(Is It) The End Of This Academy?

Senin, Juni 27, 2011
Kalo dulu gw masuk ke geofisika en menjalani hari-hari OPMG... Seperti sebuah kaledioskop waktu...Gak nyangka bisa berakhir sedemikian cepat...

Sebenernya bukan berakhir.. tapi istilahnya sudah menjalani semua mata kuliah dengan tenang *bahasane* paling tidak tinggal tugas akhir lahh...

Gw jadi inget semua hal yang pernah kita jalani... kita hadapi... kita lalui bersama... Mulai dari OPMG jaman dulu kala kita... Sampe dimarahin gara-gara bubernya sok idealis... Trus geohazard masa awal yang membuat gw jadi konsumsi... Sampe dimarahin Masnya Siti... Sampe tersenyum bangga saat nilai kalkulus dapet bagus dan cuman tiga orang sekelas... Ada rasa haru di setiap momennya..

*masih ndegerin lagunya Adithia Sofyan di postingan sebelumnya*

Masih inget gimana masa-masa asistensi tugas lab di lab fisika itu... gimana rasanya pacaran walo cuman setahun, gimana rasanya rame-rame fieldtrip geostruk... belajar Manpro.. garap tugas bareng... menghabiskan malam-malam lapuk bersama demi tugas yang makin ngeri... perpetaan... seismik... masih inget gimana asiknya ngedit film yang dapet posisi paling jelek... en bertepatan ama hari putusnya gw.. 

Masih inget juga waktu malesnya masuk kuliah.. IG.. Gelombang... haha... Masih inget juga seringnya kita ke klaster sampe hafal en dihapalin ama mbak-mbaknya.. GE.. sangon, kamojang, kuwu.. masih segar di ingatan gw.. mungkin kita.. Masih inget juga pengalaman karaoke pertama gw.. KL yang menyenangkan.. Non-seismik yang capekkk berkesan dan membuat rindu.. Daki puncak Merapi dengan sejuta kekuatan... Bantu relawan Merapi.. Sundak.. Kelud.. Every places... I miss it indeed....

Apakah ini akhir dari segalanya?

Gw bersyukur punya temen-temen sebaik kalian... Mulai dari Siti yang cerewet tingkat kecamatan sampe Ali yang hobi banget foto... Sampe gw mikir.. demi apa gw ngehapalin NIM anak-anak 2007... Thanks for everything.. Dari Dhea yang pipinya offset sampe Gama yang jadi deket ama anak 2008... Dari Kris yang akhirnya punya pasangan hidup sampe Dicky yang gw tahu kita berjuang dan gagal bersama.. sedihnya... Dari pasangan-pasangan geofisika 2007, Arie-Nevi, David-Astha, Nike-Yudis... walo kadang membuat galau, tapi itu bagian dari bingkai cerita angkatan ini... Cerita lain juga dari Made yang lulus duluan.. Lupek yang pernah ganti style jadi Charlie.. Didi yang makin kayak mak-mak.. Iwan yang selalu mau aja makan jam berapa pun kapan pun dimana pun.. Mukhlis yang udah berani mengutarakan perasaannya... hahaha... Every human has their own stories...

Hari ini... Kita berfoto bersama di depan almamater tercinta... Semoga, persahabatan ini terus terikat, walao mungkin suatu saat nanti kita sudah tak kan pernah bertemu... 

Febrian Arie Photography (c) 2011

After The Rain

Senin, Juni 27, 2011
 
If I could bottled the smell of the wet land after the rain
I’d make it a perfume and send it to your house
If one in a million stars suddenly will hit satellite
I’ll pick some pieces, they’ll be on your way

In a far land across
You’re standing at the sea
Then the wind blows the scent
And that little star will there to guide me

If only I could find my way to the ocean
I’m already there with you
If somewhere down the line
We will never get to meet
I’ll always wait for you after the rain


Sejenak… malem-malem gini gw buka video covernya si Reza Rahardjo, anak HI, temen gw KKN… Sejatinya, gw kaga pernah tau atau simpelnya gw blum pernah denger lagunya si Adithia Sofyan ini… Mungkin cuman sebuah bedsong yang klise, tapi gw merasa ada yang berbeda…

Entah kenapa pas banget ama suasana malem, eh pagi ini… Jam gw menunjukkan pukul 1:05 malam… Suara makhluk malam mungkin bersahutan di luar sana… Dinginnya jogja, membuat malam ini semakin enak…

Sumber Gambar : Sini

Antara Master Chef dan Phuket

Kamis, Juni 23, 2011
Fero... Si Bey ngefans banget... gw juga..
Sup Tomyam Daging Ampas Sapi
Nasi Goreng TomYam ala Bey
Salad Buah with Mayo ala Phuket Restaurant
Gara-gara Master Chef Indonesia… Ini semua kejadian…

Apalagi kalo kaga si Bey ngajak gw makan di Phuket… Phuket itu semacam kota di Thailand.. Bukan berarti gw lagi di Thailand, tapi ada semacam restoran Thailand gitu di dekat kos-annya si Bey. Dan, karena jiwa penasaran dan rasa ingin tau kami tinggi, maka dicobalah Phuket ini.

Kenapa gara-gara MCI (Master Chef Indonesia)? Ya.. gara-gara si Bey kecanduan nonton program ini, en begitu juga gw.. Plus jadi fans clubnya Fero… hahaha… Adalah kita pesen makanan di Phuket ini dengan mempertimbangkan semua rasa dan presentasi… Gaya MCI banget dah…

Gw bingung… so gw pesen Sup Tomyam Daging Sapi… minumnya es teh biasa… Menurut gw sih, porsinya kebanyakaaannn… Kayaknya emang disesuaikan ama banyaknya orang deh… Makanya dikasih mangkok pun dua.. Dari segi rasa sih…. Segeeeeeeeeerrrrrrrr banget… Asamnya dapet banget… Konten supnya selain daging sapi ada semacam jahe/lengkuas ama rempon kayak serai.. Trus ada jamurnya juga.. Yang bikin asem adalah daun jeruknya, entah daun jeruk apaan.. Tapi… bikin satu wadah full Sup Tomyam ini jadi berasa terlalu banyak…

Si Bey pesen Nasi Goreng Pattaya yang disejajarkan ama Nasi Goreng Tomyam, trus minumannya dia pilih teh Thai… Teh Thainya ini adalah semacam coffeetea, teh tarik yang komposisi susunya lebih banyak daripada tehnya, jadi rasanya cenderung enak banget… Kalo diaduk jadinya warnanya putih, gak coklat kayak teh tarik… Trus Nasi goreng tomyamnya rasanya enak.. Full of rempah, ditambah lagi-lagi asam dari daun jeruk itu.. Nice!! Tapi, menurut si Bey, nasi goreng tomyam ala Phuket gak sama kayak nasi goreng ala Pattaya.. Kalo ala Pattaya nasinya bakalan merah dan lebih enak…

Hidangan penutup dibelikan ama si Bey, berupa salad buah ala Phuket.. Secara presentasi sih menarik banget… Ada tiga macam buah yang diambil potong dadu ama diserut bola.. Ada melon, ada semangka, dan pepaya. Tiga buah ini dimix dengan mayonnaise dan garnishnya pake daun selada.. Well… Buat gw sih.. kesan seger dari buahnya udah ilang kemakan si mayonya.. Jadinya rasanya enek… Kecuali semangka, karena ada air didalamnya.. Kalo melon gw rasa udah enek banget..

Begitulah kita mencoba menjadi juri MCI… gahahahaha… Yang penting dari sebuah masakan adalah presentasi… kalo kaga menarik yo mana ada yang mau makan… So, next restaurant???? Dunno… Gw kaga punya duit lagi..

Jakarta: Bakrie Tower dan Wawancara TA

Selasa, Juni 21, 2011
Sekedar melanjutkan postingan tentang Jakarta kemarin,,

Anu eh anu… Jakarta di pagi hari adalah sebuah momok tersendiri… Bagi gw yang lama menghabiskan waktu di kota yang berhati nyaman, gw tidak bisa mengikuti denyut nadi orang-orang Jakarta ini. Jam sepagi itu kudu harus mandi en sarapan… Kadang orang Jakarta kaga bisa sarapan… Makanan pagi ya biasanya cuman nasi rames ala Jakarta yang mahal dan membosankan.. Tapi itu wajib biar gak kelaparan di dalam angkot.. Ribuan manusia hilir mudik lalu lalang dalam keramaian.. Masing-masing manusia bekerja sesuai kerjaannya.. Semacam gak tenang gitu ya tinggal di Jakarta..

Korean Update (Mei Juni 2011)

Selasa, Juni 21, 2011

Annyeonghaseyo..... Naui chingu... mianhe gw kaga update MV korea lagi selama hampir dua bulan ini... secara gw males.com en sibuk banget ama kegiatan FC sebulan yang lalu... Oke, daripada kaga ada update MV, mendingan markicekidot....

B2ST - Fiction
Note : Lagu yang lumayan keren... dancenya juga bagus... Emang si B2ST ini isa membuat perpaduan yang bagus.. Lagu ini tidak menampilkan beat yang diatas, semi mellow, lanjutan dari The Fact yang menurut gw juga bagus... Lagu lain ada On The Rainy Days... Hmm.... Sama bagusnya....


FT Island - Hello Hello
Note : Mantap.... Settingnya di luar negeri *atau emang dibikin begitu* ala pemadan kebakaran.,.. menurut gw konsep noir ini bagus, kayak Jang Geun Suk itu lah... Lagu ini secara lirik bagus kok... beda ama lagu sebelumnya.. 


Boyfriend - Boyfriend
Note : Generasi baru saingannya INfinite, ZE:A, ama B1A4.. Konsepnya ceria.. jadi emang bagus sih... Ada yang kembar juga... Entah sopo namanya.. KWangmin atau siapa gw lupa...


Secret - Starlight Moonlight
Note :Lagu slow... videonya apik.... nadanya lembut en bagus... 


Various Artist - I'm So Loving You
Note : Gabungan JYJ Big bang ama 2PM ama penyanyi-penyanyi solo... hasilnya keren... Lagu ceria sih... Wajib punya tuh buat Hottest ama VIP.... haha


SHINee - Replay (Japanese Version)
Note : Dari dulu bjuga gw suka ama lagu SHINee itu dancenya bagian kaki... kompak bener... trus liriknya juga bagus... Cuman karena SHINee udah mulai debut di Jepang ama di Inggris (sekarang), jadi udah mulai mendunia sekali si SHINee ini.... Nuna neomu yepposo... hahaha.... 


Sunny Hill - Midnight Circus
Note : Lagunya sih apik... konsep videonya keren banget... ama Ki Kwang segala... hahaha... Ga tau kenapa si @putrisupri suka banget ama lagu ini...


A Pink - Wishlist
Note : Menurut gw bagusan Rainbow deh.... ckckck... MVnya kurang berwarna en personilnya kurang menjual... hahahaha


Sistar19 - Ma Boy
Note : Sempilan dari Sistar ini emang yahud.. anggotanya dipilih yang paling "menonjol" hahaha... Keren Keren... Lagunya up beat en goyangan badannya "menjual" sekali...


4MEN - Once While Living
Note : Another Ballad grup selain 2AM.... Suaranya dewa banget...... Gak jualan dance, tapi jualan suara... mantap jaya!!!


Kim Hyun Jung - Breakdown
Note : Sebenernya gw kaga suka penampil solo... misal KHJ s\jebolan SS501 ini.. udah inisialnya sama, gw kaga bisa mbedain lagi... Lagunya biasa wae..


f(x) - Hot Summer
Note : Ini lagu paling terakhir di bulan Juni minggu ketiga... Saingannya ada 2PM, tapi berhubung lagu 2PM baru rulis hari ini, jadi blum sempat gw upload.. karena gw bulm lihat... Lagu Hot Summer ini bagus... dekorasi merah semua... konsep Hot kali yaa... gerakannya juga mudah diingat... En, satu yang gw seneng adalah si Amber tumben mau ikutan nyanyi... hehehe


Segitu dulu....

Tutup Lubang Gali Lubang...

Minggu, Juni 19, 2011
Gali lubang tutup lubang…

Kalo lo pernah merasa berbuat sesuatu hal yang nggak bener, efeknya bakal terjadi sama lo gak pada saat yang sama.. Efeknya akan terasa di masa depan…

Sebuah makna yang gw inget bener dari khutbah jum’at kemarin… How to make your life easier is just, you must have a 100% trust to Allah, our Creator…

Ini bukan muslim.org atau semacamnya. Mungkin jarang banget gw posting yang berbau relogi begini, tapi sekedar share aja ke onliners sekalian, khususnya yang muslim. Menurut khutbah kemarin, dalam hidup itu banyak hal yang tanpa sengaja kita lakukan… Baik yang bener maupun yang kaga bener… Kita banyak melakukan dosa kecil, bahkan dosa besar, suka mengundur-undur waktu sholat, suka ngeliat yang bukan haknya untuk dilihat. Astaghfirullah…

Di sini bukan berarti gw udah kaga ngelakuin yang begituan.. Khutbah itu seperti memperingatkan gw atas banyak masalah yang gw hadapi akhir-akhir ini. Orang yang hidupnya selalu enak bukan berarti tidak luput dari ujianNya, hanya Ia menunggu waktu yang tepat untuk menguji hambaNya. 
 
QS. Ali Imran : 136
Masalah kerjaan, masalah jodoh, masalah penyakit, segalanya dibahas tuntas di khutbah jumat itu… Dalam Qur’an Surah Ali-Imran Ayat 136 dan 137, Allah menjelaskan itu… Pokoknya yang pantas untuk dimintai permitaan tolong adalah Allah, bukan manusia, apalagi dukun… Zzzztt… Heran juga gw sama beberapa orang yang di tahun 2011 ini masih aja percaya ama dukun.. beberapa gw perhatiin ini orang berjilbab… Astaghfirullah.. Ampuni mereka Ya Allah…

Gw denger khutbah sambil menitikkan air mata, mungkin menyesali apa-apa aja yang udah gw perbuat selama ini… Dengan kekuatan untuk menjadi manusia yang lebih berguna ke depannya…

Kemudian, ternyata gw dapet kabar yang tak disangka-sangka, yakni Pakde gw yang di Semarang meninggal dunia.. Buat gw, gw jadi terbayang apa apa aja persiapan gw sebelum kematian menjemput gw… Dalam semua doa, gw meminta yang terbaik untuk beliau, untuk Bapak gw juga… Di hari Bapak sedunia ini, gw merasa kehilangan sosok Bapak.. jauh dari lubuk hatiku… *speechless* 26 Februari 2005 gw kehilangan sosok Ayah dalam hidup gw, sekarang 18 Juni 2011 giliran Pakde gw… Seperti Russian Roulete, kematian itu hanyalah permainan statistika, peluang… Yang pasti, gw kudu persiapkan itu… Setidaknya berusaha untuk ke arah itu…

Hmmffhh…

*NB : Postingan ini bukan berarti gw jadi lebih sok suci atau pegimana… Gw hanya mereview khutbah yang gw suka…

Jakarta: Anatara Sakit dan Sebuah Keharusan

Minggu, Juni 19, 2011

Abis Field Camp, yang ada gw kena sebuah penyakit yang cukup merepotkan.. Tapi gw anggap ini ujian buat gw sekaligus peringatan dari Allah.. Mungkin banyak perbuatan gw yang salah.. Mungkin banyak dosa yang gw perbuat.. Jadilah gw dikasih sakit Migrain..

Mungkin awalnya adalah karena gw seminggu tidur di lantai yang kaga ada bantal, jadi leher bagian belakang gw terasa pegel bukan buatan.. Dan ini berefek ke kepala gw.. Kepala gw jadi berat en tiap 12 jam sekali terjadi sebuah reaksi pusing di sebelah kiri kepala mencengkram hebat hingga mata.. Jadi kalo dah gini mata gw kayak ditarik mau keluar, ototnya kontraksi seiring ama denyut pusingnya… Pokoknya hebat!! Kalo gw kaga bisa nahan sakitnya, biasanya gw langsung mual trus langsung muntah-muntah..

Sampe akhirnya beberapa hari sesudahnya gw beranikan diri untuk memeriksakan diri ke rumah sakit, Panti Rapih.. sebenernya mau pake GMC tapi gw kaga kuat kalo kudu ke kampus trus minta ini itu blab la bla… Untung ada Iwan Affandi, temen gw yang mau nganterin gw ke rumah sakit… hahahaha… Ternyata rumah sakit itu udah berbenah en udah komputerisasi banget.. hebat… Padahal dulu biasa banget.. *secara gw dulu langganan Panti Rapih, tiap minggu pasti masuk sini, en gw udah pernah nyicipi semua fasilitas mulai dari ruang operasi, sampe X-Ray-nya… semuanya pernah deh.. haha plus gw lahir disini en diinkubator selama berhari-hari… hoho*

Nah, ditengah-tengah sakit ini gw iseng-iseng bukak email via HP gw *critanya gw blum punya koneksi internet kayak sekarang*. Ternyata ada invitation untuk wawancara atau interview di kantor Energi Mega Persada, di Kuningan, Jakarta sono.. EDAN!! Kondisi badan masih setengah melayang.. Malah dapet berita kek gitu.. Langsung aja gw kasi tau ke nyokap, karena gw pas tiduran di ruang tivi.. Ya udah, mo pegimana lagi, gw kudu segara menyiapkan segala persyaratan yang dibutuhkan..

Yang paling malesin adalah gw kudu bikin proposal.. Setau gw kaga ada dulu disuruh bikin proposal segala.. Nama juga mereka yang nentuin judul, jadi gw ya pasti ngikut aja apa yang mereka mau.. Jadi ketika disuru bikin proposal, ujungnya gw bingung.. Dalam HANYA sehari, dan dengan kondisi gw yang masih suka kumat tiap 12 jam itu.. Gw niatkan tekat dalam hari itu proposal jadi.. Pusing gw tambah pusing waktu gw kehilangan formulir asli gw.. Formulir asli gw yang ada fotonya hilang.. So, gw minta tolong Nike yang waktu itu lagi ada di kampus untuk maintain formulir EMP lagi ke Pak Bambang.. Maacih buat Nike…

Satu malam gw buat proposal, satu hari kemudian gw nyari Pak Sis selaku dosen pembimbing Tugas Akhir gw untuk juga tanda tangan di proposal gw.. Karena Pak Sis merangkap Kepala Program Studi Geofisika, maka lebih enak, jadi sekali jalan, dua tempat tanda tangan terisi… Tapi… menunggu Pak Sisi ini seharian.. Dari pagi gw telpon ternyata beliau sedang ada di Salatiga, sampe akhirnya gw tunggu aja di selasar MIPA, jam 9 malam. Gw pun jadi sempet ngobrol-ngobrol ama satpamnya… hahah…

Blum lagi masalah tiket… Gw bingung… Gw mau ke Jakarta pake apa? Antara bis ama kereta? Gw pasti lebih milih kereta… Gw? Sendirian? Ini baru pertama kali dalam sejarah gw… ya udah, gw ama om gw pergi ke tempat reservasi tiket di daerah sarkem sana… en, bujugg buseettt… banyak banget orang di sini… EN… TIKETNYA HABIS… tiket direct ke Jakarta udah habis… Padahal harusnya gw naik Senja Utama ato Fajar Utama… Semuanya SOLD OUT..

Beneran deh nih… Akhirnya gw memutuskan untuk beli tiket Jogja – Bandung, trus nantinya dilanjutkan Bandung – Jakarta… KA Lodaya, kelas bisnis…

Karena gw paling hobi pake jasa KA Ekonomi, maka pake kereta bisnis itu buat gw jarang banget… Ya udah, akhirnya besoknya gw packing trus gw langsung aja berangkat ke Jakarta, dianterin om gw…

Jadilah gw mengarungi rute Jogja – Bandung via jalur selatan… Awalnya sih cepet banget nih kereta, tapi jadi lambat setelah masuk ke Tasikmalaya… Ketika kereta udah melalui bukit-bukit itu.. Sumpah, ini membuat jadwal kedatangkan kereta di Stasiun Bandung jadi rewo… Mana, gw sendirian, kaga ada temen… Mbak mbak sebelah pun nerd banget… tak ajak ngomong tapi kaga digubris… anjirrr… Dia cuman mainan Blackberrynya mulu… Asengg!!! Jadilah perjalanan gw yang garing kerontang… Makanya gw saban perjalanan selalu update twitter… sampe dibilang kaga pernah naik kereta ama si Mas Jimbo ama Linda… zzztt… marmos…

Dan akhirnya pun gw sampe Bandung jam 18.00… Padahal tadi gw berangkat jam 09.30 pagi…. Sungguh perjuangan tutup mulut yang hebat… Sampe bandung langsung gw beli tiket KA Argo Parahyangan jurusan Bandung – Jakarta, armada terakhir yang menuju Jakarta malam itu… berangkat jam 20.00… Means masih ada dua jam.. En, gw pake buat MCK, mumpung yang gw temui cuman hokben di stasiun ini, yowes, maem hokben aja dahh… En, abis itu gw pastikan KA gw ada di jalur berapa dan sebagainya-sebagainya…

Tepat pukul 20.00 gw masuk kereta en sebelah gw ternyata bapak-bapak yang juga BBan… Haduh… mungkin orang tanpa BB sekarang bisa dihitung apa ya?? Bingung gw… Tapi, mendinglah, bapak ini masih mau ngomong barang sebentar… abis itu dia ngerokok dengan santainya… Ckckck… Sebenernya beda bisnis ama ekonomi emang terlalu sedikit…

Dan, akhirnya am 23.30 lebih gw sampai di Stasiun Gambir, Jakarta… En, karena sebelumnya gw udah bikin janji ama sodara gw di Jakarta, namanya Risma, cewek yang mungkin lebih tua setahun dua tahun dari gw, doi tinggal di bilangan kolong jembatan Stasiun Tanah Abang.

Dan, langsung aja, turun dari stasiun, langsung ambil tukang ojek, berapa pun deh asal masih logis, gw bayar… Ya udah, langsung aja gw naik, en akhirnya gw lihat Jakarta, Ibukota negara ini di malam hari… ternyata kepala gw blum sepenuhnya beres… Liat gedung-gedung pencakar langit kayak gitu… Otak gw pusing entah kemana…. Tempat yang harusnya deket, jadi berasa jauhhhhhhhhhhhhhh banget…. Pancen…

Akhirnya sampe di rumah sodara, en dapet Sate Ayam yang ukurannya oversize… Kenyang!! Mantap!! Trus langsung tidur deh setelah ngobrol beberapa topik tentang keluarga.. hahahaha… tidur… dan bersiap buat besok…

Bersambung... 

Breakthru FRIGOL Case 01 - 10 (Official Answer)

Sabtu, Juni 18, 2011
01
Case paling gampang… Cluenya sih WYSIWYG.. What You See Is What You Get… Apa yang lo liat??? Tulisan Welcome… Yak, itulah jawabannya…
Jawaban : welcome

02
Liat paling atas, itu namanya title… dia bilang color, so sama kayak case 01 tadi, tapi ini yang dilihat warnanya gan… So, pasti itu merah muda… kata lain untuk merah muda?
Jawaban : pink

03
Gampang to? Tinggal nambahin doang…
Jawaban : 7910

04
The secret is in the middle of the CODES… Apa yang ada di tengah kata “CODES”.. apalagi kalo bukan huruf D.. tapi karena menurut peraturan kaga boleh pake huruf capital… maka jawabannya d kecil
Jawaban : d

05
Niao Chao… Coba cari OM (www.google.com) atau TANTE (www.wikipedia.org) adalah stadion di Cina, tepatnya stadion bola… so sebenernya dengan menghubungkan tahun ama benderanya aja udah dapet loh jawabnya.. Yaitu negara penyelenggara piala dunia… tahun 2010 dimana?? Afrika Selatan… tapi menurut title lo kudu jawab dalam bahasa inggris… jadi jawabnya SOUTH AFRICA
Jawaban : southafrica

06

Case paling kaga penting… Kenapa??? Karena ada foto gw… BAHAHAHA…. Intinya adalah SOURCE CODE… apaan tuh?? Nama film??? Kaga! Istilah di dunia titled game, source code = daleman. Gimana cara buka daleman??? Tinggal CTRL+U untuk beberapa browser en cari sesuatu yang bukan script, biasanya ditandai dengan <!- dan diakhiri dengan tanda yang sama…  So, apa yang beda???
Jawaban : toilet

07
Ini biasanya sulit… sebenernya cuman membaca apa yang ada dalam gambar.. Dalam gambar ada tulisan “tanda alam”, so tinggal digaulin aja.. digaulin artinya dibahasainggrisin, sesuai ama title kan? Bahasa inggrisnya tanda apaan? SIGN, bahasa inggrisnya alam? NATURE… Kalo digabungin??
Jawaban : signature

08
Title udah sangat membantu… Tinggal tanya OM deh… nanti dapet nama lukisan ini lebih lengkap..
Jawaban : georgewashington

09
Lanjutan dari deret itu adalah sesuai kayak elo senam… satu dua tiga empat…. Tapi dalam bahasa gaul… one two three… singkat jadi O T T F F S S E selanjutnya adalah N… kepanjangannya??
Jawaban : nine

10
Tanya sama OM… itu kuotanya sapa??
Jawaban : alberteinstein

10 Additional
Lho kok sama???? Kluenya adalah GANTI MARGA… Marga adalah ekstensi kalo di bidang komputer… kayak Microsoft Word kan punya ekstensi .doc… gitu dahh… Lah ini kita disuru ganti marga halaman soal.. .html diganti jadi marganya untitled document??
Jawaban : alberteinstein.txt

Demikian BREAKTHROUGH Stage 1, semoga jadi pembelajaran… Doakan aja ada breakthrough berikutnya… hahahahaha…

Akhirnya ada Koneksi Internet di Kompie Gw

Sabtu, Juni 18, 2011
Gw... Lagi Ngenet...

Sebenernya kaga ada harapan, maksud gw gw kaga mengharap sama sekali bakalan ada koneksi internet di komputer gw..

Gw yang dari SMP udah bercokol di warnet merasa ini sebuah anugrah yang terindah... Walopun gak segitunya sih, tapi paling enggak gw bisa update twitter realtime.. en posting blog lebih lama... Kalo untuk urusan download sih, gw emang mempercayakan ke satu warnet yang paling joss... Nah, kalo ada yang perlu di download mungkin gw bakal ke warnet itu..

Berawal dari tetangga depan *fotokopian* rumah gw yang pasang koneksi internet ala Speedy gitu dengan pake kabel yang sumbernya dari telepon rumah gw.. Oh, awalnya koneksinya adalah Wi-Fi, jadi cuman yang punya aja yang bisa.. Tapi, ternyata di LAN ke kamar gw pun bisa... Alhamdulillah....

Oke, gw jadi bisa saingan ama @mister_ang ama si @sangpengampun yang baru-baru ini beli modem baru... hehehe.... manusia OL... Cah onlen!!! hahahaha.... Okay!!

FC 2011 (Bagian 7, Graviti -end)

Sabtu, Juni 18, 2011
Hari keenam… harusnya gw dapet en kebagian GRAVITI.. ternyata enggak…

Karena banyak alat rusak, jadinya metode seenak jidatnya… Dan, anak-anak GRAVITI hari terakhir yang awalnya kaga ada yang mumpuni kecuali mita *keknya*

Ngeliat line gravity sih gw masih ngerasa trauma ama magnetik hari kemarin… medannya na’udzubillah deh.. Makanya pas si Agua ama Arie ada wacana untuk ada yang profiling geologi secara lebih detail, gw pun iya-iyain aja… En, Agus menyanggupi… Hohoho…

Lagian kan gw juga kudu ambil duit buat si Astha bayar konsumsi, jadi emang kudu stay at basecamp, tapi kaga jadi tim QC.. Tim QC adalah tim yang menyeleksi apakah data yang selama beberapa hari tadi udah bener apa belum, bikin summary, bikin hasil gabungan akhir… semuanya itu tugas QCman… Tapi jujur aja paling berat adalah QC GPS… Susah fixnya!! Haheha…

Jadilah setelah semua tim berangkat, gw ama Agus beranjak untuk memetakan lintasan cross-section  di bagian selatan. Intinya sih, sesuai dugaan sementara sih. Err, gw duga awalnya batuan beku basalt-andesit  di Parangwedang ini tersusun atas Formasi Nglanggran sehingga dia memiliki nilai dip. Secara umum Formasi ini terbentuk pada saat zona subduksi purba yang produknya Gunung Nglanggran, produk batuannya adalah breksi vulkanik.. Itu menurut pendapat gw pribadi.

Setengah hari sampe Jum’atan gw ama Agus memetakan keadaan geologi plus ketemu tim magnetik di Jembatan gw Geolistrik tempo dulu..

Pulang trus bikin contoh model bawah permukaan..

Malamnya pas pembahasan, SIALnya ada pak Udin dari Teknik Geologi, jadi gw semacam pendadaran.. haha… Agus juga tidak bisa membantu terlalu banyak.. Kalo dikatakan gw plagiat geokronologi Bayat, sebenernya emang bener. Tapi emang basic gw kan emang peta stratigrafi Jogja itu.. jadi sejujurnya nggak salah juga dong.. Kalo mengenai profiling bla bla yang ditanyain Pak Imam itu sejujurnya itu bukan profiling, tapi modeling. So, gunanya belajar prinsip-prinsip geologi adalah untuk mengkorelasi itu. Tapi ternyata VONIS salah dari Pak Udin kudu berbicara lain. Mungkin fasies gunung api ini lebih tua daripada gunung Nglanggran, tapi yang gw heran adalah, kenapa dia bisa nyambung dengan Formasi Nglanggran yang di utara, padahal terjadi inversi dengan Formasi Semilir. Hmm…. Sampe saat ini gw masih bingung.. Hipotesa gw sih seharusnya ada Formasi Parangtritis yang ada di daerah ini, di atasnya ada Formasi Semilir yang habis di sekitaran Kali Opak sana, baru diatasnya ada Formasi Nglanggran.. Sehingga muka air laut pada saat 32 juta tahun yang lalu itu berada di zona transisi.. Formasi Parangtritis ini menurut gw langsung diendapkan diatasnya terumbu-terumbu Formasi Wonosari seiring dengan naiknya muka air laut.. Kemudian sesar Opak menaikkan bagian ini sehingga tersingkap di permukaan.

Hipotesa yang berlebihan… hahahaha… Never Mind…

Hari ketujuh….

Hari yang harusnya gw udah pulang ke Jogja.. ternyata waktu pulang masih sore.. sehingga mau gak mau.. en sebenernya gw kaga mau.. Si Anang asal main comot aja.. Sehingga gw AKHIRNYA merasakan bagaimana akuisisi GRAVITI…

Tim Akuisisi hari ketujuh ini sebenernya yang mau aja.. artinya yang dapet bagian graviti kudu mau survey, makanya yang dipilih adalah gw, Anang, Radit, Sehul, Dicky, Rudy. Kenapa eh kenapa?? Kenapa harus gw???

Yo wes lah.. Itung-itung aja merasakan..

Ternyata dapet lokasi di gumuk pasir.. di tempat magnetik kemarin… Asyik!!!

Tim Gravity Hari Ke-tujuh
Setelah sembilan titik.. akhirnya pulang ke basecamp, en packing akhir… en… GOODBYE PARANGTRITIS!! Delapan hari disini membuat gw gila… membuat gw sakit.. membuat gw menahan boker.. membuat gw segalanya…

Paling nggak, di akhir kebersamaan angkatan 2007 ini, ada satu lagi cerita menarik selama delapan hari dengan kisah-kisah perjuangan setiap harinya. Kami tau kami sudah terlalu tua, saatnya bagi kami untuk istirahat dan mengerjakan skripsi kami.. Hahahaha….

FC 2011 (Bagian 6, Magnetik)

Jumat, Juni 17, 2011
Hari kelima…

Badan udah capek… meriang tingkat dewa.. pikiran udah gak tau kemana… pengennya nenggak es teh aja saban hari.. rutinitas membuat saya.. eh kami muak..

Dan, hari kelima adalah hari paling pathetik sepanjang seminggu gw FC di parangtritis… Kenapa gitu? Karena gw dapet MAGNETIK.

Pengalaman buruk gw tentang magnetik adalah pas Non-seismik. Pada saat itu gw bener-bener harus naik turun gunung hanya untuk nemuin titik pertama pengukuran.. Lewat-lewat sawah yang pematangnya sekecil apa en gw sebesar apa.. Lumpur-lumpur itu membuat pandangan gw jadi terbayang-bayang. En, gw kena sebuah penyakit yang melanda gw pasca naik Merapi dua tahun lalu, yakni KRAM. Buat gw, gw lebih suka turun gunung daripada naik gunung.

Sekarang gw kudu melakukan survey MAGNETIK LAGI… Dengan medan yang lebih menantang…. Medan kali ini diawali dengan persawahan.. Eh.. sebelumnya sempat terjadi hiruk pikuk mengenai alatnya.. Konsol magnetik sempat error gara-gara apanyaa gitu gw kaga ngerti.. yang jelas setelah nunggu cukup lama, kita memutuskan untuk melakukan survey looping… Harusnya kita survey magnetik base rover, tapi kali ini gara-gara konsolnya yang satu rusak, maka kita pake metode looping aja..

Efeknya, survey pun dimulai jam 10.00 tepat.. Dan, dengan anggota tingkat dewa.. gw, Ghofar, Iwan, Faiz, Sehul, Deedee, Kris, en Mita, kita gak tau kenapa jadi cepet banget cari titik en ukur magnetiknya… Tim foremen terdiri dari si Sehul ama Faiz, trus tim akuisisi ada Ghofar ama Iwan, sedangkan pencatat kadang Didi kadang Mita, en gw ama Kris kaga ada kerjaan kecuali bawa logistic, en gw ada tugas tambahan, yakni profiling geologi. Well done!

Sampe turun minum, kita udah ngelalui setengah lebih dari perjalanan, dengan melintasi 3 bukit yang tinggi.. en gw udah mau pingsan… Bagian turun sih gw seneng, tapi bagian naik gw gak tau kenapa merasa lelah sekali.. KRAM sih enggak… tapi gara-gara ada di belakang didi, efek capeknya didi jadi ikut keg w deh… akhirnya gw bener-bener kunang-kunang di lereng bukit ketiga.. Untung ada Iwan yang mau narik gw ke atas… En, sampe akhirnya dapet pencerahan eh penyegaran, yakni air kelapa muda yang paling gw demenin selama FC, yang ada sensasi semriwingnya… BEDA!!

Abis menikmati sensasi itu, gw masih kudu naik satu bukit lagi… baru nyampe ke bukit Bela-Belu tempat gw akuisisi CSAMT kemarin… Di situlah gw makan siang… dan menikmati indahnya dan sejuknya angina pantai selatan ini… Huhuhu…

Habis turun minum, perjalanan pun dilanjutkan sampai ke gumuk pasir Parangtritis.. Another stunt here… Naik gumuk pasir itu lebih susah daripada naik empat bukit tadi… Dari sini gw baru melihat keindahan gumuk pasir… Keren… Seperti berada di Gurun Pasir Sahara.. Tapi yang ini mantap cuy!!!

Kita nggak cuman harus survey titik kita, tapi juga nerusin titik magnetik hari kemarin yang kehabisan baterei sehingga total titik yang kita dapatkan adalah sebanyak 41 titik… it means gw jalan 4,1 kilometer en itu blum termasuk panjang kurva naik turun sepanjang perjalanan…

Well… ternyata kelompok magnetik ini adalah kelompok paling keren sepanjang FC ini, menurut gw sih yaa.. kemampuannya ada sendiri-sendiri.. waktu pengolahan data pun terlihat mempunyai tugas yang signifikan.. Dan, memunculkan peta profiling geologi buatan gw yang direspon baik ama Pak Budi en Pak Aji… Hehehe,,, Plus hasil kontinuasinya juga bagus banget…. Double seneng deh gw.. Puas!! Capeknya terbayar gituloh…

Akuisisi Magnetik di Gumuk Pasir

Sesi Makan siang.... Liat deh muka gw... Capek tingkat kecamatan...
Dan… karena ini hari terakhir, pastilah gw tau apa yang bakal besok gw lakoni… yaitu Gravitasi…. Errr,,,,,
Yo… pasrah aja dah…

FC 2011 (Bagian 5, Seismik Refraksi)

Jumat, Juni 17, 2011

Apa yang lu bakal banyangin kalo dapet metode Seismik Refraksi…

Buat gw, gw bakal bayangin palu, landasan yang berat, geophone warna oranye yang unyu-unyu sebanyak 24 biji itu.. ama konsol sarap yang layarnya agak kaga beres gara-gara makenya kaga dipayungin..  Absurd sekali…

Seismik.. Itu gw jadi harus tau lebih.. tepatnya mengingat kembali apa itu near offset.. far offset.. midlle offset.. Kalo gw boleh bilang, ini adalah metode yang paling nggak sesuai antara tenaga yang dikeluarkan ama hasil yang didapatkan.. Apalagi untuk survey di FC kali ini..

Entah siapa yang puny aide pake weightdrop *semacam pemberat* yang bawa alatnya aja udah berat bukan main… Mana landasannya mungkin bisa dua kali lebih berat daripada landasan seismik yang sumber gelombangnya pake palu.. mungkin landasannya aja sekitar 40 hingga 50 kilo lah.. 

Oke, hari keempat gw dapet nih , metode.. temennya ada si Nevi ama Indah, trus ada Ghofar, ada Priyo, ada Nohan, ada Zuhdi, ada Cecep ama Ipin *as a volunteer* trus ada Anang juga… Yang jelas, waktu ini kerjanya rodi banget, tukang-tukang bersatu… Trio Gofar priyo ama Nohan membuat akuisisi ini terlihat mudah pada awalnya… 

Satu kesalahan gw adalah: mencoba ngangkat landasan yang 40 kg tadi… En, alhasil, karena tidak didukung dengan latian sebelumnya, maka otot bisep en tricep gw kram… Mungkin sebenernya gw bisa bawa tuh landasan, tapi gara-gara gw udah kaga kuat, maka gw serahin yang lain aja dah… gw sibuk di konsol aja…
Pada dasarnya selama di geofisika ini gw kaga pernah pegang alat, tapi kali ini di metode ini gw pegang konsol OYO McSeis gitu… Rupanya cukup mudah juga… Cuman arm arm gitu doang… 

Ternyata kita pun dirundung musibah yang membuat akuisisi semakin berat: PICKUP kita MASUK ke PASIR pantai… alhasil PICKUPnya kaga bisa keluar deh tuh… semacam terjebak gitu deh… Alhasil semua manusia mendorong nih pickup… semua menjerit.. semua menggoyang-goyang.. maju.. mundur… siram air.,.. kasih kayu… udah mirip kejadian gw ama Firsan pas KL 2011 lalu… Intinya ya kudu didorong… Kalo ghofar ada tambahan tenaga, yakni ANGKAT!! Bayangin sodara-sodara… ngangkat PICKUP seberat itu dia sendiri kuat coba… MUTAN bener dah di ghofar nih… 

Akhirnya 45 menit pun berlalu hanya untuk mengeluarkan PICKUP dari pasir… Fyuhh…. 

Tapi semua terbayar di LINE kedua, karena kita pesta kelapa muda… Lagi-lagi si Ghofar yang manjat tuh pohon kelapa… trus jatuhin banyaaaakkk bener kelapa… Aseeekkk… Mantaapp!!  Makan siang semakin mantap…

Hell yeah!! Lanjut pengukuran di LINE kedua… en terjadi masalah lagi… yakni TRIGGERnya macet… rusak… jadi terpaksa bikin trigger pake kabel, dengan cara membuatnya konslet… Priyo emang jago dalam masalah kelistrikan kaya gini… Hebat Hebat… Tapi, saatnya rolling, saatnya para tukang operasikan konsol en gw operasikan weightdrop itu… Kram otot tadi membuat performa gw nggak maksimal… Cuman bisa ngangkat weightdrop doang… Sayang sekali… 

Selesei LINE 2 langsung pulang… Kayaknya yang pertama.. en langsung ngolanh pake software tercinta seismik refraksi, yaitu Plotrefa ama SeisImager.. 

Susah ternyata… gw ama Nevi mencoba pake si SeisImager ama Plotrefa itu tapi.. emang sih,, jam terbang kita masih gak setinggi @gamageofis, jadi ya beginilah… adanya kita panik en stress pas waktu udah menjelang magrib gitu… sementara si Anang ama Zuhdi bikin presentasinya… Pokoknya kurang waktu aja sih… sebenernya mau bikin korelasi semua LINE di tiga hari pertama kemarin… tapi waktu sudah menjadi bubur… 

Haaahhh… Ternyata kelompok gw presentasi paling akhir… yo mau pegimana lagi… ngantuk-ngantuk gw pasrah… Mana gw demam lagi… sedeng!! 

Dan… antara sakit gw ini gw beranikan untuk melanjutkan esok hari: MAGNETIK!!

FC 2011 (Bagian 4, CSAMT)

Jumat, Juni 17, 2011
Hari ketiga masihlah sama dengan hari kedua... rutinitasnya masih kayak gitu aja... kaga ada perubahan.. semuanya seperti diulang-ulang.. makan pagi makan siang survei cek alat pulang survei en prosesing en presentasi…

Kebetulan hari ketiga gw dapet CSAMT…

Sebelumnya gw emang blum pernah sama sekali ngelakuin survey CSAMT.. pernah sih AMTnya doang… Secara umum ya CSAMT itu semacam metode elektromagnetik untuk mencari nilai resisitivitas bawah permukaan dengan penetrasi yang lebih dalam.. Seperti hokum fisika pernah bilang, kalo frekuensi rendah itu penetrasinya bisa lebih dalam daripada yang frekuensi tinggi.

Bedanya ama survey AMT biasa adalah kita menggunakan CS sebagai penguat transmitter.. Walopun CS ini perangkatnya lumayan gede juga… en harus ada yang jagain satu…

Tim hari ketiga ini ada gw, Danas, Prina, trus ada Tejo, ada Anang, Galih, Iwan, Rasyad, Nohan, ama volunteer satu si Cecep anak 2009, dengan target lintasan titik-titik hari ketiga yang lumayan ada di atas bukit gitu… Untungnya pake pickup, jadi intensitas berjalan kaki bisa lebih minimal.. hohoho… Yang dapet bagian jaga CS untuk tengah hari pertama yaitu si Rasyad yang kalah main hompimpa… *sebuah metode pemilihan yang tidak bijak*, trus abis turun minum, si Galih menggantikan si Rasyad di dua titik terakhir.. Total kita hari itu adalah lima titik..

CSAMT di atas Bukit Bela-Belu, Parangtritis

Secara keseluruhan sih medannya nggak terlalu gila… Si Galih sempet gak begitu fit di titik satu dan dua.. Trus di titik tiga, pengukuran berasa lamaaa banget.. Mana pake turun ke tengah hutan lagi… alamak sekali… Titik empat di atas Bukit Bela-Belu, jadi gw udah kenal betul medannya.. Ini yang paling capek dalam hari ini… naik Bela-Belu untuk ketiga kalinya udah bikin gw capek.. Di sini si Iwan dikerjain ama Mas Gondes *asisten*, dia kan lupa tuh bawa kompas yang gunanya buat ngelurusin bentangan koil ama receiver, so si Iwan disuruh turun lagi ke bawah bukit cuman untuk ngambil kompas.. Ceritanya abis dari titik ini kita mau jalan ke titik selanjutnya.. ehh… ternyata kaga jadi jalan, jadi bikin si Iwan ini muspro banget naik turun jogging Bela-Belu dua kali… hahaha… Mesakke banget dah!

Dan.. titik terakhir cuman di perkampungan warga gitu jadi gampang bener… Langsung aja abis itu rampung, langsung buruan ke beskem.. Karena kaga ada yang bisa ngolah AMT, akhirnya Mas Gondes pun turun tangan.. si Rasyad dapet bagian MTINVnya… trus Anang ama Iwan bagian bikin presentasi ama Surfer plotnya…. Gw makan aja dahh…. Nyam nyam…

Satu hal yang gw dapet di sini adalah: Gw udah pernah survey CSAMT… walo sebenernya masih bingung pilih-pilih sinyal Ex Ey Hx Hy itu.. maksud gw Gain Setting… Kalo tentang acquisition sih kaga masalah… mungkin cuman gimana milih data yang bener itu yang susah….

Malam hari ngantuk banget mata ini… Gw prediksi besok bakalan dapet Magnetik, jebulnya eh ternyata gw dapet Seismik Refraksi….. Blam!!

FC 2011 (Bagian 3, Geolistrik)

Selasa, Juni 14, 2011
Yahhh... maafkan daku... abis pulang dari Jakarta nih... en baru agak sembuhan dikit dari sakit kepala berkepanjangan yang mendera gw minggu lalu... Langsung aja.. sekedar nambahin postingan, eh maksud gw nerusin postingan sebelumnya...

Yayaya...

Hari kedua di ajang FC ini adalah gw dapet GEOLISTRIK.... Yaa, apalagi kalo bukan tentang kabel dan listrik, tentang elektroda dan konsol.... Ckckck.... semuanya berasa klise.. Apalagi diputuskan bentangannya dipole-dipole... Pastinya gw seneng bangat kalo dapet bagian C2.... Apa itu C2... C2 adalah elektroda arus nomor dua dari paling ujung.... Kenapa gw gak mau di C1, ya alesannya simpel... males aja paling belakang... paling gak ngerti keadaan depan... hahaha..... Kenapa gw kaga mau di P1 ato P2?? Alesannya males maju mundur, apalagi pake N yang gede, pasti bakal lebih banyak maju mundur, tapi untuk kasus ini bisa diminimalkan dengan memperbanyak elektroda potensial, jadi cuman maju mundurin kabel aja... hahaha...

Kalo blum jelas ya begini ini....

Sumber : http://www.epa.gov/esd/cmb/GeophysicsWebsite/pages/reference/_img/NewImages/Resistivity/2D%20Res%20Profile%20Schematic.jpg

Tapi emang sepertinya butuh banyak baca sih... pokoknya tujuannya untuk memetakan keadaan resistivitas bawah permukaan bentangan survey.. Walopun hasilnya agak susah buat diinterpretasi... hohoho...

Lintasan Survey Geolistrik Hari 2

Hari kedua gw dapet tempat survey di sebelah timur Parangwedang... Konturnya gampang, kita cuman nurunin bukit... Untungnya pas gw hari ini ada Mas Danang.... Jadi sangat terbantu sekali... Dia ini baik banget mau bantu dari akuisisi sampe nantinya prosesing.... Sangarlah pokoke Mas Danang!!! Nabi Danang!! Ahahaha...

Tim gw hari ini masi sama ada Bey ama Adi ama Indah.... Tambahan barunya ada Firsan, ada Arie, ada Siwi, ama ada Faiz... Enaknya gw ama Firsan jaga C2 ama C1 jadi komunikasi bisa lebih deket... en malah dihabiskan dengan acara curcol di sepanjang bentangan ampe turun minum.... Err... gw juga dapet tugas profiling geologi disini, tapi sayang overlay hasilnya cuman di plot di hasil olahan Res2inv aja.... haha...

Lucunya kita survei di bawah jembatan... berasa kayak gelandangan... hahaha... mana pake acara naik pohon kelapa ala Mas Danang... hahaha.... Pancen.... Sepanjang survey isinya hanya hina-hinaan antara Bey, Adi, en Mas Danang.... hahahaha.... Koplak!!

Dan.... Itulah itu..... Seperti yang gw bilang tadi, untungnya ada Mas Danang... jadi prosesing berasa mudah.... 

En, hari pun sudah gelap... badan capek, pegel.... en kudu bersiap untuk hari berikutnya.... dengan metode CS-AMT...

FC 2011 (Bagian 2, Mikroseismik)

Senin, Juni 06, 2011

Hmm.... Hari pertama ini...

Minggu, 29 Mei 2011 - Mikroseismik
Tim : Adi, Bey, Indah, Didi, Ali, Yudha, Mas Prima

Rasanya masih aras-arasen sih... blum begitu klik banget ama suasana FC... Satu hal, gara-gara nonton bola final liga Champion ato apa itu pokoknya yang ada Barcelona ama Manchester United yang tau-tau dimenangin ama Barca, selain membuat mood saya turun karena jagoan saya kalah, mood akuisisi juga jadi turun gara-gara NGANTUK!

Sebenernya gw blum pernah begitu ngeh ama mikroseismik... Untungnya asistennya enak... Gw kasih banyak pertanyaan, dia kasih juga banyak jawaban....

Btw, lokasi buat akuisisi mikroseismik ini adalah berangkat dari titik-titik 101 hingga 106 dalam sehari... berarti ada enam titik target sehari, dan ternyata setiap titik itu menyimpan rahasianya sendiri-sendiri... 


Titik 101

Berangkat dengan terhuyung-huyung ke titik yang lokasinya tepat di pinggir pantai... Untungnya gak terlalu pinggir... jarak ama ombak terdekat masih sekitar lima meteran.... jarak sama bibir laut sekitar lima belas meteran... Asik juga pengukuran tepat di pinggir pantai gini dalam benak gw.... Tapi kesenangan itu berubah jadi malapetaka saat alatnya error.... USB device gak bisa detect hardware... Yo wess... arep piye neh??? Terpaksa harus mikir to? Pake acara instal ulang lah... pake acara login ke admin lah... pake acara nelpon si empunya leptop lahh.... Pokoknya hampir muspro sejam kita di tempat ini... Sempet kita diliatin ama mas-mas yang lagi sibuk mengkail ikan di pantai yang arusnya dahsyat.. Akhirnya alatnya bisa en kita pun istirahat lelah, sementara gw ama Ali kudu berangkat untuk mencari titik selanjutnya....


Titik 102

Dan, ternyata matahari pun tidak bersahabat dengan kami saat itu... tau-tau cuaca jadi PANASS... sepatu boot gw pun memperparah keadaan... gumuk-gumuk pasir itu menjadi seperti bara api yang panas.. Dan, lokasi kedua yakni titik 102 adalah masih di sekitaran gumuk pasir itu, sekarang lebih dekat ke arah pemukiman... di sini aja harapan gw udah nemu penjual es teh.... --a.. Ada sebuah kejadian...

CETHOKnya HILMI ilang.....

Semua panik... semua gila.... bisa apa yang terjadi kalo cetoknya hilmi hilang?? Apakah akan dikenai biaya ganti rugi milyaran rupiah??? Oh No..... Makanya gw ama Ali ama Yudha ama Adi bergegas nyari cetok berdimensi cukup kecil itu di titik 101... Balik 250 meter ke titik pertama berasa melelahkan sekali.... Untungnya ketemu.... --a

Nyampe ke titik 102, langsung bergegas cabut ke titik berikutnya...


Titik 103

Mungkin citra google Earth di atas blum up to date... Yang bener, jalan-jalan itu udah bagus... udah di konblok en titik pengukuran adalah pas di bak pasir besar, yang ada pohon rindangnya itu... Yang pasti angin berhembus kencang sekali di titik ini.... Was wes woss........ Bagian gw yang gali-gali lubang jadi muspro karena tingkat sedimentasinya tinggi sekali.... tau-tau juga udah keisi tuh lubang.... Eh, di sini ada Pak Imam ama Mbak Deasy yang inspeksi mendadak... Enaknya disini ada ayunan yang dibikin warga dari tambang gitu.... mayan.... mana anginnya makkkk.... mantap buat tidur....


Titik 104
Ini titik paling RA PENTING....entah kenapa titik 104 jatuhnya di TOILET, persis di depan TOILET.... bukan toilet sih, tapi pemandian umum... YO MIT tenan.... Mana untung menggapai lokasi ini, gw kudu ngelewatin dulu asrama-asrama yang bertebaran di sini, en penghuninya sebagian besar adalah mbak-mbak sampe tante tante yang nggodain sapa aja cowok yang lewat.... Yeah, kita melewati zona prostitusi sekarang....

Dan, di titik 104 ini kita makan siang.... karena tepat adzan dhuhur di tempat ini... sebenernya gw heran.... ternyata ada juga adzan di sini... ternyata asalnya dari Masjid di Parangtritis itu.... hahahah... 

Abis makan, si Bey masih asik ngukur di situ, en gw, Yudha, ama Ali beranjak ke titik 105....


Titik 105
Dan, sebelum nyampe ke titik 105 gw sholat dulu di masjidnya.... baru ke titik 105 yakni tepat di sebuah warung... Langsung aja si Adi pesen es teh sebanyak-banyaknya.... kalap!!! Sayangnya di sini ada TAI ANJING.... Baru gw tau kalo tai anjing itu bauknya lebih batu daripada tai apapun didunia ini.... ahahaha.... Disini baterei laptop udah lumayan abis, jadi kita putuskan untuk sedikit pake aki.... hahaha... Ternyata gw gak cukup satu es tehnya... KALAP to the MAX....

Oke.. lanjut ke titik terakhir sebelum pulang ke base....


Titik 106

Titik terakhir... tepat di pinggir jalan, tepat di sebelah losmen... Isi pembicaraan semua orang mulai pada saru... mana si Bey ama si Adi kerjanya bertengkar mulu.... gw jadi ikut terserat ke topik pertengkaran,,,, hahahaha.... Setelah setengah jam ngukur di tempat ini.. akhirnya kita pun pulang ke basecamp...

Dan, kaki gw ternyata NGINJAK TAI.... sepanjang jalan, anak-anak bashing-bashing semua gara-gara gw NGINJAK TAI.... Bwahahahahaha... 

Tim Mikroseismik Hari Pertama
Sampe basecamp trus mandi, trus nyuci TAI.... loading data, dan mulailah prosesing... Kita dikasih paper apadeh gitu isinya pake bahasa inggris, bahasanya susah, gw kaga mudeng... intinya adalah tentang hubungan HVSR ama litologi gitu.... tapi, secara pasti kan kudu di inversi terlebih dahulu... jadi.... kita nampak bloon dan bingung....

Mana si Didi nyerah gitu aja... denagn interpretasi asal-asalan sesuai kemampuan tim kita, akhirnya kita pun siap dibantai Pak Wiwit malem nanti...

--- 

SESI PEMBANTAIAN

Entah kenapa menjelang sesi pembantaian gini kepala gw NGANTUK tak tertahankan... mana lokasinya yang sempit membuat kaki gw kaga bisa selonjor... Akhirnya gw maju, en banyak pertanyaan yang diajukan... untungnya beberapa pertanyaan mudah, jadi gw bisa jawab dengan mudah, tapi ada juga beberapa pertanyaan yang mematikan... kayak, dari pak wiwit, karena kita gak bisa menampilkan trace lengkapnya ama windowing manual kita, maka udah pasti kita gak bisa membedakan mana gelombang mikro sebenernya denga gelombang noise.... hufttttt..........................

Oke deh, sementara metode ini lumayan lahh.... permulaan yang baik.... Dan, sesi pembantaian ditutup dan diundilah kelompok hari berikutnya, dan gw dapet jatah, GEOLISTRIK

FC 2011 (Bagian 1)

Senin, Juni 06, 2011

FC?

Apa yang ada di benak lo-lo semua kalo disebutin kata-kata FC???

Apa terlintas di benak lo yang berhubungan ama sepak bola nasional kita? Atau semacam Fun Camp.... acara yang isinya hura-hura... gitar-gitaran di pantai sambil sesekali main en mandi-mandi air pantai... 

Jauh panggang dari api...

Yang pasti FC disini artinya adalah semacam kuliah lapangan + kompre untuk anak-anak sosial... jadi seluruh materi yang udah didapatkan selama ini diujikan kembali dengan cara langsung akuisisi lapangan plus prosesing sampe membuat kesimpulan dari hasil akuisisi dan dibandingkan dengan hipotesa awal tentang target yang ingin diraih dalam kegiatan FC kali ini..

FC atau Field Camp kali ini bertempat di Parangtritis, Kretek, Bantul, sebuah tempat wisata sekaligus tempat seribu losmen yang bertebaran turah-turah di sini. Target dari FC ini sendiri adalah untuk memetakan indikasi sesar Parangwedang yang diduga menjadi jalan air intrusi laut keluar menjadi MAP (Mata Air Panas) Parangwedang. Pada dasarnya itulah hipotesa kita-kita ini... 

Setelah sesi geologi bersama Pak Udin, dan sesi kelas yang makin lama makin absurd, tugas dikasih kapan dikumpul kapan.... ra mbois blas... tugas-tugas awal sih menarik,, lama kelamaan makin terpaksa, dan makin jarang dikumpulkan, apalagi sesi kelasnya, awalnya semua dateng, makin akhir, cuman tinggal sisa 6 orang doang... 

Akhirnya tanggal 28 pun mulai dekat...

Apa-apaan ini, si Wahyu anak KKN gw, pake acara menyibukkan gw dengan proyek video PKMnya.... waduhh.... otomatis... gw jadi super bingung.... bukannya latian software, malah nge-render video.... pancen.,.. pancen...

Tapi, mau gak mau harus packing.... Mau gak mau harus siap-siap.... belanja-blanji... Semua list kudu dibeli... Dan akhirnya siap untuk Field Camp 2011

----------------------------------

28 May 2011 1:00 PM

Semua udah kumpul di HM.... barang-barang juga udah diload en diangkut ke TKP... Saatnya pelepasan dari Dosen-dosen... Walopun agak sedikit dimarahin, yang penting kita berangkat ke lapangan terakhir brur!!! Semangat!!!

Naik bis KOPATAnya si Astha.... kita pacah keramaian menuju ke lokasi.... Segerrrrr................

Sampai sana, langsung ngerapiin setting tempat, ini itu.... en bikin desain survey gravitasi... Eh, taunya langsung dibagi saat itu juga kalo gw hari pertama dapet TIM MIKROSEISMIK.... jeng jeng jeng.....

Ya udah... sampe jam 9 malem acaranya masih ramah tamah ama penduduk, gw jadi sinoman, ngusung-usung minum en makanan sana kemari... seru juga... Sepertinya terjadi pembicaraan cukup menarik sewaktu ramah tamah itu, namun, sayangnya gw kaga bisa mengikutinya.... hahahaha....

Sampe jam 9 lebih, baru dimulai sesi presentasinya, presentasi desain survei.... oke dehh... GW jadi MC untuk hari pertama ini..... CAPE DEHHH....
Diberdayakan oleh Blogger.