Lelah Hari ini... [Sebuah puisi tentang Hati dan Cinta]

Kamis, September 30, 2010


Kalo di mills HMGF lagi pada asyik masyuk nulis puisi... gw juga ahh... meluapkan kekesalan yang bertubi-tubi...

@ About My Life....

Kadang aku bersemedi di bawah hujan,
Yang dengusan rintiknya menasbihkan segala pesona hari ini,
Kadang aku bukan seorang robot,
bukan seorang durjana,
bukan seorang lelaki flamboyan,
Jauh di lubuk hatiku yang paling dalam,
Aku sabar untuk tidak memakimu,
Aku tega untuk mendoakkan keselamatanmu,
Walau terus kau cemoohkan aku di depan teman-temanmu...
Aku tau aku bukan manusia seratus persen,
Aku ingin menggapai kenyataan itu, semudah aku menjentikkan jemariku di atas segalanya..
Tapi aku nanar di tatap matahari,
Aku takut diperanakkan waktu,
Aku memilih untuk diam,
Karena suatu saat aku percaya, akan datang keajaiban kepadaku...
dan membuat mereka itu diam seribu bahasa...

@ Love

Helena...
Jika kau tau siapa aku,
aku tak kan pergi walo kau main hati di belakangku..
Aku sudah cukup mudah di nomortigabelaskan..
Aku memang pantas dipandang sebelah mata..
Tapi, aku masih belum bisa waras jika tidak menggelinjang bila menatap wajahmu..
kau cantik hari ini dengan balutan putihmu yang syahdu,
tapi aku tidak tahu,
Apa yang akan terjadi di kemudian hari..
Karena aku lelah hari ini.....


30-09-2010

Faz...

Puting Beliung di Jogja Jilid II

Sabtu, September 25, 2010
Lahhh... hari ini tanggal 25 September 2010... siang tadi abis rapat tengah tahun HMGF, gw merasa panasss banget, tapi panasnya kering, gw ngerasa beda aja ama panas biasa di jogja soalnya udah biasa kepanasan di tempat KKN gw yang lebih panas pastinya... 

Maem siang di burjo deket rumah gw lumayan meredakan panas tadi siang.. 

Pulang ke rumah ternyata suasana lebih panas... kipas angin di pasang di ruang tengah serasa hanya memutar udara panas yang membuat lebih panas.. adalah gw coba-coba keluar teras di depan masjid en merasakan hawa kesejukkan... 

Eh, tau-tau ada angin yang subhanallah gedenya minta ampun menghantam pintu yang gw buka tadi... gw beringsut en lari ke dalam rumah plus gw tahan tuh pintu yang hampir gak kuat nahan angin tadi... Sejurus ama itu, seng-seng ama genting-genting di atas pun berisik sekali... gw colong keluar dikit... angin gede menghantam gw lagi... angin bercampur pasir dan dedaunan kering itu menyapu seng-seng di atas rumah-rumah warga di kampung gw.. Serombongan burung-burung penghuni hutan Kehutanan UGM dan hutan Biologi UGM pun membentuk kawanan yang beterbangan tanpa arah dan limbung dimakan angin... Kacau...

Ternyata itu adalah angin kencang, walo bukan puting beliung, semacam La Nina...

Diambil dari berita8.com

Hampir seluruh wilayah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu siang (25/9/2010) dilanda angin kencang yang mengakibatkan puluhan pohon tumbang dan satu orang tewas serta beberapa warga mengalami luka.

"Korban tewas merupakan pengendara sepeda motor yang tengah melintas di jalan sekitar wilayah Kronggahan, Kecamatan Mlati yang tertimpa pohon tumbang, sampai saat kami masih melakukan identifikasi," kata Kepala Seksi Operasional Bidang Penanggulangan Bencana Alam Kabupaten Sleman Makwan.

Menurut dia, selain korban tewas juga terdapat sejumlah warga yang mengalami luka akibat terjangan angin kencang tersebut.

"Namun untuk jumlah korban luka kami belum mendapatkan data pasti, yang jelas dua orang luka di wilayah Kecamatan Pakem. Satu korban luka dirawat di Rumah sakit Panti Waluyo Pakem dan satu orang di Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta," katanya.

Ia mengatakan, angin kencang tersebut menerjang hampir seluruh wilayah Kabupaten Sleman dengan kondisi terparah di Kecamatan Mlati, Kalasan, Pakem, Prambanan, Gamping, Cangkringan, Seyegan dan Godean.

"Kami masih menunggu laporan dari sejumlah wilayah tersebut, saat ini kami juga tengah melakukan pembersihan terhadap pohon-pohon yang tumbang khususnya yang menghalangi jalan," katanya.

Angin kencang yang terjadi cukup lama sekitar 25 menit membuat beberapa panik. Beberapa warga sepanjang jalan Adisutjpto, Yogyakarta, justru banyak yang lari ke halaman rumah karena panik.

Sementara ratusan pengendara sepeda motor berhenti kuatir tertimpa pohon tumbang.

Di Dusun Kadisoka, Purwomartani, Sleman, puluhan pohon tumbang, puluhan atap rumah baik dari seng maupun genteng banyak yang rusak tertiup angin.

Satu buah baliho bebek goreng di Jalan Solo, Kalasan, Sleman juga roboh akibat terjangan angin kencang tersebut serta sejumlah atap rumah yang terbuat dari seng berterbangan.

"Angin kencang terjadi merata di beberapa wilayah DIY baik di Sleman, Bantul dan Kota Yogyakarta," kata Staf Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisikan DIY, Indah Retnowulan.

Menurut dia, angin kencang tersebut memiliki kecepatan sampai 36 kilometer per jam dan mengakibatkan pohon, baliho tumbang dan atap rumah warga beterbangan.

"Ini bukan angin puting beliung namun masih dalam kategori angin kencang dan gerakannya tak beraturan," katanya.

Fenomena angin kencang tersebut menurut Indah terjadi karena terjadi musim pancaroba dan saat ini wilayah DIY memang sedang memasuki musim penghujan.

"Angin kencang yang terjadi karena terjadi tekanan rendah di kawasan Sumatera dan hembusan angin dari Australia bertemu di kawasan Pulau Jawa sampai Sumatera dan melahirkan kawasan konvergensi atau wilayah pertemuan angin.

Ia mengatakan, jika suhu udara mencapai 34 derajat celcius dan terjadi gerakan angin ke atas, makan ancaman puting beliung cukup besar.

"Kami menghimbau warga berhati-hati karena kemungkinan angin puting beliung memasuki masa pancaroba cukup besar," katanya.(An/Yt)

Sebagian dokumentasi : (diambil dari twitpic @dionpoker )

Bentuk angin.. twitpic from @dionpoker

Kerusakan 1. twitpic from @dionpoker

kerusakan 2... twitpic from @dionpoker
Mengulang kejadian dulu banget pas puting beliung menyerang MIPA UGM.... Zzzttt banget... semua lari tunggang langgang... semua pohon tumbang dengan kerennya... plus hujan deras banget... pokoknya yang hari ini masih kalah gede daripada yang jilid I... mau lihat yang jilid satu ada di sini.....

Sekian,....

Balada Kuliah Semester 7

Jumat, September 24, 2010
Gw jadi sibuk....

Walopun kuliahnya dikit banget, malah sangat sedikit dibandingkan semester-semester lalu, tapi rasanya badan ini capek justru sekarang. Yak, sebagian mungkin mikirnya enak jadi asisten, tetapi, dibutuhkan kondisi tubuh yang prima untuk melaksanakannya. Apalagi mata-mata kuliah yang gw asisteni itu berada di jam-jam tidur sore.. Ato mulai jam tiga sore sampe jam lima sore... Capek en pusing juga ngurusin praktikan yang jumlahnya banyak en ribut gitu, jadi harus punya kesabaran ekstra tinggi, tapi gak boleh lengah untuk nggak memperhatikan per individu dalam kuliah/praktikum tersebut... Itu pesen dari Pak Nukman...

Well, gw ngasisteni PRAKTIKUM PETROLOGI yang cuman 1 SKS tapi pada pelaksanaannya bakal jadi 7 SKS (hahaha.. XD). Satu lagi gw akan ngasisteni FISIKA DASAR I sampai dengan MID Semester saja, soalnya kemarin diminta Pak Wiwit untuk itu... Kebetulan jadwalnya sangat tidak user friendly, alias semuanya bentrok pada jam-jam tidur sore tadi.. Itulah.... Itulah.. gw capekkkkkkkkkk.......... blum lagi ngejain laporan KP yang never-ending gini.... plus gw yang pemalas... hahaha... gak rampung-rampung... padahal minggu ini ada tugas Kewirausahaan ama tugas Geofisika Lingkungan...

Alamat kapan gw ngerjain.... Bah!!

Oooopppssss!!! Dia sungguh menantang bumi dan langit....

Senin, September 20, 2010
Heehehehehe..........

Jadi pengen tau lebih banyak tentang dia.... dia.... dia.....

Hmmmm..... Tunggu kelanjutan ceritanya.... ^^


8000 lebih pengunjung dalam 5 bulan

Senin, September 20, 2010
Dalam lima bulan, Mei 2010 hingga September 2010, gw gak nyangka aja bisa dapetin pengunjung yang lumayan meningkat dibanding bulan-bulan sebelumnya. 

Traffic : Stat's on Blogger.com


Dilihat dari trafficnya, postingan yang paling banyak dikunjungi adalah tentang foto hantu.... Bzzzttt..... ho come??? padahal gw ngepost tentang foto hantu itu dah lamaaaaa banget.... So damn long time.... tapi dalam lima bulan dikunjungi 957 pengunjung itu udah bagus banget.......... Gw suka suka aja postingan gw tentang korea ternyata direspon oleh 226 pengunjung selama lima bulan ini... Hahaha....

Keep posting guys!!!

Wait for 4th fraithzone anniversary guys!!!

Mudik ke Semarang

Jumat, September 17, 2010
Well... Mungkin baru pertama semenjak 21 tahun gw ada di dunia ini, gw menyempatkan diri untuk sekedar mian-main atao lebih tepatnya mudik ke kota lain. Pernah sih dulu ke Kebumen, ke Nganjuk, ke Wonosari, ke Sidoarjo, tapi blum pernah dalam idup gw, ke Semarang.

Menurut gugel earth sih jarak jogja semarang cuman sekitar 80 kilometer, itu sama dengan gw pulang pergi ke pondokan KKN sebanyak 2 kali, and it's done.... hahaha...

*gw nyium bau burger... >.< edan.... marai ngelih*

Balik ke postingan, ke Semarang itu lewat Magelang.. en gw mudik naik mobil... gak kebayang arus mudik pasca lebaran itu.... Ternyata mudik itu membutuhkan perjuangan yang teramat sangat gila... Gila dijalan,... Capek nungguin antrian motor-motor ama mobil-mobil yang udah sampe gak kebayang gimana bentuknya.. Gw sih mendingan naik kereta deh eksekutif sekalian.. zzzttt banget kan muspro en ngelantung-lantung di jalan... Tapi gimana lagi...

Yang penting gak kayak gini :

posisi mudik yang tidak boleh ditiru.. itu punyanya masnya gimanaa gitu... kyaa... mbaknya kesenengen,,, (Sumber: Sini)
atau kalo pake helm ya kudu yang SNI... jangan kek gini...

Sumber : (Sini)
Hahahaha... En,, jangan nekat.... mentang-mentang udah gak ada tempat di bis.. di kereta... jangan maksa...

Nekat. (Sumber: Sini)
Sekali lagi.... hahaha... lalalala...

Walo mudik itu mengasyikkan, tapi juga menyedihkan, coz perjalan yang harusnya bisa 2 jam, eh ini bisa sampe 5 jam... Wedan to ndaa.... (gw baru denger dengan kepala sendiri logat Semarang... "ndaaa...", so bitchy I mean.... manja abis.... hahahaha... tapi lucu). 

So far, gw gak ngapa-ngapain di Semarang.. lha wong cuman sekitar 4 sampe 5 jam di sana... ngobrol ama sodara-sodara yang rata-arata udah pada besar semua... It's quite happy there.... biasanya gw paling males membuka sebuah pembicaraan, kemarin pembicaraan nyantai-nyantai banget sampe malah akrab gitu ama beberapa sodara... Well.. like that so much!!! Awalnya yang gw pikir yang bakal sengsara karena gak ada temen ngobrol, sampe gw isi HP full ama lagu korea kesukaan gw... kemarin sama sekali atau hampir tidak pernah gw puter kecuali di mobil... 

Seneng dah....

Pokoknya yang blum pernah mudik... ya mudik... ati-ati... travel safe....

Wong supermen pun juga mudik kok.. masa lo kaga.... hahahaha........

Mudik..... (Sumber: Sini)
Sekian~

Fill this missing letters in 10 seconds

Rabu, September 15, 2010

Yang bisa jawab comment aja... hehehehe....... Use your brain... Jangan saru... Biasanya laki-laki akan lebih saru ketimbang perempuan... Kenapa?? Baca aja buku psikologi...

Kontemplasi

Rabu, September 15, 2010
Hmfff..... lebaran pun berlalu... puasa tinggal kenangan... tidak ada hal religius sama sekali di ending ramadhan... Buat gw, sebenernya gw nyesel juga meninggalkan ramadhan tanpa ada sesuatu yang berkesan.. Shalat Idul Fitri yang harusnya jadi shalat kemenangan, bisa gw bilang, gw gak nemuin atmosfer ini.. Kayak sekedar shalat trus alal-bi-halal yang semakin membuat gw tuh agak mikir gimanaa gitu.. Bukan sepentasnya aku menjalani hari itu... I am not deserve to.....

Keinginan untuk berkontemplasi...
Gw lagi labil. Gw lagi gak bisa membedakan apa yang bisa gw perbuat antara benar dan salah. Apa ini salah? Efek hasil KKN membuat gw untuk terkontaminasi melakukan hal-hal yang membenarkan segala hal. Gw sedih...

Lagi, gw agak suram waktu gw ultah kemarin... Euforia ucapan selamat di FB sangat tidak berarti apa-apa karena setahun yang lalu hal yang lebih indah terjadi. Tapi itu kemudian gugur di bulan Januari.. Udah kayak lagunya Glenn Fredly.. Lah, kemarin itu berasa hampaaaa banget... Sampe aku maksa seseorang untuk nemenin malam itu, jujur sebenernya gw gak milih-milih sapa yang mau gw minta nemenin malam itu, cuman pas liburan gini kan anak-anak geofis udah pada pulang semua, trus anak-anak KKN juga sama adanya... Ya sudah... 

***

Dalam hati ada keinginan untuk bepergian ke suatu tempat... melakukan perjalanan... nggembel seperti yang biasa gw lakuin setiap tahun... Gw pengen jalan ke manaa gitu... terlalu banyak umpatan dalam otak.... Tapi sepertinya gak bakal jadi kenyataan soalnya besok... bentar lagi juga udah masuk... The holiday is just a sucks...

Gak ada yang bisa gw lakuin sekarang.. Sorrow... No Hope....

[5] KKN dan Euforia Sub-Unit Nawung

Rabu, September 15, 2010
Walopun terjadi hal-hal yang aneh-aneh selama penyelenggaraan KKN kemarin, tapi yang paling gw suka adalah euforia kebersamaan kita-kita para elite sub-unit Nawung, gw, wahyu, raifa, bejo, vani, beni, oki, agil, winda, dan yazid, hmm.. walo yazid keknya lebih tidak sering ikut bereuforia dengan kita-kita, tapi itu bukan sebuah masalah yang berarti.

Sebenernya banyak rencana sub unit gw ini mau jalan-jalan, pernah terbesit mau ke Ratu Boko tapi gak jadi gara-gara aksi konservatifnya oknum-oknum tertentu yang menyebabkan kita mau-gakmau-en-sangat-terpaksa harus membatalkan niat itu. Pernah juga mau ke Pantai Sundak... tapi kalo ide ini zzzttt banget.. secara, jauh banget dari tempat pondokan. 

Jadilah acara bersama kami hanya ke tempat-tempat yang dirasa deket dan tidak terlalu keren so far... Tapi, dibalik intensitas menjalang yang jarang itu gw menemukan keasyikan sendiri, misal waktu menjalang seharian berawal dari rencana buka bersama di Warung Steak Jalan Kaliurang sampe saking penuhnya malah buka di burjo Samiasih... en gw bakal cerita pas hari itu...

17.00
Ini waktu janjian kumpul di depan WS,, udah tau yang namanya bulan puasa pastinya salah besar kalo dateng pas jam 5 sore, yang asrtinya 42 menit lagi bakal buka.. Jadinya satu WS itu penuh dengan manusia.. Mana anak-anak sub-unit Nawung (cindil-cindil) lama banget lagi datengnya,, dasar ngaret tingkat tinggi... Oki ama Agil doang tuh yang paling ontime, disusul gw ama Winda, trus Bejo ama Vani, en Raifa terakhir... Ya udah, daripada lama en malah gak buka, kita putuskan ke Burjo Samiasih..

17.30
Udah di burjo yang ternyata cuman di sekitaran Ganti Namo itu, well... akhirnya pun kita buaka bersama dengan menu ala kadarnya, si Vani ngajakin maem mie goreng, ya sudah gw iyain aja.. Gara-gara di pondokan gak pernah ada gorengan sebanyak di burjoan, maka gw sikat abis tuh gorengan... haha...

18.30
Ngobrol sana-sini rupanya udah setengah tujuh en kita blum magriban semua, okay, akhirnya semua ke kosnya Raifa (singk:Reva). 

18.45
Ternyata kos Reva cuman di sebelah situ doang, dari jalanan berlembah arah Gading Mas itu. En ternyata kos Reva ini kos cewek yang 100% open for Men.... bwahaha... sungguh menyenangkan.. gw bisa tidur di kamarnya Reva.. sementara Wahyu suka gangguin mbak-mbak sebelah kamarnya Reva.. Mungkin gw berpikir enak juga yang punya cewek di sini ya... bisa masuk ampe kamar... berdua... nothing else... mungkin agil tertarik??? bwahaha.... Kos Reva dan tempat prostitusi mungkin statusnya disamakan.... hahaha...

19.30
Akhirnya kita ke WS yang sebenarnya.... Penuh... Sesak... Marai marmos... Pelayanan pun jadi lamaaaa banget... nungguin pesenan dateng aja sampe sejam sendiri, padahal makannya gak nyampe sepuluh menit... Marmos...

20.45
Kemudian, ada ide dari Oki ama Wahyu untuk nonton film aja di 21 Amplas, menurut internet sih ada jadwal jam segituan di bulan puasa, tapi kemudian dengan kecepatan yang diatas rata-rata gw sampe Amplas en mendapati bahwa nggak ada film di atas jam 21.00... Shit!!

Langsung aja kita berdelapan cabut ke XXI Empire, en sebelas duabelas sama di Amplas, kita terpaksa hanya bayar parkir doang... Kiprit sekali!!!

21.30
Kemudian, entah ide siapa, tau-tau kita bergegas menuju Inul Vizta KTV di utara Ring Road. Yak, akhirnya gw nemu juga istilah karaoke... Tapi berkaraoke dengan anak-anak KKN itu berarti gw harus nyesuain lagi aliran musik-musik anak-anak yang beda-beda... Gw yang insya Allah tau semua aliran emang nggak suka input lagu, coz rasanya gimana gitu, jadi dari dua jam karaoke gw cuman input satu lagu buat gw nyanyiin sendiri, yakni I'm Yours versi akustiknya Jason Mraz.. Selebihnya gw mix en max ama temen-temen... Mulai dari lagu mellow kesukaannya Wahyu, sampe lagu ballad-ballad indonesia kesukaannya bejo-winda-agil-reva, lagu-lagu inggris yang entrah apa-apa kesukaannya vani, lagu rock kesukaannya Oki, ama lagu korea kesukaannya bejo. Semuanya tercampur jadi satu sampe kemudian di ending ketemu lagu dangdut... Dan entah kenapa gw bergoyang ala Jathilan di Nawung... hahaha... Dan suasana pun jadi gembira.... 

Karaoke..... Wahyu, Winda, Agil, Oki, Vani, Bejo, Reva (Ki-Ka)
00.00
Selesei karaoke.... badan capek... niatnya gw sih mau pulang... tapi pada haus, jadinya kita ke burjo semula... Lagian si Oki ama Agil udah capcus ke Cafe mana gitu, mereka mau nonton bareng Liverpool.. Gw sebenernya capek n lelah... pengen tidur... Tapi si Bejo ngajakin ke Hokben, curcol ampe Sahur... Gw awalnya males... tapi yawda gw turutin

00.30
Lagian di Reva getol banget mau minjem kamera dari di Wahyu, sekedar foto-foto... Ya udah, malem-malem itu kita ke kosnya wahyu di deket Inul Vizta, cuman mau minjem kamera... Trus capcus deh kita ke Jembatan Teknik... foto-foto.... Ke Tugu Jogja... disini agak lama sembari foto-foto sembari juga ngobrolin hal-hal yang macem-macem sampe ke teori konspirasi Freemason segala... Till Drop....

Jembatan Teknik



@ Tugu Jogja... (Vani-Reva-Winda-Gw)

02.00
Ngantuk gilak.... tapi, kita akhirnya ke KFC di deket SMA N 6... Well... bingung mau pesen apa, secara kalo makan di KFC pasti mahal kan... pusing deh gw... Yawda maem ala kadarnya aja sambil gosip en curcol sana sini plus ngeliat tayangan liga inggris antara Manchester City versus Liverpool yang akhirnya di menangkan oleh ManCity 3-0.... 

@ KFC on 2.00 am

Sampe saur akhirnya gw habiskan di KFC.... foto-foto... sampe ketemu Asri (sub-unit sebelah [Kalinongko Kidul])... semuanya terlihat mengantuk kecuali Vani ama Bejo yang emang udah jadi hobi mereka keluar malam...  dan akhirnya acara selesei sebelum waktu imsak tiba...

Intinya, gw suka kebersamaan kek gini... secara gw emang gak ada ikatan dengan siapa-siapa jadi pengen sebuah kegiatan yang kek gini, hang out sampe bener-bener lelah... itulah kehidupan anak muda... kita meretas... kita juara nomor satu seluruh dunia.... Kita bakal rindu masa ini kelak di masa tua.... 

Inget lagunya Sheila On 7:

Sahabat sejatiku, hilangkah dari ingatanmu
Di hari kita saling berbagi
Dengan kotak sejuta mimpi, aku datang menghampirimu
Kuperlihatkan semua hartaku

Kita s'lalu berpendapat, kita ini yang terhebat
Kesombongan di masa muda yang indah
Aku raja kaupun raja
Aku hitam kaupun hitam
Arti teman lebih dari sekedar materi

Pegang pundakku, jangan pernah lepaskan
Bila ku mulai lelah, lelah dan tak bersinar
Remas sayapku, jangan pernah lepaskan
Bila ku ingin terbang, terbang meninggalkanmu

Ku s'lalu membanggakanmu, kaupun s'lalu menyanjungku
Aku dan kamu darah abadi
Demi bermain bersama, kita duakan segalanya
Merdeka kita, kita merdeka

Tak pernah kita pikirkan
Ujung perjalanan ini
Tak usah kita pikirkan
ujung perjalanan ini
Itu dia..... Yahh... Semoga bener-bener kisah KKN ini gak cuman berakhir sampe disini.... Kapan kita hang-out en karaokean bersama lagi... itulah yang paling ditunggu-tunggu.... XD

[4] KKN dan Merusak Barang....

Selasa, September 14, 2010
Kalo KKN di tempat lain ceritanya pasti mengharu biru... penuh sumbangan.... sumbang ini itu... sumbang hal-hal yang bermutu.. Di tempat gw, khususnya gw ama Waxjoey (keduanya anak saintek), bukannya sumbang ini itu, tapi menjadi perisak segala hal... Entah apa karena kami terlalu menerapkan hukum fisika di setiap momen keseharian kita.. atau emang pada dasarnya sifat kita adalah perusak????

Hanya Tuhan yang tahu......

Snap #1

Hari itu gw lupa hari apa... yang jelas udah bulan puasa... jadi saat itu saat buka puasa.. jadi gini, kalo di tempat KKN itu makan malem ato makan apa aja harus diusahakan bareng, apalagi di bulan puasa yang makannya cuman 2 kali sehari en gak bertenggang waktu yang lama, maka wajib hukumnya makan di meja makan. FYI: bentuk  en model makannya jangan lo bayangin yang udah kek di kota-kota, yang menu makanannya bisa muter ato yang mejanya lebar gitu. Bentuk meja makan hanya ala kadarnya dan menyatu dengan meja si tuan rumah jadi bagian selatan meja ada kursi panjang untuk tiga manusia, trus di bagian utara juga kursi panjang yang untuk tiga manusia, dua kursi ditaro di barat meja sisanya ambil kursi en makan di meja si tuan rumah.

Entah mungkin hari itu hari sial gw kali yaa???

Gw lebiih milih duduk di sebelah utara, di kursi panjang itu, di paling ujung. Awalnya gw denger sesuatu kayak bunyi kayu yang bergemeretak sesaat gw dudukin tuh kursi... Tapi kemudian gw peduli setan.. Berhubung menu kali ini super lezat, maka konsentrasi gw pun teralihkan ke makanan yang udah tersaji di atas meja..

Celaka dua belas.... ternyata bunyi berderat itu datang dari bawah pantat gw.. tepatnya di sambungan antara kayu-kayu penyangga dari kursi kayu yang emang sudah tua itu.. Dan....

"GUBRAAKKK!!"

Pas temen gw yang dua di sebelah gw beranjak dengan tanpa dosa... Gw pun harus ikut jatuh dengan si kursi yang udah gak tahan lagi... Dan jadilah.... Gw ngerusakin tuh kursi.. Gak enak banget sebenernya gw... tapi sejurus itu Pak Dukuh langsung ambil kursi dari ruang tamu, biasa, kursi desa... cckckck... itulah kelakuan anak saintekk... 

Snap #2

Well... gak jauh dari insiden pertama yang begitu membuat gw malu... Secara tak disangka-sangka muncul inseiden kedua yang ujungnya gw puas diketawain orang-orang, cindil-cindil, tetangga, sampe pak lurah... (mungkin begitu?). Ohh Yeah,,, gw pernah berpikir apa salah gw sampe gw kudu ngalamin nasib ini...

Jadi, begini....

Kejadiannya juga sama, yakni pas buka.... tapi ini terjadi sekitar 3 menit sebelum buka puasa... Adalah gak biasanya gw sebelum buka ke kamar mandi... biasanya gw suka pake kamar mandi yang di luar karena nimbanya lebih gampang, you know guys??? nimba itu ngangkut air dari sebuah sumur dengan satu ember yang diikat dengan tali ke sebuah katrol, sehingga lebih gampang diangkat... dan saat itu gw keburu nahan pipis.. Jadilah ge pake kamar mandi belakang yang nimbanya lebih sulit...

Gw melakukan prosedur yang seperti biasanya.... Intinya PIPIS.... siram.. byurrrr.... Trus, mau keluar gw puter tuh pintu yang emang gak gw kunci coz gw kan klaustrophobic, jadi sebuah hal yang malah gw takut kalo mengunci diri di saat gw cuman pipis bentar doang... Tapi, kejadiannya lain:

'KLEK..." gw congkel-congkel tuh gagang pintu... en GW SUKSES TERKUNCI....

gw panik.... gw panik... mana blum makan... blum minum... keringat udah mengucur sembari gw terus menerus nyongkel-nyongkel tuh gagang pintu yang pake acara pemutar... pokoknya gw gak bisa keluar...

Kemudian, gw denger suara langkah, ternyata suara di Waxjoey yang lagi mau sekedar cuci muka ato mo wudhu gw kaga ngerti.... Gw panggil. "Yu.... Gw kekunci nih" dengan nada datar... Sontak si wahyu ini ketawa... seakan gak percaya... trus begitu  kemudian dia koar-koar ke semua penghuni rumah en datang Pak Dukuh yang awalnya gak percaya ama keadaan gw kekunci... 

Keadaan berlangsung kek sekerumunan anggota FBI lagi menyergap sarang teroris, ato kawanan Interpol yang lagi menyelamatkan seseorang bodoh yang terperangkap di kobaran api... Naas sekali....

Ide gila Pak Dukuh pake acara mecahin genteng  kamar mandi sebagai jalur evakuasi darurat... Sejenak gw mandangin tuh dinding-dingin kmar mandi.. en gak ada satu pun tempat berpijak yang memungkinkan gw meraih genteng dan keluar melalui celah-celah itu... Bayangan senter dari pak dukuh yang menyinari gw dari atas bisa gw ibaratkan kalo gw emang jadi korban yang mau diselamatkan tim SAR tapi sia-sia...

Gw panik bukan buatan.... Gw pasrah en terpojok di pinggir pintu dengan usaha yang masih tersisa untuk membuka gagang sialan itu.. Sejenak kemudian gw membayangkan apa yang bisa gw lakukan jika emang gak bisa sama sekali keluar dari ruangan sempit berukuran 1,5 kali 2 meter ini.... Gw takut....

Beberapa menit pun berlalu dan aksi heroik mereka masih berlanjut... mereka (wahyu, bejo, yazid) pada berusaha en berpikir gimana caranya membuka pintu ini... akhirnya dengan otak mereka yang brilian, meraka menemukan caranya: MELEPAS ENGSEL PINTU..

Sadaappp!!!

Satu demi satu engsel pun dibuka dengan obeng yang punyanya Yazid, trus dengan penuh usaha mereka merobohkan pintu dan menemukan gw terduduk tak berdaya di pinggir pintu kamar mandi... dan mereka tertawa terbahak-bahak.... Hahaha.. Sampe semua cindil yang saat itu sebagian lagi turun makan di luar juga ketawa sesampainya di pondokan....

Sampe gw ditarik pintu masih dibiarkan terbengkalai tak bernyawa di kamar mandi yang bolong atapnya itu... krik krik...

Itulah sampe sekarang gw agak takut ama pintu berknop kek gitu...

[3] Hal-Hal Konyol sewaktu KKN ( My Lovely Vehicle)

Jumat, September 10, 2010
Yayaya... liburan lebaran ini gw isi aja dengan menulis.. Yak, menulis bagi sebgian orang merupakan sebuah kebosanan tingkat tinggi, sampe nulis tanda tangan aja ampe pake acara nitip (balada nitip absen).. Nges.. Nges.. 

Entah siapa yang salah? Bukan gw yang salah.. Bukan temen-temen gw... Bukan juga si pemilik rumah, Pak Dukuh dan Bu Dukuh serta anaknya yang salah... Sebenernya gak ada yang salah, itu murni kesialan gw. Kenapa gw bisa sial? Itu tidak perlu dibahas..

Semua.. eh... semua kesialan gw itu bermula dari pengalaman pahit dengan motor gw sendiri.. Di pertengahan bulan Juli, di satu sore sehabis mengajar baris-berbaris (ceritanya di edisi lain) gw ama serombongan anak-anak KKN Nawung bergegas menuju ke tempat makan harapan bangsa dan negara.. Kayaknya kalo seminggu gak nangkring di situ tuh kek hidup kurang gairah gimanaaa gitu... Sok, setelah menghabiskan waktu di SMP N 3 Prambanan, adalah kami bergegas ke warung MIE ayam itu....

Jeng... Jeng...

Menu andalan di tempat ini so pasti adalah mie ayam, trus yang paling dicari di tempat ini adalah tahu bakso dan pop ice. Dua hal paling kota yang bisa gw temukan di radius 10 kilo meter dari situ ke arah selatan... Lumayan murah sih... lumayan enak juga, daripada mie ayam yang di deket jalan solo itu.. rasanya gak mbejaji kalo orang jawa bilang...

Well... kenapa jadi mbicarain mie ayam.... maklum gw agak laper... --a

Baliklah kita ke cerita sial gw yang tadi, yayaya.,.. setelah kenyang en pokoknya kenyang ngabisin semua muanya di sini... maka kami pun berniat pulang naik gunung ke pondokan kami tercinta (>.<)

Dan,,, Drrrrtttttttttttt... Dreeeeettttttttttttt..... *iki bunyinya kayak kentut deh perasaan*
Drrrrtttt........ 
En, motor gw pun gak bisa di starter biasa... 
Karena hobi gw yang sok paling akhir, akhirnya GW DITINGGALIN ama cindil-cindil sialan itu.... gw pun menjadi PANIK... darah gw jadi PANAS.. kemudian gw panggil tuh yang punya mie ayam, trus dia sok ngecek-ngecek... gw MAKIN panik.... untung gw bawa HP, jadi bisa kontak-kontak... 

Dan.. motor gw pun jadi rebutan para oknum-oknum yang ingin unjuk kebolehan reparasi motor... en gw gak tau apa-apa, sampei letak kunci motor segala macem aja gw gak tau kalo ternyata ada di jok motor gw... (payah@.@).. Kalo gw bikin segmen reality show mungkin bakal laku keras... Sapa bisa benerin motor gw, gw kasih 10 juta... Ngarep abis... 

Sampai kemudian setelah lelah mereka mengutak-atik, gw SMS ke cindil-cindil nawung, trus dengan gegap gempita mereka turun gunung lagi +.+, tapi mereka malah dengan senang hati karena bisa melarikan diri dari pondokku istanaku.... hehehe... Tapi, sesaat sebelum mereka datang, gw udah sampe di bengkel di daerah Serut, Klaten... Cobaan pertama cuman diganti businya doang... sampe cindil-cindil itu dateng en gw tes drive...

GAGAL... cuman bisa sampe MIE AYAM itu lagi.... (lagi-lagi mie ayam... kali ini gw kaga nafsu ngeliatnya)

Well, balik lagi ke bengkel en sambil nongkrong gw, Yazid, Bejo, Vani, Oki, ama Beny masih clingak-clinguk kek orang susah nungguin ampe sekitar jam 8 malem-an... Motor gw seakan diperkosa sampe semua bagiannya disemburat... Selidik punya selidik, setelah lama dibongkar ini ternyata CDI-nya bermasalah en harus ganti....

Kawan, kamu tahu CDI itu apa??? Capacitor discharge ignition (CDI) itu adalah alat yang ada di sisi motor yang fungsinya sebagai mesin pengapian.. Wedan... mahal juga... Tapi gak papa lah... daripada gw kaga bisa naik Nawung lagi... Modar wae....

Akhirnya, Bejo gw suruh tes drive... en secara menakjubkan.. en gw agak PANIK lagi motor gw dah bisa sampe di Nawung dengan selamat... paling enggak udah ngelewatin MIE AYAM itu --a

Dan... satu kalimat yang sepertinya membuat bahagia malem itu adalah jawaban dari mas mas mie ayam yang ada benernya juga...

Gw tanya :

"Mas, ini yang rusak apanya ya mas?? Kira-kira perlu ganti apa ya mas??"
(Gw bertanya dengan sepenuh hati...)

Jawabaannnya~ :

"Ini..... ganti BPKB aja mas~" (dengan senyum dikit plus menatap gw)

Gw respon :

"Haa.." (Jawaban yang tidak menyeleseikan masalah.... )

***

Kalo blum tau bentuk CDI... nih gw kasi tau : 

CDI (Sumber: Sini)

1431 H

Jumat, September 10, 2010
fraith.art
Segenap kru fraithzone.blogspot.com dan domain domain lain yang berkaitan mengucapkan Selamat Hari raya Idul Fitri 1431 H, Minal Aidzin wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin...

[2] The Tale Of Nawung

Senin, September 06, 2010
Well, akan saya jelaskan mengenai tinjauan sosiologi-kultural di wilayah Nawung ini. Nawung sebenarnya adalah dusun paling timur dari kabupaten Sleman, dan secara terpisah dan jauh dari peradaban kecamatan Prambanan. 

Foto by Beny Yulanta Putra

Secara demografi, penduduknya bisa terbilang tinggal terpisah RT, masing-masing RT mempunyai kuktur yang berbeda. Disini gw bisa mengelompokkan Nawung menjadi tiga kawasan besar, yakni 1) Nawung itu sendiri, 2) Buncar, dan 3) Jatisari. Kultur pedesaan yang masih bener-bener tradisonal menjadikan kawasan ini sebuah magnit yang dapat menarik wisatawan untuk datang berkunjung seiring dibukanya pasar globalisasi -- yakni menjadikan desa wisata.

Namun, adalah desa yang bisa dikembangkan pola pikirnya itu baru Jatisari, berhubung letaknya dekat dengan jalan besar, maka pola pikirnya sudah mulai berkembang, begitu juga dengan Nawung, yang menjadi masalah adalah letak desa wisata itu semuanya berada di wilayah Buncar yang hampir tidak tersentuh globalisasi sama sekali. Bagaimanapun mendatangkan wisatawan sama dengan mendatangkan kultur baru yang meng-global, bukan memaksakan wisatawan untuk beradaptasi dengan kultur pendatang. Nampaknya perlu adanya pelatihan yang rutin untuk membentuk karakter warga masyarakat disini.

Kemudian, mata pencaharian utama masyarakat di tiga desa ini adalah bertani dan beternak. Sangat sulit untuk membina pariwisata jika masih disibukkan oleh urusan ternak dan sawah. Masyakarat setempat blum memandang pariwasata sebagai komoditas utama yang bisa menghasilakan penghasilan bagi mereka sendiri, tengoklah desa wisata lain, mereka bisa mengemas dan memanajemen ternak dan sawah mereka menjadi sumber kegiatan bagi wisatawan. Ini mungkin yang harus ditanamkan.

Menyibak potensi geologis dan keberadaan air, sudah pasti di zona tinggian seperti Nawung ini, air pasti susah didapatkan apalagi semenjak terjadi gempa bumi 2006 yang membuat pergerseran patahan aktif opak yang berimplikasi dengan mandegnya pasokan mata air ke sungai di daerah ini. Well, kalo gak ada air trus gimana nasib wisatawan??? bisa-bisa mereka gak mau balik kesini lagi. Lagi-lagi masyakarat pasti akan menyalahkan alam jika muncul pertanyaan seperti itu.

Kemudian, mengenai kondisi masyakarat sih bisa dibilang sangat sangat ramah, mereka suka membantu, mereka suka menjamu tamu dan menghormati tamu, anak-anak di sana juga sangat ramah-ramah... pokoknya kondisi masyarakat disana sungguh menyenangkan hati... terutama yang sedang dilanda kegalauan yang sangat penat...

Tapi jangan terlalu lama tinggal di sini.... seperlunya saja... 

Hehehehe....

Korean Update!! (August 2010)

Minggu, September 05, 2010
TRAX (SM Entertainment)


SNSD (Sumber : Sini)
Sekedar Update aja.... Secara bulan-bulan ini banyak artis yang ngeluarin album kek SNSD, TRAX, 2NE1, Ada juga yang lagi vakum alias lagi masa promosi kek Suju, Big Bang... Tapi, paling enggak gw suka muter lagu di masa-masa senggang gw, apalagi setelah diracuni lagu-lagu indonesia sama si WAXJOEY si putra Solo itu, gw jadi suka juga ama Aishiteru ama si Yovie en Nuno... Jadilah pembendaharaan lagu gw banyak... hahaha....

Posisi Chart K-Pop/K-Rock di Komputer gw di minggu pertama Bulan September 2010 :
  1. TRAX - Oh! My Goddess
  2. Super Junior - Tok Tok Tok
  3. SS501 - Love Ya
  4. CN Blue - Love Light
  5. SNSD - GENIE Japanese Version (Kuse Ni Naru Wa)
  6. CN Blue - I'am Loner
  7. 2AM - No 1
  8. Super Junior - No Other
  9. Taeyang - I'll Be There
  10. Taeyang - Wedding Dress (Korean/English version)
Selamat menikmati..... 

Saengilchukhae uri naui saenghwal....

Minggu, September 05, 2010
Malam ini....
Tak seperti malam-malam minggu lainnya...
Betapa hati ini sudah bermuram durja..
Menatap keambivalensi kehidupan..
Malam ini...
Berulang lagi siklus yang klise..
Roda yang berputar bak kembali ke titik nadir..
Yeah...
Aku semakin tua...
Aku semakin tua...
Namun, aku tak punya banyak pilihan hidup...
Semoga ini jalan yang terbaik...

Faz 2010,
Aku rindu setahun yang lalu... >.<

[1] KKN dan Segala Program Antah-Berantahnya...

Sabtu, September 04, 2010
Yang namanya KKN itu gak bisa terlepas dari program-program yang sebenernya gak jelas.. KKN itu gak lebih dari sekedar katalisator peradaban, yakni mengubah tatanan desa yang dipondoki menjadi desa yang lebih super power en lebih maju daripada lainnya -- dengan memanfaatkan KKN.

Well, gw bersepuluh ama cindil-cindil yang udah gw post kemarin, selama dua bulan mengabdikan diri ke haribaan desa nawung dengan tema pariwisata - tema yang sebenernya susah, apalagi buat gw, coz gw anak saintek jadi harus mikirin program fisik apa yang berhubungan ama pariwisata..

Yang berhasil dilakukan ama anak-anak adalah seperti: penerangan jalan, pembangunan jalan, pembuatan bak sampah, pembuatan lapangan badminton, pembuatan plang, pembuatan sarana permainan outbond. Jadinya program-programnya emang gak blink-blink, gak semewah KKN lain, tapi itulah yang bisa disumbangkan. Awalnya pembangunan aspek fisik sempat mengalami kendala karena dianggap tidak adil, sempat membuat konflik masyarakat, secara satu dukuh itu terdiri dari lima RT yang berbeda, begitu juga dengan TPA, sempat bentrok sana-sini karena selain waktunya gak pas, ustadnya males-males, malah lebih milih makan mie ayam daripada ngajar TPA... hohohohoho....

Program-program KKN... (berasa nyusun LPK deh gw =.=)
Yah, gw sih berharap warga setempat bisa memanfaatkan apa-apa yang udah kita-kita berikan en merawatnya dengan baik...

Tapi, tetep dua bulan itu sampai sekarang masih terasa... walo gw sering pulang balik, tapi.... Keknya ajian mbah Gito itu bener-bener mumpuni.... +.+

to be continue....
Diberdayakan oleh Blogger.