka kwetiaw sepertiinya beneran bikin ngiler... berhubung temen-temen lain udah pada pesen kwetiau atau bihun, jadilah gw pesen yang rebus... Anyway, di sini ada versi pedesnya bisa diatur.. mau level 1 ampe 5... Tentunya level 5 pedesnya bukan main.... Gw nyoba punya temen yang level 5 langsung bermandikan keringat... hahaha....

Enak sih, apalagi yang rasa padthai itu serasa balik ke Thailand lagi... hahahahaha.... Good lah...

Barely Recommended
Delicious Level: 4,3 out of 5
Price: 10.000 - 50.000

Jumat, Maret 21, 2014

The Tale of The Tidal Inlet

Menjejaki granit-granit kehidupan, itu kata Andrea Hirata dalam epilognya di buku ketiganya, Edensor. Sebagai kehidupan, ia harus bermetamorfosis, dari satu bentuk, ke bentuk yang lain. Nah, sedikit menjelaskan perihal apa yang gw lakukan saat ini. Mungkin kepergian gw dari Jogja sangatlah mendadak sekali, bahkan gw aja gak menyangka bakal secepat itu kepergiannya. 

Masih inget dalam benak gw, waktu itu gw masih sibuk berlembur-lembur di kampus, yah sebut saja bantu-bantu anak-anak ngerampungin laporan akhir, kemudian ada traktiran Koponk di Madam Tan, saat itu gw sudah kirim email, seperti biasa, randomly kirim email, selama ini kirim email apply kerjaan kaga pernah ada yang dibales, ujung-ujungnya mailerdaemon juga yang jawab. So, kaga ada greget apa-apa ato perasaan apa-apa sewaktu itu. Namun, di hari Jum'atnya, sewaktu mati lampu, kampus mati lampu terus-menerus seakan memberi pertanda bahwa gw bakal selamanya meninggalkannya? Hmm... cukup lebay... Tapi, itulah yang terjadi... Jum'at terakhir itu seakan kampus gak rela mengijinkan gw pergi.. *yang ini super lebay*, yang kemudian dimanfaatkan kita-kita untuk kongkow di klaster en main catur... I remembered it.. Gw juga masih inget kudu nganterin Dona ke Stasiun, dia mau nuker tiket kereta, coz dia juga mau ke Jakarta esoknya... 

Well, ternyata sampai rumah, magrib, gw ditelpon Pak Iwan, semacam userlah... Ditanyain ini itu, intinya disuruh berangkat, en gw sanggupin aja, esoknya, Ahad, giliran HRDnya nelpon, trus langsung gak pake eek, gak pake beol, Seninnya kudu berangkat en penerbangan paling pagi lagi... means, persiapan gw cuman sehari... itu persiapan cuman materi aja.. gimana persiapan mental en psikis???

Dari saat itu gw bertekad untuk melampaui batas zona aman yang selama ini ada... Gw putuskan untuk merantau ke ranah Kalimantan ini, en lebih-lebih lagi, gw kudu berbaik sangka dengan air, laut, dan sungai... Karena so, pasti gw kaga bisa renang... Satu coincidence momont lagi, adalah sewaktu penerbangan ke Balikpapan, gw ditempatdudukkan di kursi di sebelah pintu emergency... gilak aja... means dari situ gw belajar buat emang keluar sepenuhnya dari zona aman.. Sampe pada saatnya nanti di Samarinda dihadapkan dengan Swim Test... Gak pernah dong, selama hidup gw, gw kudu lompat ke kolam renang berkedalaman lebih dari 1 meter... Kemarin di Garut aja gw hebrink sendiri.... Ini, mau gak mau kudu lompat... Of course, dengan life jacket, gw blum pernah pake begituan... Sampai akhirnya gw bisa ngapung sendiri, sungguh melegakan, intinya, keluarlah dari zona aman untuk menaikkan moral elo... hahahahahaha.... 

Gw mencoba melupakan semua yang ada... buang semua perasaan kepada siapapun, kontemplasi.. kontemplasi... Menaikkan frekuensi diri ini menjadi lebih baik... Then, tanggal 12, selesai medchek en swin test, akhirnya diberangkatkan ke Barge (Accomodation Barge) lengkap dengan induksi HSE dulu... Nama perusahaan: PT. BGP Indonesia, contract dengan Total EP Indonesie sebagai Client... 

Pemandangan diliat dari Office, Sungai Meriam, ke arah Muara Pantuan, dimana-mana air, air, dan air!

Muster Point

Muster Point
Satu foto aja nih dari lapangan... Itu tempat berkumpul kalo ada keadaan emergency... bisa juga sebagai tempat nongkrong cyabe-cyabe or teryeong-teryongan sini... hahahaha... Satu-satunya tempat bebas merokok ya di sini nih... hahahaha... Itu pemandangan di depan langsung Sungai Mahakam... begitulah setiap hari di sini... Feel free deh!




Rabu, Maret 19, 2014

All Hail to the Tide (Postingan dari pelosok pedalaman Kalimantan)

Halo.... 

Gw pikir bakal kaga bisa posting lagi nih...

Ternyata bisa... demi apa coba.. 

Well, banyak yang terjadi di sini... Di tempat yang sekitar gw cuman air.. air dan air... 

Sedikit menuliskan catatan di buku harian gw buat hari kemarin : 

"Okay, now i am blessed with this boring day, but not fancy, just my under conscious feeling. Doing the same way and repeat the same way, waiting for the sun going up from east to the west just standby doing nothing. I like the way i am go to field like yesterday, enjoying the new atmosphere in the riverside area in Muara Pantuan, rambling through the Borneo rainforest to acquire some points in TOPO. Fortunately there is a chance to join the crew. Make a new friend with Pak Lanjung and his assistant, the medic with a weird look, and Milton that has been very funny along the journey took place. Ahhh... that’s my very nature-to-day since the beginning, looking the terrain of the survey, but I forget the glasses, because it’s hard to gazing thru the never ending fishpond in the blistering sun light like yesterday."

Oke, segitu dulu deh... kapan-kapan disambung lagi kalo ada waktu... en koneksi tentu saja... 

Sabtu, Februari 08, 2014

Caution: Hiatus ahead!

Mungkin postingan jalan-jalan gw blum selesai, apalagi postingan personifikologi gw.. stuck... oke, apa yang gw alami minggu lalu adalah hari-hari lembur sampai malem-malem banget di Gedung Geofis... Hence, buat gw kaga ada waktu soalnya bener-bener disibukkan dengan pembuatan peta dan lain-lain...

Now, on the other side,

Gw kudu pergi sejenak ke belahan bumi yang lain untuk berkontemplasi, mungkin seminggu, atau bisa jadi lebih, hemat gw, mungkin secara pribadi gw meminta maaf buat pembaca blog ini, karena gw istirahat sejenak lagi, Semoga bisa kembali menyapa sebelum ulang tahun ke delapan blog ini besok di bulan Mei, gak terasa aja udah delapan tahun.. lebih lama setahun dari fesbuk gw seperti yang dilansir dari facebook lookout...

:)

Jumat, Januari 17, 2014

Leg 5. The Memoir of Lebuh Muntri (Penang)

Georgetown Town Hall (Penang)
Of all the places I've ever been
Penang's the nicest I've ever seen.
A different language and different race
They all join together a life's present pace.
Thaipusam is what I like best of all
There are some kavadis ten feet tall!
The golden sands and tropical beaches
Are one of her many beautiful features.
Penang herself is a busy town
Ships call here from places renown.
Penang I'll learn to know you well
And I'll have many stories to tell.

Kevin Horton, 6C
1974
***

Begitulah Kevin Horton di tahun 1974 mencoba mengekspresikan Penang, mungkin kalo dia dateng tahun 2013 kemarin mungkin banyak perubahan dalam diksinya.. hahaha... terlebih lagi kalo tau macetnya Penang di hari Sabtu.. hahaha... 

Kembali lagi gw bercerita kalo sebelumnya gw extend sehari gara-gara bis kepagian dari Krabi, jadi kudu nginep semalam lebih lama di Penang, tepatnya di Kimberley House. Oke, hari kedua sampai keempat nanti gw habiskan di Muntri House yang sekitar sekilo jauhnya dari Kimberley House.

Georgetown is heritage town, jadi banyak banget peninggalan sejarah di kota kecil, jadilah hari kedua ini gw optimalkan untuk jalan-jalan kota, kalo ditrack pake GPS mungkin bisa berkilo-kilo, karena limited duit, jadilah gw kaga masuk ke tempat wisata yang dimaksud, bukan apa-apa, cuman hemat aja, mungkin agak nyesel juga gitu ya, misalnya pas sampai di depan Pinang Peranakan Mansion, dulu pernah jadi pitstop Amazing Race entah season berapa, masuknya aja 30 RM ato berapa gitu, duit 100 dolar US aja kalo dituker cuman dapet 150 RM, gw kudu piye selain kudu semangat?

Peta CAT
Lagian selama beberapa hari itu cuaca Penang lagi super duper marmos menyengat, teriknya gilak bingits, baru keluar 200 meter aja kaos udah basah keringet, superb sekali... Sebenernya ada suatu roda transportasi paling enak buat keliling Penang/Georgetown, yakni CAT, semacam bis tapi gratis. Sistemnya hop on and off, terserah mau naik darimana en turun dimana, sangat memanjakan turis yang ga mau capek sekali... hahahaha... Sebenernya pengen nyoba naik ini, tapi karena males terjebak macet di sekitaran Komtar lagi, maka mending gw jalan kaki aja, sekalian bakar lemak *pengalihan isu*. Hm, jadi rute jalan gw adalah:

Muntri House --> Cheong Fat Tze Mansion --> Georgetown Museum --> St. George Chruch --> Town Hall --> Seaside --> Fort Cornwallis --> Pinang Peranakan Mansion --> Little India --> Goddess of Mercy Temple --> Masjid Kapitan Keling --> Muntri House

Hmmm... gw paling suka adalah di depan Gereja St. George, itu arsitektur gerejanya bagus banget, unik, kayak di pelem-pelem gitu, then, di Seaside, di pinggir pantai ini gw tetapkan sebagai spot paling asik buat berkontemplasi, sepi, en semilir, asik banget kalo sambil nyeruput jus semangka... hahaha... Then, jangan lupa nasi kandar di depan Masjid Kapitan Keling enak banget, beda, rempahnya beneran kerasa... mahalnya sama sekitar 8 RM. Secara hemat gw, kayak keliling Kota Tua Jakarta tapi kesannya cecinaan.. hahaha... Apalagi toleransi antar umat di sini itu sungguh keren sekali, itu The Harmony Street aja ada tiga tempat peribadatan yang berjejeran mulai dari Mesjid Kapitan Keling, Kuil, ama Gereja St. George.

Chowrasta Market, kesannya kayak pasar di Indo ya, cuman lebih bersih aja...

Salah satu bentuk varian nasi kandar, jane luwih mirip nasi padang, a must try in Penang.

Nih restoran nasi kandarnya, yang punya India, yang makan semua golongan, ini restoran di Jalan Penang, deket Chowrasta Market

Ini Cheong Fat Tze Mansion, entah dalemnya apa... mau masuk mahal, rasido waelah.. hahah

Bagus, St. George Chruch, kayak bekgron buat shooting Conjuring, jyahahaha... 

Alone in seaside

Pinang Peranakan Mansion (dari Luar), tempat wisata paling ditonjolkan di Georgetown

Salah satu lukisan jalanan, ini bisa ditemukan di sekitaran Lebuh Aceh, ada banyak lukisan, tentunya lo kudu nyari

Salah satu lukisan juga, tuh minion... hahaha

Masjid Kapitan Keling, Georgetown
Hari kedua di penang, gw habiskan dengan menyambangi Chowrasta Market, tempat bertemunya penjual dan pembeli... misalnya lo bisa dapetin gantungan kunci seharga 10 RM sepaket di sini... Tentunya Nasi Kandar jadi santapan sehari-hari, ama sandwichnya Subway, soalnya kedua ini deket banget dari Muntri House.

Hari ketiga udah bosen bingits, jadilah gw muterin lagi dengan tujuan mau hunting metal art ama lukisan dinding yang terkenal di Georgetown itu, lucu aja, kota ini paling bagus buat fotogorafer sih ya, soalnya lukisan dindingnya itu bagus banget buat koleksi... haha... Karena duit gw udah habis di hari ini, gw kudu nukerin duit di Komtar, bujubuset deh, hari ketiga ini jadilah wisata Prangin Mall. Hahaha... Hari ketiga ini gw sekalian nungguin jemputan bis di hostel gw...

Well... Muntri House tempat gw nginep katanya adalah memorial place-nya Sun Yat Sen, begitu terpampang di depan pintu masuknya, tapi menurut pendapat gw, suasananya terlalu remang-remang, gak seterang Kimberley House, mana kamarnya terkesan usang, ga dapet colokan charger HP di setiap bednya, jadi kudu berdesak-desakan ama pengunjung lain, buat gw lebih baik gw ngecas power bank gw di PC yang ada di belakang, di ruang santai, trus dipake buat ngecas HP gw di malam hari gitu, daripada ikutan geje ngecas rame-rame.. Lagian, satu yang paling gw sesalkan di Muntri House ini adalah, gw pas banget berkunjung di tempat ini di masa LIBURAN sekolah.. Implikasinya adalah itu kamar selama tiga hari PENUH ama cindil-cindil cina yang berisik banget, itu sampe ada bule yang kayaknya gak tahan gitu ama tingkah laku mereka, geje sumpah, annoying, gw yang maunya istirahat di sini, malah jadi males pulang ke hotel gara-gara tuh cindil berisik pake banget, gosip sana gosip sini keras-keras, sampe malem jam 12... Perlu diketahui aja dari 10 bed di kamar itu 7 di antaranya adalah cindil... Oh No... Night mare!


Then, the secret of Lebuh Chulia, lo tau kaga sih kalo gw berapa kali digodain bebancian di jalan ini, pas gw cuman lewat abis dari Subway aja, gw langsung lari pas dipanggil-panggil mesra serem gitu... Hiiii... Turis-turis biasanya nyebut "Ladyboy", tau tuh padahal sebelahnya ada Masjid gitu, jam 6 sore juga udah mangkal dengan seksinya di koridor kanan en kiri bagian barat Lebuh Chulia, saran aja, jalan di jalan... jangan di koridor... hahaha...

Gitu deh.. Akhirnya gw kudu meninggalkan Penang, menuju ke Mainland Malaysia... En, ketemu bidadari nan cantik banget, sampe naksir aku... XD...

to be continue...

Minggu, Januari 12, 2014

Nikahan Arie & Nevi, Mita, en Zuhdi

Awal Januari kemarin gw sempet dikagetkan *duile* dengan rentetan acara pernikahan, mulai dari Mita (akhir Desember, Arie - Nevi, sampai Zuhdi). Karena tengah berada pada krisis finansial tingkat Istana Maimun, jadilah gw bingung en super galau menentukan arah... kalo kata Iwan Pekok, ilang arah... zzz...

Ngeluarin duit 50rebu buat bayar utang gw ke Siti aja ogah-ogahan... Tapi setelah dihasut en dibujuk, en diiming-imingi gratisan dari Prina, plus hal-hal lain yang kaga bisa gw sebutkan, jadilah gw ikut rombongan Jogja ke Garut. Sebelumnya ada dua pilihan sih, mau ke Garut ama Lupek en Prina en Siti, atau ke Kendal ke nikahannya Zuhdi ama Ali en Ghofar. Berhubung paksaan dari Prina kuat sekali, jadilah gw ikutan ke Garut. Hahahaha...

Gw kaga mau nyeritain perjalanan yang super ajib itu, 7 jam malam hari itu berasa ngantuknya bukan main.. Sampe venue, udah disediain hotel sih ama si Arie en Nevi.. Tapi ternyata rombongan Jakarta banyak banget... --a. Jadilah mau tidurpun susah, sempit, rame lagi... akhirnya bisa tidur walo cuman 10 menitan, soalnya jam 8 kudu udah di gedung yang cuman beberapa langkah dari hotel, buah akad. 

Wow, ngeliat pernikahan ki dalam benak gw berasa pengen ikutan nikah juga, tapi terus sadar diri gitu, mo nikah ama siapa... Enak kali ya ngonsep-ngonsep acara nikahan gitu, tapi ya kudu balik lagi, kalo kaga ada modal ya bisa apa.. Hoho... Terus liat Arie ama Nevi di pelaminan, mengucapkan janji setia, kalo di putar balik waktu ke awal pada saat OPMG itu... gak kebayang aja.. 

Well selamat deh buat Arie en Nevi, semoga langgeng, semoga jadi keluarga yang samara, cepet punya momongan yahh seperti yang secara mainstream pasti diidam-idamkan setelah nikah. Selamat juga buat Zuhdi en Rini, walopun gw kaga bisa datang, tapi semoga everlasting aja... En, selamat juga untuk Mita en Mas Igan, udah bulan madu aja ke Senggigi.. hahahaha... semoga semuanya jadi keluarga samara aja deh... 

Arie & Nevi SAHHH... hahaha
Nikahan Mita - Igan (Sumber: FB, whatsapp)

Foto Nikahan Zuhdi - Rini (Sumber: FB Ali)
***

Senengnya bisa ke Garut ini sih sekalian reunian ama anak-anak rombongan Jakarta yang mungkin jarang banget bisa ketemu. Overall yang hadir di nikahan Nevi Arie adalah: Gw, Siti, Prina, Lupek, Firsan, Abi, Wisnu, Gigih, Agus, Cocho, Nahdi, Tejo, Dhea, Yudha, Astha, en Danas. En paling berkesan adalah sewaktu mandi air hangat di kolam pemandian bareng-bareng en makan di warung kopi itu. Kangen moment bersama begitu deh. Yah, walopun gw kaga bisa renang, yang penting kan berendam, healing sekali itu. Yah, walopun celana gw sih ketinggalan di mobil pinjeman Firsan itu, entah kemana deh.

The 2007 boyband... hahaha... @.@

2007 and the bellboy (pink in the middle).. hahaha... peace cho!

2007 underwater... learn to floating.. failed! hahaha

Metafoto, resminya blum dilansir dari Arie en Nevi... agak buren, dual tone... hahaha... 

After bathing, backgroundnya ajib sekali... 

Afterparty - Early dinner!
Who's next? Radit? Rudy? We'll see!

Kamis, Januari 09, 2014

January 8th

모든 장미는 가시를 가지고,
모든 사람들은 얼굴의 문제가있다,
지금, 포기하지 마세요
당신은이 작은 세상에서 혼자가 아니에요.

우리는이 선명 세계에 살고
가끔은 내가 본 것을 당신도 볼 수없고,
때때로 나는 당신이 보는 무엇을 볼 수 없습니다,
그래서 사람들은 요즘 않습니다.

사람들은 많은 다른 개성을 가지고하는 경향이,
음흉,이기적이고, 정직,
신랄한, 거짓말 쟁이, 불신, 취약,
어느 날 그것에 대해 말할 수있을만큼 결코 아니다.

이제 어떻게하지? 나는이 특별한 세계에서 고통을해야합니까?
나는이 사람의 감정의 감정을 해결하기 위해 수중 이동해야합니까?
도와주세요!

***

Every rose has its thorn,
Every people has its problem to face,
Don’t ever give up,
You’re not alone in this small world.

We live in this technicolor world,
Sometimes you can’t see what I see and,
Sometimes I can’t see what you see,
So does the people nowadays.

People tend to have many different personalities,
Sneaky, selfish, dishonest,
Acerbic, liar, mistrust, and vulnerable,
One day is never enough to tell about it.

Now what? Must I suffer in this particular world?
Must I go underwater to solve these human sentimental feelings?
Help me!

***

Ini kalo bisa gw bikin lagu deh.... dinyanyiin pas audisi gitu kan keren bingits... jadi anak cabe-cabean dulu ahhh... 

Xoxo..