Emosi to The Max!

Selasa, November 30, 2010
Angry... Enggri banget gw...

Entah kenapa bawaannya hari ini emosi banget, abis dapet info GAK JELAS SUPER DUPER NGGAK JELAS en bikin emosi dari Si Bendahara..

Dia memerintahkan gw untuk bikin proposal seminar dalam waktu less than 24 hour (secara implisit), mestinya dia berkilah *wong aku udah nyuruh dari kemarin-kemarin.. bla... bla... bla...* *shut up!* Kenyataannya gw bikin proposal dalam 10 menit dan sekarang udah naik ke Ketua BEM... gak tau gimana nasibnya...

Sekedar flash back aja...

Selama ini gw tidak merasa punya hubungan keuangan dengan DPP SPP *itu loh, keuangannya Fakultas*, dan gw udah minta jangan sampe ada hubungannya dengan DPP SPP.. Sampe kita bikin proker, sampe nyusun anggaran... revisi demi revisi selalu yang diutak-atik ya dana lab geofis atau dana HMGF, jarang nyinggung DPP SPP... 

Sampai rapat tengah tahun HMGF aja mekanisme ini tetep berlangsung, setidaknya yang diminta pada saat itu adalah proposal tutorial secara keseluruhan. Okay, gw udahin. 

Sampai acara seminar itu batal, yang sedianya dilaksanakan pada Maret-April *pas gw KP* tahun ini, masi disuruh bikin proposal sih oke...

YANG BIKIN SHOCK en PENGEN MISUH adalah :

SMS:
(BE) : "Udah bikin proposalnya blum?"
(Gw) : "Udah"
Itu SMS tadi pagi jam 6.... Sampai saat itu gw masih berpikir kalo Dia cuman butuh proposal kosong, alias cuman buat ngecek anggaran *seperti yang dulu-dulu* Secara pas ketemu di jalan kemarin, gw tanyain juga dia gak jawab malah ngusir gw.... "Udah deh, pokoknya sana buat!" Itu jawabannya yang SAMA SEKALI tidak menjelaskan apa-apa, sampai SMS berikutnya datang:

(BE) : "Sip. Udah ditandatangani lengkap sampai pak Pekik kan? Ntar langsung kumpulin di BEM aja gak papa..."

(GW) : *BANTING HP* *BASHING*

Lembar pengesahannya aja masih kosong mlompong gini pegimana mau ngumpul... Dateng lagi SMS:

(BE) : "Hari ini terakhir ngumpulin di BEM, habis itu udah ditolak"

(GW) : "PAN**K"

Gw panik... Gw bingung... Gw nggak ngerti mau ngapain... Acara buat petro nanti sore aja udah kayak gak keurus GARA-GARA ini... Udah dijelasin aku lagi sibuk ngurusin administrasi petro, coz sekarang kan beda, mekanismenya lebih ribet gitu...

Akhirnya gw mutusin untuk tetep nyari tanda tangan, walo cuman sampe ketua BEM, paling enggak udah ada usaha untuk nyenengin hati dia, walu ujung-ujungnya gw lagi gw lagi yang disalahin...

Okay, sebelumnya mau baca atau enggak, gw minta maaf untuk yang bersangkutan... lagi emosi to the max soalnya... kalo gak gini gak kesalur...
Sumber gambar:

Press Realease: Black Concept

Senin, November 29, 2010

Oke, menanggapi postingan tetangga sebelah, sebenrnya gak ada yang special dari konsep ini kecuali suasananya aja yang ganti kan? Kalo dibilang udah persiapan dari jaman baheula, emang bener, namanya juga totalitas.. *pengabdian terakhir*, habis ini praktikum petro udah habis, jadi mau gak mau kudu all out dong!

Spoiler: Nggak akan ada fashion show, rave party, atau wayangan, apalagi pentas seni... hanya ada hal yang mungkin bisa membuat anda terhibur karena konsepnya entertain...

Field Trip #2 Petrologi

Sabtu, November 27, 2010
Dokumentasinya Dek Bunga

Yayaya... sekarang posting time deh...

Kalo kemarin entah kapan itu gw udah posting tentang fieldtrip pertama, sekarang gw posting yang kedua. Yak, lokasinya menurut google earth sih di bilangan Ngalang, Gedangsari gitu lah. Susah juga nyari lokasi ini di google earth.

Oke, di field trip ini ada tamu khusus, yakni dosen Geologi langsung yang turun tangan membimbing para mahasiswa *termasuk para asisten* yang ada di tempat itu. Mana cuaca sangat tidak mendukung, yakni panas membakar, persis pas kayak KL (kuliah lapangan) geologi beberapa semester lalu.

Ini kunjungan ketiga gw kemari, selain fieldtrip petro yang sama Pak Nukman, trus KL juga sama Pak Nukman tapi pokok bahasannya tentang stratigrafi, trus ini sama Pak Udin. * keempat sama Akbar*

Nothing better than igneous and breccia outcrop here, semua singkapan seperti sangat kompleks di sini. Dengerin penjelasan dari Pak Udin entah kenapa gw selalu jadi terhanyut membayangkan dan berimajinasi gitu dah. Lullaby banget!

tapi, so far, asik kok... pokoknya the next fieldtrip hwaiiittingg banget dahh...

What a Feeling

Jumat, November 26, 2010
Sumber: google (haha)


Sumpah.... Nggak ada gairah untuk nulis barang sepeser pun tulisan... Lagi gak produktif... banyak masalah menerpa...
  1. Lagi seneng main Age of Empire, entah kenapa.... lucu aja.. berniat untuk main game yang lebih menantang...
  2. Lagi lebih suka dengerin musik dari pada ngeblog, tepatnya lebih suka downlod MV daripada bikin tuliusan...
  3. Lagi gak punya waktu banyak... en lagi gak ada teman menarik yang bisa diceritakan... *padahal sebenernya ada*
  4. Tau ahh.... pokoknya males aja!
Suatu saat bakal gak males lagi deh.... hahahaha...

Korea Pop Fest 2010 [Snap Review]

Kamis, November 18, 2010
Pastinya ini event yang udah ditunggu lama...

Jeng jeng... jeng.....

Ya... Event agak dongo bulan ini... Korea Pop Fest 2010...

Awalnya emang gw bener-bener gak ada niatan untuk menghadiri event geje macem ini. Walo pengen tau aja si *rasa penasaran biasa*. Lebih-lebih event ini diadain pas Merapi lagi ngamuk en pas masa berkabung nasional gitu. terbesit perasaan gak enak juga sih antara mau dateng ato nggak, semuanya serba salah. Sampai gw mutusin sebenernya pas hari Minggu (7/11) ini untuk sepenuhnya gw mau jadi relawan bantu-bantu di HM atau di Mungkid. Gw udah buat janji gitu ama si @Leocde.. sama @hilmitan juga udah gw kontak-kontak tentang pegimana jadi relawan di Maguwoharjo, secara gw gak tau gimana mulainya..

Tapi itu semua gak jadi gw lakuin karena pagi-pagi pas bangun tidur gw dapati SMS pagi ini begitu gak biasa... Ada 4 SMS barru...

hmm...

Gw cek lagi satu-satu... Nampaknya tiga SMS berlalu tidak begitu penting, dann....

SMSM yang terakhir membuat gw perlu nmembersihkan belek di mata gw sekali lagi... *kucek*

*tempelin tangan di kepala* Plak!! Apaaa ini!!!!!!!! 

Tertulis: Bagi yang mendapatkan SMS ini dimohon untuk hadir untuk membaca fanletternya di ajang KPOPFest di UKDW jam 9.30. Anda menjadi pemenang untuk lomba fanletter.

Yaaa.. kurang lebih kek gitu kali yaa.. wong gw juga udah lupa.. Pokoknya inti katanya gw menang lomba fanletter... *inget-inget kapan gw ikut lomba ini*

Jederrr... waktu jam gw nunjukkin jam 8 agak lewat dikit... busett... pegimana ini... gw penasaran banget ama mbaca di depan publik seperti ini.... *jiwa entertainment gw muncul mendadak*

*panik*

Tapi berbekal kepedean yang tinggi gw mandi en meneruskan langkah untuk menyambangi UKDW.. 

*Snap review*

Awalnya gw ikutan lomba fanletter itu cuman karena iseng aja.. lagian gak begitu mencurahkan banyak waktu dan tenaga wong gw bikinnya juga di SIC, di SIC FMIPA cuman sekitar 5 menit, jadi deh tuh... Nggak banyak mikir.. Buat yang blum tau apa itu fanletter, itu kayak semacam surat cinta tapi untuk satu Idola. Karena ini acaranya Korea Pop Fest, maka Idolanya kudu artis korea *untung bukan artis indonesia, kalo iya gw milih Jupe ato Farah Quinn, hoho*. Yang namanya artis korea itu banyak banget dan sangat wajar menyukai lagu korea karena diksinya itu dalem banget... Kalo buat orang awam sih pasti nganggep alay bin imbisil ato apalahh... But, keep going.. Gw milih si Taeyeon *belakangan udah punya pacar T.T* karena emang dari awal (tahun 2007) gw udah suka sama leader SNSD ini. jadilah gw bikin surat cinta/fanletter/surat fans untuk si Taenggo ini... ^^

*Brb to UKDW*

Jenggg... Gw bingung ama nama gedung di sini.... namanya ribet.. Tapi langsung gw disuru amam Satpam ke gedung paling utara.. Well, udah banyak orang en spanduk-spanduk  gitu...

Beli tiket Rp. 10.000,- *terpaksa* en dapet es krim.,..

Masuk ke ruangan semacam auditorium dua lantai ini, en gw ketemu temen SMA yang gak tau kenapa jadi sombong-sombong gitu yaa... yaahh... terpaksa bergelut dengan kesendirian yang tak menentu di tempat ini.. Pengen ngajak temen, tapi mereka semua sibuk bekerja sosial.. Ya sudah, just enjoy my day... Walopun sendiri, agaknya gw nikmati juga tuh sajian show Taek,wondo ama sajian MV artis korea *ngedance tepatnya*, banyak juga pesertanya anak-anak SMA sampe kuliahan.. cowok-cewek... Atmosfer ini beda banget... Pelan-pelan gw ngikutin tiap lagu yang dimainkan.. mulai dari Taeyang, sampe artis debutan 2NE1, B2ST, Shinee, Co-Ed, Afterschool,  Miss A, Super Junior, dll.... tapi gak pernah SNSD. *kecewa*

Sampe temen gw di twitter marah-marah (@hanntwo), mana ini SNSDnya gak ada sama sekali. Bener juga sih... gw juga ngerasa demikian, cuman gara-gara niat gw bukan datang sebagai SONE, tapi sebagai pembaca fanletter, gw sih fine-fine aja..

Situasi panggung KPOPFest 2010

Sampe sesi Taekwondo selesei, dilanjutkan dengan sesi gak jelas, semacam kuis-kuis aneh ala pembaca acara.. tapi lumayan gokil... MCne gokil soale... gw suka.... dan masuklah sesi pembacaan fanletter...

Ada tiga finalis yang datang, yang pertama cewek agak pendek agak gemuk berbalut dandanan minimalis hitam vest gitu ketoke, dia bikin surat untuk Taeyang, Big Bang. Pas dia mulai baca semua sorak-sorai penonton pun mengalir, tapi artikulasi dan intonasinya kurang well, jadi penonton mudah hilang koar-koarnya.

Finalis kedua pun agak cakep, tapi kok gw lupa gimana bentuknya, yang gw inget malah Pipit 2010... zzzzttt.... mirip sih.... Cewek satu ini agak kurus, rambut panjang tapi bercabang, sempet kenalan tapi gw lagi-lagi lupa dia anak mana. Awalnya doi kaga mau mbaca suratnya... tapi setelah gw dibujuk, akhirnya dia mau. Dia bikin surat untuk Eunhyuk, Super Junior. *gw pikir, kenapa gak si cokitber itu aja*. En, masyaoloh, suratnya panjaaaangnya bukan buatan, kata si MC, ini surat ato skripsi??? *gw: zzzttt*. Dan reaksi penonton pun semakin rame, karena mayoritas kan ELF bercampur VIP dan Shawol, sehingga hingar-bingarnya terasa banget.

Jederr... giliran gw... *panik*.. Gak tau gimana tiba-tiba ada suara manggil-manggil nama gw di deretan panggung, karena silau lampu sorot gw gak bisa ngeliat tuh siapa, perasaan temen SMA gw deh, coz gak mungkin banget ada temen kuliahan gw main ke tempat ini. dag dig dug..... Dan surat gw ternyata paling PENDEK dibanding dua kompetitor gw. seperlima dari suratnya kontestan kedua.. *ya iya wong mbikinnya cuman 5 menit* POkoknya asal lebay.... Jadi!

Gw raih tuh microphone dari tangan MC, lalu gw mulai baca surat gw dengan penghayatan maksimal... En... sangat membuat perasaan yang entah bagaimana mengungkapnya... ketika satu frase/kalimat selesei gw baca,, sekeitika itu juga semua penonton sorak en tepuk tangan... entah apa dalam pikiran mereka.... Satu frase lagi.... tepuk tangan lagi.... sampei semua isi surat yang cuman sekitar 6 ampe 7 frase itu gw baca, dan komentar MC begitu lebai jadinya... 

"Ini baca surat fans ato deklamasi mas?" *ketawa gw*

Legaaa,,,,,

Hahaha.... walo diketawain en dipermalukan depan publik, akhirnya gw dapet piala, trophy juara lomba fanletter contest.... Hahaha.... Lumayan... *cuman fotonya nih... gw tunggu-tunggu dari si Kpopfestnya lamaaa banget... pengen gw tonjokin nih lama-lama*

Itulah pengalaman membaca puisi di depan banyak manusia... Nggak lagi deh... Iseng kudu di atur deh...

Taeyang KW 2 (a.k.a Dipta)

Flashmob "Sorry-Sorry Dance" diacara 5th Suju Anniversary
Abis turun dari panggung gw liat starshow... pertunjukan mirip-miripan ama artis korea, *lihat si Taeyang KW 2* Hahaha.. lucu aja... trus gw juga liat singing contest... tapi membosankan pas bagian singing contest.. gak ada yang ambil lagu R&B masalahnya.... Yawdah gw cabut pulang aja....

Yahh... gak ikutan flashmob sorry-sorry, trus gak bisa liat final-final dance cover, kewer parody, aikei kpop, semua cuman bisa dilihat di Youtube... lumayan... tapi Lucifernya Aikei gak sebagus si peserta dance cover perasaan.... hahaha... ada juga yang paling gw seneng ada dance covernya SNSD Into The New World.... Lumayan..... hahahahaha......

*Sorry, mungkin buat sebagian besar orang gak dong mengenai bahasa-bahasa yang gw pake... Iya sih, gimana yaa... susah juga... kecuali mulai mencintai kpop music.. yang gak berarti gw lupa ama musik alaY Indonesia loh.... *

Hmm...

Sekedar saran buat si Kpopfest tahun depan *barangkali ada*

Gw rasa harusnya yang dipikirkan itu konsep acara selain konsep organisasi yang baik.. Masa PDD gak bisa upload dengan cepat sih.. kita kan butuh... Trus, mengenai acara sebenernya udah bagus, tapi konsepnya jangan fokus ke satu artis.. sampe ada acara Anniversary segala, perasaan kemarin udah ada gatherinhg sendiri deh si ELF-Jogja ini... Kalo gw usul pas masuk itu dibuatin zona-zona sendiri mana buat 2NE1, mana buat SNSD, mana buat SHINee, kayak prosedur masuk ke Music Bank di korea itu loh... Trus diatur dengan baik, tiap zona ada PJnya, agitatornya, trus MCnya juga kudu sebut semua, gak cuman yang gede-gede aja yang disebut, lha kalo aku fans FT Island ato Secret gitu gimana?? gak ada temennya kan... Trus MVnya juga harus imbang... en panitianya kudu ramah-ramah... gak kaku-kaku kayak kemarin... *kecuali panitia fanletter ^^ kenalan dong mbak baju kuning #tonjok*

Trus kalo mau buat stand ya buat tapi bagusnya dibikin stand SM, stand YG, JYP, Cube, ato pegimana yang penting stand itu bukan dari orang daftar, tapi usahakan dari panitia memenuhi rasa ingin peserta/penonton... kan lebih asik kalo fans SNSD dapet beli poster Yuri gitu di stand SM.... ato fans Nikhun dapet posternya di stand JYP... dsb.... that's my suggestion aja sih....

Kpopfest 2011, hwaitiink!!!! Better!!

Glossary:
  • ELF = fans Super Junior
  • Shawol = fans SHINee
  • VIP = fans Bigbang ama 2NE1 keknya sama aja...
  • SONE = fans SNSD
  • Sorry-Sorry = lagunya Super Junior Album ke-3, lagu paling ngetop sedunia saingannya Gee - SNSD tahun 2009
  • Into The New World = Lagu debut SNSD tahun 2007

Relawan...

Selasa, November 16, 2010
Kalo disuru cerita pengalaman jadi relawan Merapi, mungkin emang gak bisa sekeren tetangga sebelah yang hidup di pengungsian beberapa hari.. buat gw, itu capek boy!

Awalnya emang begitu berat ya, memutuskan untuk sekedar menjadi relawan membutuhkan banyak pemikiran, kata orang sih depnophobia, yakni ketakukan berlebih jika bertemu lingkungan yang baru, takut gimana cara memulai obrolan, takut bagaimana melakukan sesuatu.

Gw dapet sms suruh bantu jadi relawan di Mungkid, en kalo gw bilang ke nyokap pastinya nggak dibolehin, coz suasananya lagi kek gitu kan. Jadilah gw memutuskan untuk sekedar menjadi relawan distributor di HMGF yang lebih enak bukan buatan daripada di lapangan. Ya, sebetas kerjanya cuman catet ini itu, angkat-angkat ini itu, ngerampok bantuan di posko lain, ngurus database yang penting kek cari-cari info ada spply dimana, dan cari info dimana yang butuh bantuan via jalinmerapi.

Jadi begini, posko HMGF itu bekerja sama dengan posko PASAINS sebagai duta MIPA untuk sekedar bergabung dengan duta-duta dari fakultas lain di Mungkid, tapi karena gw blum pernah ke Mungkid, gw gak bisa cerita gimana keadaan Mungkid sekarang.

Gw sempet sakit selama tiga hari gara-gara diare plus demam gitu, jadi kerjaan gw jadi setengah-setengah, tapi kemudian Jumat (12/11) gw aktif lagi di, trus langsung kebagian jatah ngerampok di UPN, yang awalnya bakal enak, malah dapet nggak enak, coz UPN terlalu banyak syarat. Trus sempet juga ngehubungin HDCI, semacam perkumpulan dokter buat ngadain semacam pengobatan gratis di Mungkid besoknya. 

Dan, hari Sabtu (13/11), hari yang harusnya ada fieldtrip, hari yang harusnya ada Geohazard keempat, ternyata dipakai untuk jalan-jalan ngasih bantuan ke Boyolali dan Klaten. Naik mobil. Awalnya udah jauh-jauh sampe ke Boyolali, udah bosen juga dengerin celotehannya raras dkk di dalam mobil, sampe sana ternyata pengungsi yang ada di barak lagi pada kembali ke daerah asal coz keadaan Merapi udah lumayan membaik gitu kata Pak Narang yang sebenernya ketua semacam perkumpulan pengawas petani di daerah Boyolali sana.


Anak-anak di pengungsian, bermain bersama

Well, abis itu hari Senin (13/11) diajakin Yudhis ama temen-temen KKNnya yang secara harfiah gw kaga kenal sama sekali untuk ngajar di sekolah darurat di Muntilan. Yaa... berbekal kenekatan dan muka tebel, walo gw nggak kenal yang penting sok kenal, jadilah berangkat beberapa mobil plus tiga motor including gw. Dan selama seminggu setelah kejadian erupsi Merapi yang begitu dashyat itu, gw baru pertama kali ini ngeliat situasi kota Muntilan yang selama ini sering gw lewati bahkan pake motor gw sendiri *itu kehebatan*. Semua hancur, semua berdebu, semua abu-abu... Hidup jadi kayak jaman tahun 60'an gak ada warna.

Gambar gw, tribute to Merapi

Oke, ngajar di pengungsian ini awalnya sempet gagu gitu, mana anaknya bandel-bandel... tapi asik banget, ada satu anak cewek yang beratnya mungkin bisa nyampe 50 kg gara-gara sering ngarit kali ya, gw gendong-dgendong berat kali pun dia. Ada juga si Makruf yang suka tebar pesona, si anak SMP adiknya anak SMK cah Dukun, deket Talun itu juga terlihat suka cita karena dapet temen ngobrol yang "mau" ngelayin joke-jokenya. En gw simpulin ada pengaruh SID (Superman is Dead) di barak pengungsian ini, hampir semuanya pake kaos Outsiders, a.k.a ans beratnya SID.... wahahaha... lumayanlah daripada fansnya Kangen Band atau sebangsanya..

Belajar bersama

Muntilan

Overall, asik juga, sebenernya gak mau pisah ama anak-anak disini... begitu menyenangkan,, begitu menyentuh, sempet juga mau bantuin dapur umumnya, karena emang kekurangan orang. Hm, beberapa gadis-gadis di tempat ini sungguh cantik, ada juga relawan dari UNDIP yang juga cantik.. Kabarnya, mereka di pengungsian ini sudah dipindah ke radius 15 km, artinya mereka kembali pulang ke rumah mereka... Well.... Selamat tinggal bocah-bocah.... Nice to meet you soon... ^^

Abu Merapi...

Senin, November 15, 2010
Yahh... semua yang di Jogja pasti ngerasain betapa mengerikannya Merapi tahun 2010 ini... Jauh lebih mengerikan daripada kejadian serupa tahun 2006 atau 1994.

Banyak masyakarat yang awalnya gak tau apa-apa tentang kegunungapian, kini menjadi lebih tau dan lebih aware dengan isu-isu yang berkembang di masyarakat..

Nanggepin pertanyaan yang ada di shoutmix gw... ini gw punya citra NASA tentang letusan tanggal 5 November 2010 kemarin...


Cekidot!

Itu persebaran Abu Merapi... tanggal 11 November 2010..Sumbernya dari http://earthobservatory.nasa.gov/IOTD/archive.php?m=11&y=2010 Bisa dilihat kalo persebaran plume Merapi bisa sampai radius yang sangat jauh...

Sekedar info saja...

Setelah Satu Abad Tidak Posting

Senin, November 15, 2010
Sumber: google

Wuihhhhh.. rasanya males ja pas mau posting ini itu, lagian pas situasi Merapi kayak kemarin... membaca saja saya sulit, apalagi mau nulis...  apalagi mau lebai...

Sebenernya banyak yang mau gw tulis, tapi malesnya nge-retrieve foto yang ada dimana-mana tapi gak ada di fles gw.. Apalagi pengalaman-pengalaman menjadi relawan yang kek tetangga sebelah..

Sayangnya gw gak punya waktu lama untuk posting dengan bahasa yang bisa membuat tersentuh.. mungkin dengan bahasa yang bisa membuat orang lain ilfil kali yaa..

Pokoknya Merapi ini membuat beberapa jadwal harus ke-delay, mana penerbangan tutup sehingga gw kaga bisa eksodus ke Singapura.. +.+

Jogja Under Siege

Jumat, November 05, 2010
Erupsi Merapi meluluhlantahkan desa Balerante. (Sumber: Google Earth)
Ledakan Merapi sungguh-sungguh dahsyat pada Kamis hingga Jumat dinihari hingga menewaskan sedikitnya 54 orang. Bahkan letusan ini disebut terdahsyat sejak 1870.

Berikut ini kronologi musibah yang terus mengancam hingga hari-hari ke depan ini:

Rabu malam 3 November

Badan Geologi tidak bisa lagi bisa menghitung jumlah kegempaan Merapi saking meningkatnya aktivitas. Frekuensi kegempaan, termasuk awan panas, ditulis 'berentetan'.

Kamis 4 November

Kegempaan dan awan panas masih terjadi berentetan.

22.30 WIB

Gemuruh kencang terdengar dari Merapi. Gemuruh didengar hingga jarak 40 km dari Gunung Merapi. Warga mulai panik, terutama yang tinggal di pengungsian.

23.00 WIB

Suara gemuruh terus terdengar dari lereng Gunung Merapi di perbatasan Magelang-Yogyakarta. Gemuruh tersebut diduga berasal dari guguran material dan lahar dingin Merapi.

23.40 WIB

Gemuruh dari dari Gunung Merapi terdengar sangat keras. Setelah bunyi itu, Camat Pakem Budiharjo menginstruksikan pengungsi direlokasi. Pengungsi dari tiga kecamatan langsung dipindahkan.

Jumat 5 Oktober 00.30 WIB

Ratusan pengungsi dari Desa Krinjing yang mengungsi di Kecamatan Dukun, Magelang, yang mengungsi di balai Desa Tlatar, Kecamatan Sawangan, Magelang malam ini dievakuasi menuju balai Desa Deyangan, Kecamatan Mungkit, Magelang yang berjarak 30 km dari puncak merapi.

00.45 WIB

Hujan kerikil mulai dirasakan warga. Setelah gemuruh keras disertai getaran cukup keras dari Gunung Merapi di perbatasan Magelang-Yogyakarta, lereng Merapi dijatuhi hujan kerikil. Ribuan pengungsi berbondong-bondong turun Gunung menuju tempat yang aman.

01.00 WIB

Zona bahaya lereng Gunung Merapi diperluas menjadi 20 Km. Zona bahaya diperluas setelah terjadi gemuruh keras dan hujan kerikil di lereng Merapi. Staff Khusus Presiden Bidang Penanganan Bencana, Andi Arief mendapat laporan dari Kepala Pusat Vulkanolodi dan Mitigasi Bencana Dr Surono soal itu.

01.30 WIB

Hujan kerikil terjadi hingga kawasan UGM yang berjarak sekitar 25 km dari Merapi. Hujan kerikil bahkan dirasakan hingga selatan Yogyakarta yakni Taman Siswa, Sorosutan bahkan hingga Bantul.

02.00 WIB

Puluhan ribu pengungsi letusan Gunung Merapi memadati Stadion Maguwoharjo di Sleman, Yogyakarta. Sementara itu ribuan pengungsi lain tengah berbondong-bondong turun pos pengungsian menuju tempat relokasi pengungsian yang lebih jauh, mendekati pusat kota.

02.30 WIB

Kota Yogyakarta gelap gulita penuh abu vulkanik. Sebagian warga terjaga karena takut terjadi apa-apa. Tebalnya abu membuat proses evakuasi terhambat karena abu menutup kaca-kaca mobil. Jalur evakuasi juga gelap.

03.37 WIB

Korban luka mulai masuk ke RS Sardjito, Yogyakarta. Tak lama kemudian, sejumlah jenazah tiba di rumah sakit.

05.59 WIB

Korban tewas Merapi jadi 40 orang, puluhan lainnya luka-luka bakar sangat gawat. Korban kebanyakan bertempat tinggal di jarak 17 km dari Merapi yang sebelumnya masuk zona aman. Rumah-rumah di Cangkringan terbakar.

07.47 WIB

Bandara Adi Sutjipto ditutup mulai pukul 06.00 WIB - 09.00 WIB. Namun ternyata hingga pukul 11.00 WIB, bandara masih ditutup. Suasana gelap dan hujan abu serta pasir juga terasa di kota-kota selain Sleman seperti Purworejo, Magelang, Kulonprogo, Klaten, Purwokerto, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, hingga Ciamis. Kampus dan sekolah di Yogya libur.

08.38 WIB

SBY akan menggelar rapat khusus soal bencana Merapi pukul 13.30 WIB. Rakor bencana digelar di kantor Menko Kesra Agung Laksono.

09.00 WIB

Situasi di Yogyakarta masih kisruh. Abu vulkanik masih berlanjut. Pengungsi berpindah ke tempat yang lebih jauh dari Merapi seperti GOR Maguwaharjo, UGM, dan Pogung. Pengungsian di kampus UII di Jl Kaliurang yang semula dinyatakan aman, dipindah ke GOR Sleman. Asrama mahasiswa UII juga dikosongkan. Pengungsi semakin merangsek ke pusat Yogyakarta, 30 km dari Merapi.

09.06 WIB

RS Soeradji Klaten merawat 20 korban luka bakar akibat letusan Merapi. 

10.00 WIB

Walhi minta SBY menetapkan status bencana nasional untuk Merapi. Korban jiwa hingga saat ini mencapai 54 orang dan 66 orang luka bakar berat.

11.21 WIB

Bandara Adisutjipto memutuskan menutup bandara hingga jam kantor berakhir pada pukul 21.00 WIB. Kapan bandara dibuka lagi, menunggu perkembangan nanti malam hingga besok pagi. (ken/nrl) www.detik.com

Mengerikannnn..................

VIVAnews - Pengungsi yang ada barak-barak di lereng Merapi mengalir ke kota Yogyakarta. Selain di stadion sepak bola Maguwoharjo, pengungsi juga berdatangan ke kampus Universitas Gadjah Mada (UGM).

Menurut pantauan VIVAnews.com, seribu lebih pengungsi kini ditampung di lapangan basket di aula mahasiswa UGM. Mereka rata-rata adalah pengungsi pindahan yang sebelumnya ditampung di kampus Universitas Islam Indonesia (UII), yang terletak 14 kilometer dari puncak Merapi.

Kelelahan tampak di wajah para pengungsi. Suara sirine yang meraung-meraung membuat mereka makin ketakutan. Anton, warga Dusun Sudimoro yang letaknya 12 kilometer dari puncak Merapi menceritakan, situasi dari kampus UII sampai ke arah lereng Merapi bagai kota mati.

"Di sana tak ada aktivitas kecuali evakuasi dan ronda. Semua mengungsi," kata Anton, Jumat, 5 November 2010.
Rumah-rumah kos di dekat kampus UII juga kosong melompong. Pemandangan didominasi warna putih. Kabut tebal membuat jarak pandang hanya sekitar 10 meter, membuat kawasan itu susah ditembus sepeda motor. Hanya mobil dan truk yang mampu menembus dengan relatif mudah.

Sementara itu, seorang pengungsi yang lain, Mardi (70), warga Pakem Binangun, mengaku ini kali pertama ia mengungsi. Pada letusan sebelumnya, desanya tak pernah dinyatakan bahaya.

Tadi malam adalah malam yang panjang bagi Mardi dan pengungsi lainnya. Ia dan 10 tetangganya panik mengungsi ke kampus UII. Baru istirahat sejenak, pada pukul 00.00 WIB mereka dipindahkan ke UGM. "Saya terpisah dari anak dan istri. Sampai sekarang saya tidak tahu di mana mereka."

Menurut informasi, pengungsi di Maguwoharjo sudah mencapai 20 ribu orang. Hampir semua warga di barak pengungsi di lereng Merapi dialihkan ke sana. (Laporan: Juna Sanbawa, Yogyakarta | kd) www.vivanews.com
Sekali lagi...... Innalillahi Wa Inna 'ilaihi Raji'un.....

Nggak bisa gw membayangkan wajah-wajah penuh debu vulkanik itu.....

Udah gitu diberitakan Sungai Code bakal meluap...

Lahar dingin Merapi yang mengalir ke Kali Code yang membelah pusat kota Yogyakarta, telah meluap. Berdasarkan informasi dari warga yang tinggal di Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta, ketinggian air pukul 12.30 WIB sudah hampir melampaui tanggul. -www.detik.com
Semoga Jogja dalam damai....

Gw pengen exodus ke Singapura ini....

Now or Later (Sebuah pilihan yang sulit)

Selasa, November 02, 2010
Crossroad of Destiny

Kalo ada orang bilang mungkin hidup gw lagi in the crossroad of destiny. Di persimpangan takdir.

Gw banget. 

Lagi pusing ini. Gara-gara kejadian kemarin, gw jadi berpikiran multi-tasking, sampe mau mandi aja mikirin inversi, mau makan mikirin AVO... *iki tingkat lebai paling lebai*

Iya sih, kesempatan cuma sekali, tapi kalo urusan thesis dan gw blum siap betul, ditunjang dengan laporan KP yang masih revisi ketiga. 

Think about yourself!

Even you are ready, grab that chance!

My objection is just: travelling!
Diberdayakan oleh Blogger.