Kuliah Lapangan Geologi 2009 (Day 1 - Day 4)


Wahh... Setelah ditunggu beberapa bulan.. en setelah membayar sejumlah uang yang mahalll banget... Akhirnya kemaren tanggal 30 Juli sampai 6 Agustus, KL pun terlaksana juga... banyak sih yang harus gw tinggalin... sejuta rasa rindu buat Jogja dehh.. karena di Klaten itu isinya ya lapangan en tugas... Makanya sekarang lagi merasakan eh... maksudnya menghilangkan rasa rindu yang ada... hehe...

Perlu diketahui.. KL (KUliah Lapangan Geologi) tahun 2009 ini sama-sama dengan tahun lalu, yakni dilaksanakan di Kampus Geologi Bayat yang serem itu... Hmm... sebelum berangkat gw udah deg-degan.. gimana nanti 7 hari berada di Bayat, nggak mungkin banget kan kalo nggak berurusan dengan mandi en kamar mandi... Yahh, padahal menurut cerita yang paling serem ya kamar mandi... Tapi, gw akhirnya nggak terlalu mikirin itu...

Day 1. Gunung Pendul (Jiwo Timur)
My Group : Siti, Adi, Didi

Yaa... shock terapi banget gw,,, walopun beberapa saat sebelumnya gw udah menaklukkan tuh gunung Merapi dengan ketinggian 2900 meter dpl... tapi entah kenapa menaklukkan gunung yang cuman berketinggian 187 ampe 281 aja udah berabe nih otot kaki... pusing-pusing tujuh keliling... Mau minta obat, gw gengsi... Ntar aja lahh.. masih bisa ditahan... But, pokoknya hari ini kita belajar plotting lokasi menggunakan kompas dan peta geologi... Rewo-nya... malemnya gw kagak bisa tidur.. gw keinget cerita.. eh pasal nomor sekian dari cerita2 yang ada... yakni ati-ati aja kalo tidur deket ama ventilasi... Nah, bego-nya, karena Anang susah dinegosiasi, gw kebagian tidur di ranjang yang deket ama ventilasi udara (arah WC).. gw mikir aneh2... udah gitu ditunjang dengan misteri ilangnya buku catatan harian (notebook) KL gw... Semaleman gw kagak bisa tidur... selain gara2 dua hal tadi, suara lalulalang kendaraan juga bikin gw kagak bisa tidur dengan nyenyak... Pokoknya gw gak gitu berani miring ke arah tuh ventilasi... as long as that night, sampai jam 2an gitu baru gw bisa tidur... Sampai jam 4 si Galih ndobrak pintu kamar coz dia mau mandi... Abis itu subuh pun datang.... Pokoknya hari pertama itu capek... melelahkan...

Day 2. Perbukitan Gunung Tugu - Gunung Kebo (Jiwo Barat)
My Group : Ali, Nevi, Nani, Angga

Apa yang dilakukan hari ini nggak lebih baik dari hari kemaren... Setelah sukses nggak tidur semaleman (hari 1), mata gw merah2 gimanaa gitu, bersiap untuk hari 2, hari ini gw pake angkot, yeyeyeye... muter-muter rawa jombor dulu bikin hati ini jadi gembira untuk sesaat... En, voila, Desa Gedhangan menanti, uphills to perbukitan gamping pasiran yang keren itu.. sampai kontak Gunung Tugu dan Gunung Sari, hari udah nunjukkin jam 11... at least, gw kudu jum-atan.. itu artinya downhill lagi.... Sekalian makan... abis itu jum-atan berbahasa kromo inggil yang membuat gw ngantuk... Makannya lagi-lagi ayam... entah kenapa, sistem pencernaan gw waktu itu gak bisa makan banyak... hufff...

Abis jum-atan, back to the way we passed, nyebai tenan.... trus tanpa istirahat naik ke puncak Gunung Sari... Gilaaa.... lelahhnya teramat sangat... Trus turun Gunung Sari dengan jalan licin en vegetasinya mulai berduri... tangan gw sakit semua.., nembus ke intrusi mikrodiorit di Gunung Bulu.. en menelusuri jalan setapak yang kemudian salah... Pak Nukman salah interpretasi... Kalo bener ya gw dibawa ke Gunung selanjutnya, tapi alhamdulillah lewat pemukiman, sehingga dapet air en pisang gratis dari penduduk sekitar yang baik hati dan tidak sombong... Ending tracking hari ke 2 adalah naik setengah puncak Gunung Kebo... Sumpah hampir nggak kuat lagi gw... Trus pulang.. HOahhhh... hampir sakit gw.. tapi entah kenapa gara-gara David migrasi ke kamar sebelah, gw jadi bisa nempatin tempat tidurnya Ali, Ali nempatin punya David.. Ohhhh... akhirnya goodbye to the ventilasi.... Gw pun tidur dengan SANGAT nyenyak...

Day 3. Trembono Alluvial Fan
My Group : Abi, Wisnu, Didi (again)

Yayayaya... setalah puasss.. tidur nyenyak... gw pun bersiap ke lembah Trembono.. Yaa, sebuah lembah yang terbentuk dari alluvial Fan bukit di atasnya... Nah, cuaca panas banget di daerah ini menyebabkan gw tidak terlalu semangat untuk mengukur kekar dan bidang sesar serta garis striasi... Semua kemapuan geologi struktur bener-bener diasah pada hari ini... Di lapangan pun singkat... cuman ampe makan siang trus pulang.. tapi laporannya itu gila panjang banget... gw (kelompok gw) terlalu nyantai kali ya... jadinya diagram gaya tegasan maksimal yang dibuat di stereonet itu pun cuman setengah2... yang analisa kekar jadi.. yang alanisa sesar pun ditinggalkan... Asistennya menunjukkan muka jahatnya hari ini... hehe... Hahaha... hari 3 gak terlalu capek fisik, tapi capek mental... Hari ini, Rasyad sakit.. Overall, lelucon barak 2 membuat pengantar tidur semakin yahud... salud buat Adi en Bey... dasar perusuh Barak 2...

Day 4. MS at KaliNgalang River, Ngawen, GK
My Group : Bey, Nohan

Wuihhihih.. dapet kelompok kok gak beres semua... Yahh.. karena hari ini cuman capek dijalan aja.. plus terpanggang matahari di Kalingalang... Ini lokasi terjauh, karena untuk sampai disini tuh harus pake bis (angkot) selama satu jam... Letaknya di Ngawen, Desa Gedangsari.. dulu pernah buat STA di petrologi... Yahh... Panasssss Banget.... Udah gitu disuru buat kolom stratigrafi yang menggila... Wahhh... Capek kepanasan deh hari ini... sebelum pulang ada bales-balesan pantun yang makin lama makin porno aja.. dasar Pak Udin... Lupek juga saru tenan... Uhyeahh... pulang, en bikin laporan, berupa lembar stratigrafi yang panjang amat... Oiya, hari ini Bey sakit... dia disuntik di pantatnya... uhh.. apa gak ada bagian lain aja?? En... Sialnya laporan stratigrafi gw beda satu poin ama mereka berdua.. Sial... tapi gak papa lahh.. Nothing to regret,,,

Day 5, 6, 7, and 8 will be coming soon...


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.