FC 2011 (Bagian 6, Magnetik)

Hari kelima…

Badan udah capek… meriang tingkat dewa.. pikiran udah gak tau kemana… pengennya nenggak es teh aja saban hari.. rutinitas membuat saya.. eh kami muak..

Dan, hari kelima adalah hari paling pathetik sepanjang seminggu gw FC di parangtritis… Kenapa gitu? Karena gw dapet MAGNETIK.

Pengalaman buruk gw tentang magnetik adalah pas Non-seismik. Pada saat itu gw bener-bener harus naik turun gunung hanya untuk nemuin titik pertama pengukuran.. Lewat-lewat sawah yang pematangnya sekecil apa en gw sebesar apa.. Lumpur-lumpur itu membuat pandangan gw jadi terbayang-bayang. En, gw kena sebuah penyakit yang melanda gw pasca naik Merapi dua tahun lalu, yakni KRAM. Buat gw, gw lebih suka turun gunung daripada naik gunung.

Sekarang gw kudu melakukan survey MAGNETIK LAGI… Dengan medan yang lebih menantang…. Medan kali ini diawali dengan persawahan.. Eh.. sebelumnya sempat terjadi hiruk pikuk mengenai alatnya.. Konsol magnetik sempat error gara-gara apanyaa gitu gw kaga ngerti.. yang jelas setelah nunggu cukup lama, kita memutuskan untuk melakukan survey looping… Harusnya kita survey magnetik base rover, tapi kali ini gara-gara konsolnya yang satu rusak, maka kita pake metode looping aja..

Efeknya, survey pun dimulai jam 10.00 tepat.. Dan, dengan anggota tingkat dewa.. gw, Ghofar, Iwan, Faiz, Sehul, Deedee, Kris, en Mita, kita gak tau kenapa jadi cepet banget cari titik en ukur magnetiknya… Tim foremen terdiri dari si Sehul ama Faiz, trus tim akuisisi ada Ghofar ama Iwan, sedangkan pencatat kadang Didi kadang Mita, en gw ama Kris kaga ada kerjaan kecuali bawa logistic, en gw ada tugas tambahan, yakni profiling geologi. Well done!

Sampe turun minum, kita udah ngelalui setengah lebih dari perjalanan, dengan melintasi 3 bukit yang tinggi.. en gw udah mau pingsan… Bagian turun sih gw seneng, tapi bagian naik gw gak tau kenapa merasa lelah sekali.. KRAM sih enggak… tapi gara-gara ada di belakang didi, efek capeknya didi jadi ikut keg w deh… akhirnya gw bener-bener kunang-kunang di lereng bukit ketiga.. Untung ada Iwan yang mau narik gw ke atas… En, sampe akhirnya dapet pencerahan eh penyegaran, yakni air kelapa muda yang paling gw demenin selama FC, yang ada sensasi semriwingnya… BEDA!!

Abis menikmati sensasi itu, gw masih kudu naik satu bukit lagi… baru nyampe ke bukit Bela-Belu tempat gw akuisisi CSAMT kemarin… Di situlah gw makan siang… dan menikmati indahnya dan sejuknya angina pantai selatan ini… Huhuhu…

Habis turun minum, perjalanan pun dilanjutkan sampai ke gumuk pasir Parangtritis.. Another stunt here… Naik gumuk pasir itu lebih susah daripada naik empat bukit tadi… Dari sini gw baru melihat keindahan gumuk pasir… Keren… Seperti berada di Gurun Pasir Sahara.. Tapi yang ini mantap cuy!!!

Kita nggak cuman harus survey titik kita, tapi juga nerusin titik magnetik hari kemarin yang kehabisan baterei sehingga total titik yang kita dapatkan adalah sebanyak 41 titik… it means gw jalan 4,1 kilometer en itu blum termasuk panjang kurva naik turun sepanjang perjalanan…

Well… ternyata kelompok magnetik ini adalah kelompok paling keren sepanjang FC ini, menurut gw sih yaa.. kemampuannya ada sendiri-sendiri.. waktu pengolahan data pun terlihat mempunyai tugas yang signifikan.. Dan, memunculkan peta profiling geologi buatan gw yang direspon baik ama Pak Budi en Pak Aji… Hehehe,,, Plus hasil kontinuasinya juga bagus banget…. Double seneng deh gw.. Puas!! Capeknya terbayar gituloh…

Akuisisi Magnetik di Gumuk Pasir

Sesi Makan siang.... Liat deh muka gw... Capek tingkat kecamatan...
Dan… karena ini hari terakhir, pastilah gw tau apa yang bakal besok gw lakoni… yaitu Gravitasi…. Errr,,,,,
Yo… pasrah aja dah…

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.