FC 2011 (Bagian 5, Seismik Refraksi)


Apa yang lu bakal banyangin kalo dapet metode Seismik Refraksi…

Buat gw, gw bakal bayangin palu, landasan yang berat, geophone warna oranye yang unyu-unyu sebanyak 24 biji itu.. ama konsol sarap yang layarnya agak kaga beres gara-gara makenya kaga dipayungin..  Absurd sekali…

Seismik.. Itu gw jadi harus tau lebih.. tepatnya mengingat kembali apa itu near offset.. far offset.. midlle offset.. Kalo gw boleh bilang, ini adalah metode yang paling nggak sesuai antara tenaga yang dikeluarkan ama hasil yang didapatkan.. Apalagi untuk survey di FC kali ini..

Entah siapa yang puny aide pake weightdrop *semacam pemberat* yang bawa alatnya aja udah berat bukan main… Mana landasannya mungkin bisa dua kali lebih berat daripada landasan seismik yang sumber gelombangnya pake palu.. mungkin landasannya aja sekitar 40 hingga 50 kilo lah.. 

Oke, hari keempat gw dapet nih , metode.. temennya ada si Nevi ama Indah, trus ada Ghofar, ada Priyo, ada Nohan, ada Zuhdi, ada Cecep ama Ipin *as a volunteer* trus ada Anang juga… Yang jelas, waktu ini kerjanya rodi banget, tukang-tukang bersatu… Trio Gofar priyo ama Nohan membuat akuisisi ini terlihat mudah pada awalnya… 

Satu kesalahan gw adalah: mencoba ngangkat landasan yang 40 kg tadi… En, alhasil, karena tidak didukung dengan latian sebelumnya, maka otot bisep en tricep gw kram… Mungkin sebenernya gw bisa bawa tuh landasan, tapi gara-gara gw udah kaga kuat, maka gw serahin yang lain aja dah… gw sibuk di konsol aja…
Pada dasarnya selama di geofisika ini gw kaga pernah pegang alat, tapi kali ini di metode ini gw pegang konsol OYO McSeis gitu… Rupanya cukup mudah juga… Cuman arm arm gitu doang… 

Ternyata kita pun dirundung musibah yang membuat akuisisi semakin berat: PICKUP kita MASUK ke PASIR pantai… alhasil PICKUPnya kaga bisa keluar deh tuh… semacam terjebak gitu deh… Alhasil semua manusia mendorong nih pickup… semua menjerit.. semua menggoyang-goyang.. maju.. mundur… siram air.,.. kasih kayu… udah mirip kejadian gw ama Firsan pas KL 2011 lalu… Intinya ya kudu didorong… Kalo ghofar ada tambahan tenaga, yakni ANGKAT!! Bayangin sodara-sodara… ngangkat PICKUP seberat itu dia sendiri kuat coba… MUTAN bener dah di ghofar nih… 

Akhirnya 45 menit pun berlalu hanya untuk mengeluarkan PICKUP dari pasir… Fyuhh…. 

Tapi semua terbayar di LINE kedua, karena kita pesta kelapa muda… Lagi-lagi si Ghofar yang manjat tuh pohon kelapa… trus jatuhin banyaaaakkk bener kelapa… Aseeekkk… Mantaapp!!  Makan siang semakin mantap…

Hell yeah!! Lanjut pengukuran di LINE kedua… en terjadi masalah lagi… yakni TRIGGERnya macet… rusak… jadi terpaksa bikin trigger pake kabel, dengan cara membuatnya konslet… Priyo emang jago dalam masalah kelistrikan kaya gini… Hebat Hebat… Tapi, saatnya rolling, saatnya para tukang operasikan konsol en gw operasikan weightdrop itu… Kram otot tadi membuat performa gw nggak maksimal… Cuman bisa ngangkat weightdrop doang… Sayang sekali… 

Selesei LINE 2 langsung pulang… Kayaknya yang pertama.. en langsung ngolanh pake software tercinta seismik refraksi, yaitu Plotrefa ama SeisImager.. 

Susah ternyata… gw ama Nevi mencoba pake si SeisImager ama Plotrefa itu tapi.. emang sih,, jam terbang kita masih gak setinggi @gamageofis, jadi ya beginilah… adanya kita panik en stress pas waktu udah menjelang magrib gitu… sementara si Anang ama Zuhdi bikin presentasinya… Pokoknya kurang waktu aja sih… sebenernya mau bikin korelasi semua LINE di tiga hari pertama kemarin… tapi waktu sudah menjadi bubur… 

Haaahhh… Ternyata kelompok gw presentasi paling akhir… yo mau pegimana lagi… ngantuk-ngantuk gw pasrah… Mana gw demam lagi… sedeng!! 

Dan… antara sakit gw ini gw beranikan untuk melanjutkan esok hari: MAGNETIK!!

1 komentar

Gama mengatakan...

trus pengukuranmu iki target te opo son,

Diberdayakan oleh Blogger.