Kuliah Lapangan Geologi 2009 (End)




Day 5. Self-Mapping (A Geological Map) Part 1
Team : Adi, Agus, Yudis, Nani, Yudha, Priyo, Anang, Iwan

Wew... ini dia... inti dari KL Geologi, yakni gw harus bisa memetakan keadaan litologi satu kover peta yang didapat dari undian yang nggak menyenangkan (pakai acara nyanyi segala, Drive-Melepasmu, lumayan menghibur kan Gan??). Oke, setelah berunding, gw sekelompok di atas dapet kawasan Gunung Pendul, at least mengulang kajadian hari pertama KL ini... membayangkannya saja gw sulit, apalagi melakukannya... Trus, gw dapet dosen pembimbing, Pak Darno, hmm... bakal asyik nih kayaknya....

Oke, berangkat paling akhir, tapi paling mewah (pake pick-up), langsung ngacir ke arah Watuprahu (fieldtrip Geodas dulu), di antara Gg Pendul en Gunung Semangu. Hmm.. desain survei kali ini kita sekelompok mengikuti jalannya Pak Darno.. Beliau menunjukkan lapukan diorit, kontak litologi Filit/Sekis ama Marmer.. Trus ke singkapan batugamping Numulittes yang ada di utara Gunung Pendul.. Beliau juga sekalian mencritakan kemungkinan-kemungkin stratigrafi regionalnya.. Pokoknya asik.. Abis dari situ, pindah ke bagian timur Gunung Pendul.. agak naik ke setengah lereng, ke bagian singkapan batulanau plus breksi campuran gamping en lanau yang ada indikasi Filitnya.. Ckckck... makin kompleks en makin bingung gw... Stopsight terakhir tuh di efek bakar di timur Gunung Pendul, abis itu perpisahan yang agak mengharukan ama Pak Darno, en ge sekelompok nyari basecamp kelompok gw, di Masjid di deket Desa Gampingan..

Pasca istirahat yang dilama-lama-in.. Gw sekelompok menyisir bagian timur Gunung Pendul untuk cari kontak batulanau ama batuan beku... berangsur-angsur naik pelan-pelan sampai ke lereng timur, trus naik curam en hampir gak ada tempat berpijak en voila, sampai juga di puncak Gunung Pendul... HUuffffff... Capek sumpahhHHH.... Sket litogi en istirahat bentar, ehhh... ketemu ama pasangan serasi KL 2009, siapa lagi kalo bukan David-Astha... Entah apa-apa mereka malah mbojo di Puncak Pendul... (enak juga kali ya... tapi ya naiknya itu penuh perjuangan)... Untung nggak dilepar batu ama penduduk setempat... hehehe... Abis itu gw sekelompok downhill lewat jalan yang baru... (bilang ae nyasar).. hehe... Mau ke titik 187 malah nggak nemu-nemu, yo wis.. cari jalan lain, yang penting cepet....

Sampai di jalan besar (Desa Dowo), langsung ketemu apa pick-upnya Pak Joko, en sekalian nganterin gw sekelompok balik ke kampus Bayat.. Wessss.... Akhirnya bisa istirahat juga... Kelompok gw yang pertama nih critanya...

Malem dihabiskan dengan rencana pemetaan mandiri hari berikutnya...

Day 6. Self-Mapping (A Geological Map) Part 2-end

OOwwwuhhhh... hari ini... sesuai denga hasil rapat kelompok gw, kelompok yang 9 orang ini bakal dibagi 3...

Divisi 1 (Gw, Adi, Nani, Priyo) --> Bagian selatan sampai timur Gunung Pendul
Divisi 2 (Agus, YUdis, Yudha) --> Bagian utara hingga barat Gunung Pendul
Divisi 3 (Anang en Iwan) ---> Watuprahu en pemukiman penduduk

Jadi, divisi gw berangkat duluan... Jalan sampai Jerukan, trus naik perlahan satu kontur, trus ambil line searah N90E... Gila... Idenya gila... ini motong kontur, jurang bukit... naik turun.. turunnya nggak main-main, langsung jurang, jadi harus loncat en kepeleset dikit.. bikin STA di awal trus nggak menerus karena masi di litologi yang sama... Sampai di bagian pertambangan di sekitar Desa Gampingan, ditemukan kontak batulanau en batuan beku.. Hmmm... trus jalan dikit aja udah ketemu indikasi sesar.. just plot in my notebook...

Nggak banyak istirahat, langsung naik le line berikutnya, yang ini tambah gila, ke arah N270E, tapi sekali turun langsung curam, Nani sempat jatuh cukup keras di sini.. Hmm.. setau gw kita ketemuan di Puncak Pendul.. jadi arahnya gw pelencengin langsung ke puncak.. Kenapa?? Gw tiba-tiba kram... hehe... berasa inget pas naik Merapi.. Udah gitu, gw kira di Adi en Priyo salah plot ke peta, jadi linenya lebih dari yang ada di peta, ya udah, inisiatif sendiri, gw naik ke puncak diikuti Nani.. Lagian sejauh mata memandang, nggak ada kenampakan litologi lain.. Tertatih-tatih karena kram, gw naik ke Puncak Pendul... En.. Huahhhh... istirahat.... diikuti dengan 3 temen gw lainnnya....

Beberapa saat gw istirahat sambil sok-sok sms ke divisi 2 en divisi 3, ehh.. divisi 2, si Agus malah ngajak ketemuannya di Mesjid basecamp tempat biasanya... Ajegilaa... Udah bela-belain naik nihh... Sampai kram... malah disuruh turun... Tapi okelah, turun tuh lebih asik daripada naik... Owwhhh... Abis itu gw turun sampai ke basecamp yang udah disepakatin... Brrr... turun gunung kok ketemu ama kuburan yak??? Perasaan gw jadi kagak enak... Jiahhh... akhirnya bisa mencium peradaban, yakni pemukiman warga dibalik pertambangan batu gak jelas di timur Pendul...

At least, istirahat, en mengendurkan otot2.. makan siang, en cross-check lokasi peta... jam 2 tepat, kita berangkat lagi... Masi dibagi 3 divisi; Divisi 1 ngecek pertambangan, katanya ditemuin kontak batugamping berlapis disini... plus indikasi sesar...; Divisi 2 alih tugas ke Watuprahu, ngecek keabsahan datanya Anang en Iwan; en Divisi 3 survei di bagian selatan jalan raya..

Melamnya... adalah malem yang BETE....
Karena apa??? Semua tugas menumpuk... Ajegile.....
MOdar.... tapi gw bisa ngerampungin Peta Lintasan ama Peta Geologi... Ama Setengah profil geologi... Itu belum termasuk legendanya...
Sial....

Day 7. Finishing Touch the Poster... Freezing Hell...

Well, abis sarapan, gw blum mandi... Udah disuruh ngerampungin tuh poster... Suasana acakadut.. Kemelut berkepanjangan... Masi awal sih masih santai... Profil geologi rampung... bikin legenda... Trus mulai bikin kolom stratigrafi.. Bingung, soalnya banyak dugaan... tapi kemudian udah deh... buat aja sesuai dengan kenyataan Mas Andrian.. Pas garap kolom ini, Pak nukman mulai menunjukkan rewonya.... Mengisi pikiran semua anak dengan pertanyaan.. kalo gak ada pertahanan bisa2 lagsung di hapus kan?? Tapi, gw tolak mentah-mentah dulu itu.... Gw fokus ngerampungin Sejarah Geologi gw... Udah mepet jam 9 pagi (deadline)... sekitar jam 8.45, gw nulis sejarah geologi secara asal... hehehe.,.. pokoknya sesuai dengan MS-nya... regresi en transgresi... Well, langsung gw ambil tuh kertas manila... gw bawa kebelakang, trus mulai finishing touch poster... tempel2 itu semua... dipercantik... en jam 9 pas malah ditambah waktu ama pak Nukman jadi jam 9.45... Wahhh, juadi nyantai gw, kolom stratigrafi diwarnai, profil diutak-atik (soalnya gw nggak yakin).. En Voila, gw ngumpulin poster GW.... Legaaaaa......

Abis itu mandi en lanjut dengan main Gobag-Sodor.... Ide gw nih, tapi gw cuman main tiga babak, soalnya gw pan udah mandi.. jadinya ntar keringetan kan nggak asik... Hm.. Abis tes handspeciment langsung aja main tuh gobagsodor.. Asiikk loh mainnya.. Pak Nukman juga ikutan.. Mana Pak Joko juga ngajarin peraturannya... Jiahahaha... pokoknya anak-anak main sampai menjelang maghrib... Yang gak ikut main, nyanyi2 di samping, en lainnya di pick-up nggosip2 gak jelas...

Uhh yeahhh.... Tes komprehensive pun dimulai jam 7.15 tepat... Gila 50 Soal.. + 1 soal bonus yang gak penting... hehehe... Eaaa, Gw salah tempat.. gw kebawa slide pak Udin yang warna backgroundnya Gelap, tulisan putih, jadi dari baris ketiga-keempat pun masi keliatan... Nah ini... Gw di baris ketiga, trus warnanya putih denfgan font item kecil TMR pula... SWT.... Gw blurr... tulisan nggak kebaca dengan bagus.... Sial dalam ati gw.... Mau pindah og gengsi... Ya udah 51 Soal ga jalani dengan keadaan blurr... Kalo soalnya pendek sih gak masalah... tapi kalo udah panjang... Mati aja gw....

Fyuhhh...

Abis tes, dilanjutkan dengan Pentas Seni... Semua manusia bergembira, semua bernyanyi, awalnya Yudis, trus Gigih, trus Gw, trus Bey, trus Nohan, trus Kris... trus gw lagi nyanyi Heal The World, yahhh.. emang suara gw nggak bagus2 amat, kalah emang ama Yudis en Gigih, tapi, yang penting semangatnya... hehehe... abis gw, ada astha nyanyi 2 lagu, trus abis itu nggak tau siapa... gw udah ngantuk... trus melayang ke peraduan gw di barak 2...

En, kejadian malam itu G06ACINDILGEOFISIKA pun memuakkan... Mereka membuat sayatan dari spidol ke beberapa anggota militer (kayak cerita G30SPKI).. Gw, Galih, Gama, Ali, Hilmi... Sial... Tau gitu gw kagak tidur.... Asem Asem...

Day 8. The Last Day... Go to Jogja...

Akhirnya KL Geologi 2009 pun usai.... saatnya kembali ke Jogja... kembali ke rutinitas... kembali ke MIPA... kembali ke Geohazard... kembali ke aiiankku yang tercinta... haghagahgahag.... Pokoknya Takkan aku lupakan KL 2009...




PS : Gw seneng banget sebenernya ama KL tahun ini, semoga kita bisa lebih kompak daripada yang sekarang... walo kenyataannya susah sih... Banyak cerita lucu... cerita serem... cerita nggak beres... Semuanya terkumpul jadi satu memori yang takkan pernah gw lupakan untuk selamanya.... Thank for Mr. Nukee for the assistances... Thanks too for Mas Andrian en Mas Aswin... Thanks for all of my friends especially for Kompartmen 2.. en Those my groups selama KL hari pertama sampai terakhir... without you guys, I'm nothing...

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.