FC 2011 (Bagian 4, CSAMT)

Hari ketiga masihlah sama dengan hari kedua... rutinitasnya masih kayak gitu aja... kaga ada perubahan.. semuanya seperti diulang-ulang.. makan pagi makan siang survei cek alat pulang survei en prosesing en presentasi…

Kebetulan hari ketiga gw dapet CSAMT…

Sebelumnya gw emang blum pernah sama sekali ngelakuin survey CSAMT.. pernah sih AMTnya doang… Secara umum ya CSAMT itu semacam metode elektromagnetik untuk mencari nilai resisitivitas bawah permukaan dengan penetrasi yang lebih dalam.. Seperti hokum fisika pernah bilang, kalo frekuensi rendah itu penetrasinya bisa lebih dalam daripada yang frekuensi tinggi.

Bedanya ama survey AMT biasa adalah kita menggunakan CS sebagai penguat transmitter.. Walopun CS ini perangkatnya lumayan gede juga… en harus ada yang jagain satu…

Tim hari ketiga ini ada gw, Danas, Prina, trus ada Tejo, ada Anang, Galih, Iwan, Rasyad, Nohan, ama volunteer satu si Cecep anak 2009, dengan target lintasan titik-titik hari ketiga yang lumayan ada di atas bukit gitu… Untungnya pake pickup, jadi intensitas berjalan kaki bisa lebih minimal.. hohoho… Yang dapet bagian jaga CS untuk tengah hari pertama yaitu si Rasyad yang kalah main hompimpa… *sebuah metode pemilihan yang tidak bijak*, trus abis turun minum, si Galih menggantikan si Rasyad di dua titik terakhir.. Total kita hari itu adalah lima titik..

CSAMT di atas Bukit Bela-Belu, Parangtritis

Secara keseluruhan sih medannya nggak terlalu gila… Si Galih sempet gak begitu fit di titik satu dan dua.. Trus di titik tiga, pengukuran berasa lamaaa banget.. Mana pake turun ke tengah hutan lagi… alamak sekali… Titik empat di atas Bukit Bela-Belu, jadi gw udah kenal betul medannya.. Ini yang paling capek dalam hari ini… naik Bela-Belu untuk ketiga kalinya udah bikin gw capek.. Di sini si Iwan dikerjain ama Mas Gondes *asisten*, dia kan lupa tuh bawa kompas yang gunanya buat ngelurusin bentangan koil ama receiver, so si Iwan disuruh turun lagi ke bawah bukit cuman untuk ngambil kompas.. Ceritanya abis dari titik ini kita mau jalan ke titik selanjutnya.. ehh… ternyata kaga jadi jalan, jadi bikin si Iwan ini muspro banget naik turun jogging Bela-Belu dua kali… hahaha… Mesakke banget dah!

Dan.. titik terakhir cuman di perkampungan warga gitu jadi gampang bener… Langsung aja abis itu rampung, langsung buruan ke beskem.. Karena kaga ada yang bisa ngolah AMT, akhirnya Mas Gondes pun turun tangan.. si Rasyad dapet bagian MTINVnya… trus Anang ama Iwan bagian bikin presentasi ama Surfer plotnya…. Gw makan aja dahh…. Nyam nyam…

Satu hal yang gw dapet di sini adalah: Gw udah pernah survey CSAMT… walo sebenernya masih bingung pilih-pilih sinyal Ex Ey Hx Hy itu.. maksud gw Gain Setting… Kalo tentang acquisition sih kaga masalah… mungkin cuman gimana milih data yang bener itu yang susah….

Malam hari ngantuk banget mata ini… Gw prediksi besok bakalan dapet Magnetik, jebulnya eh ternyata gw dapet Seismik Refraksi….. Blam!!

1 komentar

Gama mengatakan...

aq malah rung megang magnetik babar blas...

Diberdayakan oleh Blogger.