KP: Badan Meteorologi Klimatologi & Geofisika Jogja



Inilah ini….

Inilah ini cerita tentang KP (kerja praktek). Sebenernya init uh momok jadi mahasiswa geofisika, kenapa? Coz, untuk dapet tempat KP tuh gw kudu menyisihkan temen-temen yang lain. Menurut paradigma (cara berpikir) mahasiswa (baca: temen2 gw), KP tuh bakal berasa worthy kalo udah dapet di perusahaan baik oil company ato service company. So, pada awalnya gw masukin lamaran ke PT. Newmont Nusa Tenggara (dengan kerelaan hati memasang nama di sini.. hehe). Nggak tau perusahaannya lagi off ato away ato idle gw kaga ngerti, yang ada proposal yang gw masukin dengan perngorbanan macem-macem harus kandas mengendap di perusahaan selama SATU bulan lebih, en respon dari pihak perusahaan menjawab “TIDAK” dengan santai.. (tragis!).

Ya kalo kata peribahasa, keluar mulut singa, masuk ke mulut buaya.. Secepat kilat (1 hari) surat lamaran KP selesei di tanda tangani en jadi beberapa harinya plus dimasukkin ke BMG. Apa itu BMG??? Apakah itu sebuah helm?? Ato jangan-jangan orientasi pengenalan medan geofisika, loh???

Pastinya semua manusia se-alam dunia akhirat juga bakal tau, secara kalo ada gempa ato tsunami, nih perusahaan/lembaga yang paling beken.. Jadilah gw KP di sana mulai tanggal 20 Maret up to 20 April yang lalu.. BMG Jogja itu baru berdiri tahun 2005 en lokasinya membuat perjuangan ke sana menjadi sebuah hal yang layak untuk diperbincangkan. Lokasinya di Jalan Wates kilometer 8,5 yang pasti deket rumahnya sodara gw.. Kantornya tuh letaknya di bagian atas bukit intrusi di daerah ini deket ama kuburan.. serem deh pokoknya kalo malem…

Well, gw dapet pembimbing jebolah Fak. Geografi UGM, lumayan, orangnya pinter en mungkin yang paling pinter di BMG Jogja.. Dengan bantuannya, gw dapet judul yang lumayan panjangg tentang aplikasi data accelerograf untuk pemetaan/zonasi daerah rawan gempa.. Paling lucu pas gw ngelakuin gridding di ArcView di lab komputer BMG yang super-ADEM itu, eh tau-tau ada puluhan anak-anak kecil dateng pake seragam putih merah… Paskib??? Gak mungkin!! Mereka adalah anak-anak bau kencur hehe.. anak SD.. masih bocah… jutaan pasang mata ngeliat apa yang gw lakuin… ngeliat apa yang ge kerjain.. mungkin mereka bingung nih orang ngapain… YA IYALAH!! Wong gw ngorek idung pake jempol kaki… itu membuat mereka kemudian mencoba dan memperagakan… bwahahaha….

Yang bener, gw pas itu pas lagi pake software tentang PGA gitu deh.. pick gelombang P.. pick gelombang S.. tau-tau dapet epicenternya… software yang lucu… Eh, mereka (anak SD) di belakang sibuk nontonin, sebagin ngobrol ama temennya, sebagian lari-lari kejar-kejaran main India-indiaan (mainan gw nih jaman dulu.. bwahahaha), sebagian garuk-garuk kaca pembatas lab pake koin, sebagian nanya-nanya ama Pak Bambang, sebagian garuk-garuk idung pake kaki (penerus gw kali yaa??)… Yang pasti gw jadi gugup, salting, kan gw malah jadi kek karyawan setempat.. isin saya…

En, status gw sekarang adalah BURONAN kelas teri… kalo si Anang ama Abi kan BURONAN kelas kakap.. Sindrom abis ujian itu ya gini deh… lebih cepet nulis blog ini daripada ngerampungin BAB III laporan KP gw… males bener!!!!

DAFTAR KP angkatan 2007 (setau gw)
=====================================
WAVIV Radit, Dhea, [upcoming] Made, Siti
SCHLUMBERGER Made (VT)
PERTAMINA Yudis, Lupek, Astha [upcoming] Prina, Dhee [propose] Yudha?? Siwi??? Dicky???
GEODIPA Wisnu, Sehul
LEMIGAS Siwi, Danas
TOTAL Dhea (double)
KANGEAN Nevi
ANTAM [propose] Kris, Priyo, David???, Dicky???
ELNUSA Arie, Rasyad, [upcoming] Nike, Mita, Mukhlis, Ghofar
CHEVRON [propose] Tejo, Gigih
STAR ENERGY [upcoming] Gama
BMKG Zuhdi, Anang, Abi, Galih, Rudy, Gw, Iwan Pekok, Angga, Indah [upcoming] Ali, Tejo
BATAN Nahdi...
PROYEK DOSEN [upcoming] Ghofar, Gigih, Agus???, Adi???

*BLUM ADA KABAR Nani, Faiz, Ihsan, Firsan (may be Chevron?), Bey, Nohan, Maika.

6 komentar

nahdhi mengatakan...

Koq aq BATAN gak ditulis Son?

Anonim mengatakan...

oiyo.... lali...

Abi Dzikri Alghifari mengatakan...

Ahahaha... Kalo gue ma Anang yang langsing ini aja disebut kelas kakap, Galih kelas apa dong... Huauahauhaua...

Wawan mengatakan...

Hmm...bisa minta info tentang anak yang KP di geodipa? Terimakasih

Wawan mengatakan...

Oh ya, maaf belum memperkenalkan diri..Saya Wawan dari elektro UI

eko mengatakan...

boz minta alamat BMKG jogja yo, tolong kirim ke karak_evo@yahoo.co.id, maturnuwun sebelume...eko teknik sipil UMS.

Diberdayakan oleh Blogger.