The Tale of Tegalombo...

Sebenernya denger kata non-seismik tuh gw udah males bener.. kenapa kaga non-seismik di lembah UGM aja, itu kan bakal menghemat uang en tenaga, coz gw bisa pulang, hehehe.. Ya, mo pegimana lagi, non-seismik ya harus berlangsung di Pacitan sono… Udah sejak tahun 1983 *duile* lama bener yak… Yang pasti, Non-seismik itu adalah nama praktikum gw ntar lagi, gak tau kapan, pokoknya semua metode geofisika selain seismik dipake di sini.. Gak jauh beda sih sama Non-Blok, Non-Liberal, Non-Islam, Non-Yahudi.. apaan sih.. ngelantur...

En then, secara mendadak, gw disuru ikut survey Non-seismik ini, padahal pengennya seneng-seneng di rumah geto.. tapi, secara gw jadi koordinator konsumsi (gapleki og cah2 ki.. ), sehingga mo gak mo gw kudu ikutan… Awalnya gw deg-deg-an, coz, pengalaman gw pas perpisahan kelas 6 SD ke Pacitan itu sama dengan mimpi dikejar setan trus dipeluk Julia Perez… Wewewe…



Yawda, dengan tanpa persiapan apa-apa, gw kudu berangkat bonceng si Ghofar, sama si Angga, Bey, Nohan, Yudha, Firsan, Priyo, Muklis, en Gigih. Yang jelas, niatnya sih bukan survey doang, wong pake acara bawa tenda + gitar… PIKNIK!!!

Jarak Jogja – Pacitan tuh jauhhhhhh banget…. Gak kebayang kalo gw jadi Ghofar mah, pasti udah kaga kuat.. Mana jalannya absurd banget, kalo dipake Tour De France pasti keren tuh.. Apalagi di tanjakan Ponjong ama tanjakan Pacitan.. Serem Gilak!!! Mana dibawa pake sudut kemiringan hampir 30 derajat bikin gw deg-deg-an sumpah..



*Keterangan Gambar : Merah : Lokasi Non-Seismik, Hitam : Lokasi Camp


Berangkat jam 9.30 dari HMGF, tau-tau nyampe Pom Bensin ke arah Tegalombo, Pacitan jam 12.00. Istirahat en sholat en makan en ngudud-ngudud en foto-foto en nambal ban en ngisi bensin sampe jam 2.00… muspro tenan kie….

Jam 2 itulah kita lanjutin perjalanan yang masih jauh… Kali ini pemandangan sungguh indah… Ada sensasi lain di balik rimbunnya pegunungan di utara Pacitan kea rah Ponorogo. Sungai-sungai floodplain itu mengalir dengan indahnya… Haduh… tapi bukit-bukit terjal di kiri jalan membuat was-was kalo sapa tau longsor, en perjalanan ke Tegalombo itu harus dilalui sekitar 2 jam juga, sampe jam 4.00. Setelah nyasar kejauhan dari lokasi naik, barulah kita serombongan naik bukit tempat praktikum dengan SANGAT SUSAH PAYAH… dua sampe tiga kali lebih bahya daripada lokasi OPMG di Kalitengah.. Pokoknya kita membelah gunung menembus awan sampe ke dataran di atas awan.. pastinya sangat dingin kawan!! Oiya, dari Tegalombo naik ke Desa Kasihan, Dusun Krajan itu sekitar 30 menit normalnya. Jadinya, tepat sampe di rumah Pak Carik (Pak Saeun), jam 4.30. Setelah itu kita disambut dengan baik, dijamu dengan makan khas daerah dingin, yakni rengginan agak atos plus the ala desa yang makyuss.. Abis itu ngobrol-ngobrol pake bahasa kromo alus semi non-formal gitu, at least yang bisa ngomong cuman ghofar, iwan muklis, gigih, ama priyo, lha gw, nohan, yudha, cuman bisa ngertiin artinya aja... sementara bey ama firsan cuman bisa manggut-manggut...

Abis ngeliat-ngeliat, clingak-clinguk kaya maling, plus ngecek furniture buat Non-seismik, akhirnya kita bersepakat untuk pulang, tapi waktu sepertinya nggak ngijinin, si ibu Carik ternyata udah nyewa penduduk sekitar untuk masak masakan yang super heboh ala Desa Krajan.. Nasi Goreng + Telur Ceplok... Seeppphhh dah~ En, kaya orang yang gak punya sopan santun, abis makan, langsung cabut... cabut... mulih...

SETTING /* Suara-suara jangkrik, kabut turun membuat jarak pandang cuman 2 meter */

GIla, turun bukit Krajan ini susahhh banget, apalgi di malem hari... salah-salah nyawa melayang... well, abis itu jalanan gelap harus dilalui dengan hati-hati.. menyusuri sungai yang indah dengan rembulan sempurna di kaki langit.. suasana : romantis!!! Sempat pula kita manusia-manusia ini foto-foto di tikungan tajam gitu...



Satu hal, kenapa gw kaga nemu baliho JUPE ya di sini??? Kan nanti bisa bawa oleh-oleh untuk dibawa ke jogja: Sebotol susu... bwahahahahahaha XD..

Perjalanan pun dilanjut sampe ke Pantai Teleng Ria, Pacitan... Disinilah gw en semua temen gw nginep.. walo sempet ada perdebatan masalah tempat nge-camp... Serem juga... Gw nggak bisa ngebayangin kalo tau-tau ada tsunami gitu.. desiran ombaknya pacitan tu bener-bener membuat merinding.. gimanaaaa gitu... lebih enak juga di kolam renang.. apalagi yang kolamnya cetek... kan bisa main mayat-mayatan.... OK, it's not funny bout the death....

Ngecamp seharian di tepi pantei susah-susah seneng....
  • 1. GW KAGAK BISA TIDUR.... asem.... jadilah semaleman ngobrol ama si Angga, ngalor ngidul gak jelas... tau-tau dia udah tidur aja... ngepet!!!

  • 2. KAGA BISA KENCING + BOKER + WUDHU.. Sialan.. warga pantai pacitan ini kaga ada yang biasa sholat subuh apa... masa, mushola ada, tapi krannya kaga bisa dialirin airnya... geblek...

  • 3. KAGA BISA MAKAN ENAK, pengennya sih nelpon 14045 gitu deh di pinggir pantai, tapi mana ada KFC??? Maunya sih kek di Kuta sono kan sebelahnya ada KFC... hehe..

  • 4. KAGA BISA BOBOK... (???? ini udah ditulis keknya..???)

  • 5. SEMUA BENAR

  • 6. SEMUA SALAH

  • 7. BENAR-BENAR BERHUBUNGAN

  • 8. ISI SENDIRI : _________________________


Well, balik lagi ke cerita...

Abis pagi hari pas matahari bersinar dengan indahnya.. Semuanya pada main-main sesuai keahliannya....
  • GW, prefer gak deh ama yang basah-basahan, pas itu pas luka tabrakan gw pas lagi menjadi-jadi, jadi kalo kena sedikit aja kadar garam, yaaa, bakal jadi sakit banget gitu deh..




  • GHOFAR, ini anak demen banget ama yang namanya gelombang ombak, tipikal anak pantei, cocok jadi penjaga pantai, cocok jadi baywatch, cocok jadi artis Cowboys in Bali...






  • ANGGA, awalnya kaga mau nyebur ke laut tapi akhirnya jadi nyebur juga... dari kejauhan kok gw kaya biting gitu dah.... bababa.... peace ngga!!

  • NOHAN, pasang model ala waria gitu, berasa jadi kaya peserta MISS waria yang lagi mengikuti sesi pemotretan di Pantai Pacitan...

  • B3Y, bwahahaha... ini anak kalo udah di pantai jadi duyung gitu dehh... paling pantang gak ngetop.. mesti harus di foto...

  • FIRSAN, hahah.. lucu kali gayanya.. bermain di deburan ombak.. plus nulis-nulis I LOVE JESSICA gitu di pasir pantai... hehehe... kejaaan yang aneh...

  • MUKLIS, tadabbur alam.. mensinergikan antara alam dan iman... wezzz.... mantep joyo to... walopun kaga pake kancut gitu, tapi keliatan asik aja lari-lari... hahaha...

  • GIGIH, artis kita ini terlihat begaya banget dah pake kacamata, en kacamata ini nantinya bakal ilang terbawa ombak... padahal belinya di Malioboro gitu dehh... hehahaha... gigih ini sama kek gw, klaustrophobic...

  • PRIYO, ini makhluk aneh, walo bisa diandalkan,, di pantai agak beribet gara-gara gak bawa kancut... errr.... tau pegimana akhirnya dia ngikut nyebur... tapi cuman bentar, abis itu dia milih main pasir en mbentuk bentukan-bentukan saru... dasar otak porno..!!

  • YUDHA, ini yang susah ditebak... hahaha... punya pemikiran sendiri... ngumpulin kepiting.. njaga api biar nyala... wahhhh... bagus bagus...


Habis itu jam 8 tepat, kita udah packing mo pulang, perjalanan harus dilanjut coz, sesuai planning jam 12.00 (jum-atan) mau di Wonosari... Menurut gw itu susah banget.. Sesuatu yang gak mungkin, tapi dengan mata kepala pantat sendiri gw membuktikan itu bisa... GILAK!!!! baru pertama kali gw dibonceng pake kecepatan 120 km/h... WEDAAAANNN!!! Mana jalannya jalan mau ke Wonosari kota gitu... WEDAN lah....

Akhirnya sampe Jogja setelah jumatan jam 1.30, langsung ke LPPM di rektorat... Fyuh!!! JOGJA PANAS BANGETTTTTTT, jadi PENGEN ke TEGALOMBO LAGI!!!!

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.