Petrovisit (Bagian 1)

Di depan PT. Pertamina Geotermal Energi


Kwak Kwak....

Agak males sebenernya memulai menulis seperti ini.. emang butuh kondisi yang pas.. contohnya pas hujan-hujan gini... ketika gw kaga bisa lari dari warnet.. ketika itu pula gw memutuskan untuk posting ini cerita...

Pada dasarnya gw mau nyeritain pengalaman gw yang sebenernya biasa aja... Seperti tahun-tahun sebelumnya, kalo awal tahun gini oasti dihiasi dengan liburan.. tahun lalu gw ke Bali ama Sidoarjo dengan modal nekat.. berangkat sengsara.. pulang foya-foya.. backpackeran setengah-setengah... prinsip model apaan tuh... En, akhirnya tahun ini gw (kembali) ke Bandung, dalam ajang yang dinamakan Petrovisit...

Sebenernya agak ambigu gitu ya, penamaan "petro-visit". Kunjungan kita yakni ke PGE (PT. Pertamina Geotermal Energi) yang jelas-jelas banyak bergerak di bidang geotermal. Trus kenapa namanya "petro". Gw pikir "petro" itu stand for "petroleum" atou setidaknya kita pergi ke perusahaan minyak.. Ujung-ujungnya gw ngerti, karena kita mengunjungi Museum Geologi, yang ada koleksi batuannya, maka "petro" disini artinya adalah "batuan"... Zzzttttttt...........



***

Dan, gw pun ikut acara ini sebagai peserta.. Acara ini diselenggarakan pada tanggal 16 hingga 19 Januari.. Semacam jalan-jalan tapi sebrayat... Keren!! Cekidot deh ceritanya:

16 Januari 2011

Hari ini hari keberangkatan... karena berangkatnya malem... praktis pagi siang sorenya gw kaga ada kerjaan,.. gw luntang-luntung kaga jelas.. ampe ngenet di bilangan Seturan sana... Ga tau, berasa lamaaa aja... plus males banget buat packing... apa yang mau di packing untuk sekedar jalan-jalan 3 hari including nginep sehari... Udah packing, akhirnya Gama (temen gw) dateng nyamperin sekalian nitipin motornya..  En, gw ama Gama jalan kaki menuju MIPA untuk kumpul di HMGF en diberi pengarahan akhir..

en... akhirnya, gw masuk ke bis 2, yakni bis kecil yang sebenernya gak begitu bagus, cuman udah terlanjurt pewe aja dimari.. maka ya mau pegimana lagi.. Hmm.... bis ini terdiri dari angkatan 2009 sebanyak beberapa orang setau gw ada Magon, Cecep, Faisal, Dharma, Desti, Paula.. Trus ada anak 2008 yang cuman segelintir di bis ini, yakni Erma, Aris, ama Andi doang!! Trus, ada juga anak 2007, gw, Gama, Kris, Firsan, Rasyad, ama David, ada anak 2005 juga, yakni Mas Qodar ama Mas Hafiz... Then, paling mendominasi suasana di bis yakni anak-anak 2010, yakni ada Moli, Gania, Tya, Bibi, Pipit, Indah, Asta, Ical, Novi, Dwiki (tambahan). Sejenak bis rame dengan guyonan anak-anak 2010, keadaan logistik pun berlebih karena emang pemain-pemain 2010 ini tajir-tajir sehingga apapun ada... Gw mikir kalo perjalanan tiga hari aja mereka bawa segitu gambrenk, pegimana besok mereka KL ato FGA.. satu kontainer kali ya dibawa... hahaha... ababil.. 

Praktis, gw ama Gama cuman diem.. sesekali ikut ketawa... tapi gak pernah yang memulai sebuah topik, kecuali nanya-nanya sebelah doang.. Ampe lelah tertidur.... en jalanan semakin tidak bersahabat... berliku-liku.. en gw dapet di posisi yang gak enak... argghhhh... gw males banget sebenernya naik bis kek gini... mendingan kereta deh....

17 Januari 2011

Masjid Agung Garut
Sampailah kita di Masjid Agung Garut... well... dinginnnnnn banget disini... Masjidnya bagus, karena sekalian dipadukan dengan area dogrun, jadi abis subuhan bisa langsung lari-lari pagi sambil menyesap kopi hangat yang maknyuss... keren!! Yak, di mesjid ini gw diharuskan mandi.... setidaknya membasuh belek... membersihkan ketek.. danberganti pakaian yang resmi, secara mau ke Pertamina.... hwhwhahaha...

lalala..... naik bis lagi.... trus jalan lagi sampai ke Pertamina.... welll....... suasana bener-bener lebih dingin dari pada di mesjid tadi... Asik.... Asik buat kimpoi nih...

dan di sini kita disambut dengan baik.. terutama WCnya... pegimana mau pipis kalo di dalam bis... untungnya ada WC di pertamina... jadi bisa pipis... sekalian cek in foursquare... bwahahaha.... lanjut, ada presentasi dari Pertamina.... bla bla bla.....

*Gw kebelet boker*

Suasana pas presentasi dari Pertamina...

Alhasil gw balik dari boker, presentasi udah memasuki sesi tanya jawab... zzzttttt...... what so ever dehhh.... Setidaknya gw paham.. karena gw udah ambil geotermal.. pertanyaan-pertanyaan yang ada pun hanya seputar injeksi, vapour-dominated, ama liquid-dominated... sipirili....

GIC... rak-rak yang penuh dengan sampel-sampel coring dan cutting...
Lanjut kita ke lokasi berikutnya yakni GIC, ini saingannya SIC gw pikir... Geothermal Information Center.. Di gedung ini nggak ada komputernya... gak ada juga mbak-mbak yang rewel en suka ngrasani orang yang dateng... yang sana adalah semua benda mati... semua isinya hasil coring ama cutting yang dihasilkan dari pengeboran sumur-sumur geotermal di beberapa lokasi milik Pertamina di seluruh Indonesia... Keren dehh!!!

Penjelasan di lapangan...
Dan.... lanjut!!!! kita ke sumur produksi unit berapa gitu gw kaga ngerti.. pokoknya ada lapang luas gitu en ada semacam bor en uap injeksi gitu... standar HSE dari Pertamina mewajibkan setiap pengunjung menggunakan helm.. tapi berubah menjadi standar foto-foto, semacam aksesoris tambahan yang keyenn.... Intinya jalan-jalan.... Hahahaha..... Di sumur Unit 4 kita kaga boleh masuk, katanya terlalu berbahaya, ya sudahlahh....

Pendingin.. entah apa.. semacam kapal Titanic... di Indonesia Power..

Lanjut lagi... ke Pertamina lagi.. balik... ceritanya kunjungan udah selesei.. saatnya lanjut ke perusahaan lain, yakni Indonesia Power.. yakni anak perusahaan PLN yang beroperasi se Jawa Bali, dan pembangkitnya salah satunya ada di Kamojang ini... dan, gw melakukan kunjungan kemari.... pas banget sama kabut yang sedang bagus-bagusnya menyerang lokasi ini.... dinginnyaaaa alamakjang sekali!!!!

Sesi foto-foto bersama angkatan 2009... sambil menunggu waktu...
Yang ini bersama angkatan 2010 + Mas Qodar.... hahahaha :3
Tapi, sayangnya si perusahaannya sedang ada meeting, sehingga mau gak mau kunjungan di delay beberapa menit, buat foto-foto dulu plus sholat di mushola kecil di sana... Seperti biasa, sepertinya angkatan 2009 ama 2010 blum punya kemistri yang kuat,, foto aja mereka masih bener-bener keliatan geng-geng-an banget... tapi, buat gw kaga masalah, karena gw bisa difoto dimana aja.. hahahaha....

Ruangan ini pun penuh sesak....
Masuk ke ruangan yang begitu kecil, semacam ruang rapat rahasia organisasi jubah hitam ala Conan gitu, ternyata tempat ini tidak kuat menampung anak-anak geofisika yang super Alay ini... minuman yang disediakan di pojok ruangan pun akhirnya harus habis... hahahaha.. mbladog semua!! Was wes wos... sepertinya diterangin sama si presenter dari IP itu, tentang sistem kelistrikan dan sistem pembangkit.. tapi gw yang Elektronika Geofisisnya cuman dapet B pun nggak mengerti sama sekali dan melilih untuk tidur saja... hahahahaha..... 

Dan akhirnya ada saat-saat jalan-jalan di perusahaan pembangkit listrik ini... Menyenangkan... foto-foto di pembangkit.. di generator yang bisingnya bukan main itu... tanpa HSE... bandingkan dengan Pertamina tadi, jelas-jelas mereka melindungi tamunya dengan baik... berbeda cukup signifikan dengan yang ini.... Haihhh.... Tapi lumayan.... menyenangkan!!!

Kemudian... udah capek.. semua capek.. panitia lebih capek... kita bergegas menyudahi hari ini dengan segera menuju Mess Indonesia Power yang ada di dataran yang lebih rendah... Dan, memang!!! akhirnya gw pernah merasakan tempat menginap paling mewah selama gw hampir 4 tahun di geofisika ini... gw dapet bed sendiri... dapet selimut sendiri... walo kamar-mandinya agak pegimana gitu sih... tapii... Keren!!! Panitia surveinya mantap!! Mana murah lagi...

Sharing
Acara malam dilanjutkan dengan makan malam berjamaah, dan sharing *gak penting* karena seharusnya kalo gw boleh usul, lebih bagus diisi dengan semacam hiburan, pentas seni per angkatan po piye... yang penting, bukan seperti sharing yang ujung-ujungnya malah mbahas suksesi HMGF... zzztttt.... Aihhh... gw sibuk mainan twitter ama Theo di belakang... Cen.. Ra patut!!!

Dan... malamnya anak-anak 2008 berpesta lagu C.I.N.T.A dengan sasaran utama si Ninda ama Pipit 2010... dengan korban si Wildan ama si Ivan,,, hahahaha... kasian bener dahhh..... LOL banget dah!!! Liriknya mantap!!!

Cekidot dah :


Oke... sekian yaa.... besok posting lagi bagian 2nya..... Well.... capek tangan gw...

1 komentar

Gama mengatakan...

manteb cenen t4 penginapanne, tp hal sing paling berkesan koyomen nyanyian CINTA kuwi cenen. njuk piye rasane bocah wadon loro kuwi yo. hhh

Diberdayakan oleh Blogger.