Schlumberger Test


Actually, I just try my luck to join the Schlumberger Test today (7/2/2011). I just attended the jobfair that is being held by ECC at Graha Sabha Pramana and I saw my friends in the queues and I just follow them to did so.. Lhhhaaaa...... kebawa nih pake bahasa inggriss gara-gara tes barusan.... *sok banget*

Ya udin... sekarang pake bahasa alay.. ato bahasa ababil... ato bahasa apa yaaa??? 


Jadi, pokoknya akhirnya gw dapet tuh SMS panggilan tes dari Schlumberger (singkat: SLB) jam 7 malem tanggal 6 kemarin... Tepatnya pas gw ada di kosnya si Beny, temen KKN gw... Well... Isinya nyuruh gw dateng ke Gedung Arsitektur Ruang Kuliah 1.. Dan, karena semuya pelamar yang berjumlah 1124 (seribu seratus dua puluh empat) ini semuanya punya kesempatan dan chance yang sama *opo bedone*. 

Bayangin dah.. seribu manusia memenuhi ruang kuliah di Arsitektur ini.. bener-bener gw merasakan suasana pathetic berlebih di sini.... Semua orang terlihat seperti teman, tapi sebenernya di balik hunusan sorotan mata meraka, tersimpan sejuta perasaan ingin mengalahkan satu sama lain di ruangan interview ini... Pokoknya suasana yang bisa gw lukiskan adalah : PANAS tingkat dewa...

Anak geofis yang ikut adalah gw, Dikcy, Didi, Agus, Mukhlis, Zuhdi, Mita, Astha, Gigih, Mbak Prita, Mas Yudho, ama Mas Fonny... Banyak juga yaa... En, gw sepertinya salah kostum.... Dari 1124 manusia yang ada di ruangan ini,,, cuman ada sekitar 5 orang yang memakai batik... dan cuman gw yang batiknya mendominasi... batik jawa bener-bener.... Gw sepertinya salah tempat deh nihh.... Tapi, whatsoever dah... yang penting eksis.... Niatnya gw cuman pengen ngerasain atmosfernya aja sih... Nggak ada harapan banget buat lanjut... ato sampe HRD... So, let's check this out!!

Leg 1. Communicative Skills Test
Peserta = 1124 orang
Jam = 8.00 am
Remaining Geophysics = Semua yang gw bilang di atas...

Okay, seperti gw bilang, ini bagian test awal paling patetik.... udah banyak manusia... trus sistem yang geje di awal membuat gw agak gimanaa gitu... Awalnya gw janjian buat fitness jam 11, means gw harus paling enggak hengkang dari tempat ini jam segitu lah.. So, gw masuk secepatnya en harus berjejalan ama banyak bener manusia.. ini membuat make-up gw luntur (baca: keringatan)..

Dan.. tes pertama ini adalah tes yang mengukur seberapa bagus kemampuan bahasa inggris anda... dalam waktu 3 menit atau kurang, lo bakal dikasi sebuah pertanyaan trus lo jawab tuh pertanyaan semampu lo..

Pertanyaan gw: "Could you tell me what you know about organization?"

Untung gw ambil kewirausahaan, so, gw bisa jawab nih pertanyaan... sebenernya intinya adalah english ability lo... jadi kalo bisa sih jangan kepotong sewaktu lo ngucapin argumen lo... En, tetep fokus... jangan mengalihkan pembicaraan ke hal-hal yang jauh menyimpang atau lo bakal distop ama si user,,, Ampun dahhh.... Gw jawab sekiranya aja... trus cabut... pengen fitness *sebenernya*

Gara-gara lama bener tuh penilaiannya, maka gw ama temen-temen mutusin untuk makan di klaster dulu... laper cahhh.... pagi blum makan... plus.. jam 11 kurang kita balik ke Arsitektur untuk nungguin pengumuman saiapa aja yang bakal lolos.... dengan muka undergraduate, gw clingak-clinguk kek orang susah... ditengah-tengah kerumunan manusia itu... Akhirnya gw LOLOS...

Leg 2. Physics and Mathematics Test
Peserta = 100 orang
Jam = 11.00 am
Remaining Geophysics = Gw, Mas Fonny, Mas Yudho, Mbak Pritta, Gigih, Astha...

Sebenernya gw gak nyangka bisa masuk... Terpaksa deh gw harus ngensel janjian fitness ama temen SMA gw... So, fine.... Di awali dengan mendengarkan presentasi dari SLB... trus baru masuk ke tahap 2, yakni semacam tes akademik... soalnya cuman fisika ama matematika.. nomornya banyakk.... padahal gw udah lupa semua bagian listrik dinamis...apalah impedansi... rumuse lali.... waduhh..... Walo sebagian sih gampang, tapi gw merasa beberapa gw kaga paham pertanyaannya, jadi akibatnya gw ngasal.... Agak bangga juga sih ngalahin 1000 kompetitor lain.... termasuk Agus, yang gak gw duga banget dia bisa gak masuk tahap ini.... Ending tes ini adalah soal psikotes, soal menggambar yang geje gitu... dan... setelah nunggu pengumuman... akhirnya LOLOS juga...

Leg 3. Group Dynamic Test
Peserta = 84 orang
Jam = 14.30 am
Remaining Geophysics = Gw, Astha, Mas Yudho, Mas Fonny, Mbak Pritta...

Ini adalah test yang dikelompokkan secara alfabetikal... satu grup terdiri dari 6 hingga 7 orang, trus dikasi masalah yang agak susah... en harus mendiskusikan alternatif apa yang kudu diambil oleh tim ini... dalam bahasa inggris... 
Dan... inilah test yang paling gw benci... Agak nggak adil gitu dahh... Yahh.. pas gw ngomong, gak ada user disekitar gw.. tapi pas temen gw lainnya ngomong, di catet dah ama user... zzzttt.... mau gw sela... gw gak ada kekuatan.. Gw sebenernya pasrah di sini... tapi... sejenak gw kayak agak ngarep juga di sini... Walo emang sih kemampuan bahasa inggris gw gak level abis ama temen gw setim... Gw paling enggak menyodorkan beberapa opsi... tapi, yo wis lahh... ra digagas ama si user user itu... Apa gara-gara batik membuat mereka ilfil.... Okay.... akan menjadi pelajaran bagi gw... dan setelah pengumuman gw NGGAK LOLOS... Fail.... Seiring dengan hujan... *nyanyi without you - 2PM*

Leg 4. HRD Test
Peserta = Approx 42 orang
Jam = besok (8/2/2011)
Remaining Geophysics = Mbak Prita + Mas Yudho

Selamat deh buat Mbak Prita ama Mas Yudho yang masih bertahan dan bersiap bertemu HRD besok di Hotel Novotel.... Fighting!!!

Dan.. gw kudu balik lagi ke rutinitas gw... bikin proposal TA aja blum kelas udah ngimpi mau kerja di SLB wae... Kadang kalo kita mimpi ketinggian, kita perlu orang lain untuk membangunkan kita... Hahaha...

Life is Hard bung!!!

6 komentar

Gama mengatakan...

wah, keren ya pengalamannya. seru2...

annas mengatakan...

yang penting tetep semangat y adek2.. .masih banyak kesempatan dan yg pasti pengalaman itu sangat berharga.. :). Sip2 buat share-nya.

Beny Yulanta Putra mengatakan...

sangar koe son, suk neh nak meh daftar jobfair ngajak2 @.@

Ikhul mengatakan...

sip, sip, sip... sing penting wis ono pengalaman. Termasuk apik ohw, wis lolos macem2 tes...

miss tiyya mengatakan...

keren mason.. tinggal ketemu hrd tuh padahal.. tp tetep.. fighting! :D
btw, kata2 terakhirnya kayaknya kenal tuh.. raditya dika khan? --"

Sony Adam S mengatakan...

Masak??? keknya aku bikin sendiri deh

Diberdayakan oleh Blogger.