Tsunami Biak 1996

 
Inilah ini... secuil crita en imajinasi (gambaran) tentang gempa yang dulu pernah gw rasain pas tahun 1996, di Biak, Papua. Sebenernya gw jadi keinget gempa ini gara-gara ada wacana en kejadian gempa Tasikmalaya baru-baru ini. Kalo gempa Tasikmalaya disebabkan oleh sesar Cimandiri, Nah, gempa biak itu adalah gempa subduksi pada garis sesar di sebelah utara pulau Biak ini. Tanggal 17 Februari 1996, beberapa hari sebelum Idul Fitri. Gitu deh, kalian pasti bisa menggambarkan bagaimana kekuatan gempa 7,9 SR plus Tsunami yang meratakan Biak Utara en Biak Timur...
 
Gw sih gak pernah nyangka, nih gempa bakal masif, tapi paling enggak ini gw cari-cari di google. Hmm.. sebagai wacana, gempa ini tidak pernah dianggap sebagai gempa nasional, padahal tsunaminya gila-gilaan (ya, gak separah Aceh). Di harian kompas hari ini (3/9/2009) aja, gempa Biak tidak tercantum di peta halaman depan harian nasional ini.. Ckckckck... Dulu, gw seacrh di google, Depsos RI pernah dipersalahkan karena tidak menggubris sama sekali bencana ini.. Ya, emang lokasi sulit, en dulu mana ada Metro TV ato TV One yang nyiarin live dari Biak.. Atau gw juga gak punya HP kamera yang bisa mengabadikan saat-saat gw diguncang gempa en melihat semua bangunan di sekitar gw runtuh dengan seketika... It's insane!
 
Ya, paling enggak, gara-gara itu gw marasa gempa di Jogja (5,9 SR) kemaren itu hampir gak ada apa-apanya, mungkin karena kondisi geologi aja kali ya yang menyebabkan kerusakan di Bantul bisa separah itu...

10 komentar

oelil mengatakan...

bencana dimanapun dan bagaimanapun harusnya pemerintah memperhatikan dengan serius... Ikut berbela sugkawa untuk para korban bencana gempa khususnya yg baru aja terjadi...

nahdhi mengatakan...

Hehehe... Aku kemaren itu pas di lantai 3 Lab Geodinamik lho Son.

@oelil: Wah sampeyan ngrebut lahan pertamaxQ....

Anonim mengatakan...

wekekeke... prikitiw!!!

noer mengatakan...

Waktu gempa di Biak, rumahmu daerah mana??? Aku juga merasakan hal yang sama, rumahku di Ridge 2. Pastinya saat gempa di Biak, mengakibatkan trauma tersendiri dalam hidupku :(

Sony mengatakan...

Aku udah lupa rumahku dimana, yang jelas di belakang Gudang DOLOG... deket-deket ama SDN 1 Biak Numfor...

- sony -

jubrin mengatakan...

aku jg sempat ngerasain gempa thn 1996 ,,
gempa yg cukup dasyat krn ak g' bisa berdiri hny rebahan d halaman rumah,,,,,mana keluar dr rmh aj susahnya minta ampun,,,
ampe kepalaQ kepentok tembok,,,,,

jubrin mengatakan...

aku jg sempat ngerasain gempa thn 1996 ,,
gempa yg cukup dasyat krn ak g' bisa berdiri hny rebahan d halaman rumah,,,,,mana keluar dr rmh aj susahnya minta ampun,,,
ampe kepalaQ kepentok tembok,,,,,

Anonim mengatakan...

Wow,..Gempa n tsunami Biak 17 feb 1996..meninggalkan seribu cerita yg akan kubawa sampai ahkir hidup,.saat itu usiaku 7 thn,kami sekeluarga tgl di kampung Manwor,yang letak kampungnya berada di pesisir Biak bagian utara,,.karena masih kanak2 yang ada cuma perasaan takut,.saat gempa terjadi kami dan seluruh warga lari ke gunung untuk menyelamatkan diri,..selama 3 bulan kami bermukim di tengah hutan yang sangat jauh dari perkampungan,.....banyak sekali cerita dan hal2 yg saya alami saat gempa dan stunami hingga selama di pengunsian,..BY INSOS KRAR

Anonim mengatakan...

inilah(Cerita singkat dari Mia Krar) Saat Gempa dan tsunami 17 feb 1996(Biak Utara),..merupakan Gempa yang pertama kali kurasakan dalam hidup,.karena masih kanak-kanak (6) thn),.aku belum mengerti apa itu gempa yang ada di pikiranku, yaitu(,.Oh,mungkinkah ini yang dinamakan Dunia Kiamat,.)karena saat gempa berlangsung banyak tanah terbelah dan seakan-akan bumi mau runtuh,..

agung sabtaji mengatakan...

sebentar lagi, 17 februari 2016 adalah 20 th dari tsunami biak. kalau boleh tau, gambar di tulisan ini, sumbernya darimana ya? buat saya jadikan referensi. tolong balasannya

Diberdayakan oleh Blogger.