Paradoks Anak Panah

Pernah denger lagu ini:


Yap... itu video kesukaan temen ane mungkin... Gw sih biasa aja.. hehe.. Tapi maksud postingan ini bukan tentang Afgan... No Afgan No Rossa!! 

Gw hanya ingin berbagi kisah, sebuah pembelajaran filsafat sederhana dari komik paling keren yang harus dibaca umat manusia.. hohoho... yaitu Q.E.D, atau Qoud Erat Demonstrandum... Di komik ini jilid ke 36 (paling baru edisi Juni 2011) ada sebuah chapter *ya mung 2 chapter* yang berjudul kasus pembunuhan di kediaman Kurogane... Entah apa nama judlnya bagi gw kaga penting... yang penting adalah isinya... yakni sebuah:

Paradoks Anah Panah Zeno *di dalam komik ditulis Zenon*

Adalah sebuah paradoks dalam ilmu fisika, tepatnya dalam kinematika gerakan partikel, yang dihubungkan dengan sebuah logika sederhana. Dalam hal ini dipakai anak panah sebagai suatu benda yang bergerak. 

Panah... Memanah.. (Sumber : Sini)
If we had a film of the arrow in flight, and broke it down to its individual frames, we would see that in each frame the arrow is simply hovering in the air. It is only when you put all the frames together that the arrow appears to move. In each frame, i.e. at each point, the arrow is motionless. - Zeno

Jadi, diibaratkan kita punya film tentang gerakan anak panah dari busur panah ke target, jika kita pecah ke dalam banyak frame gambar dua dimensi maka akan terlihat gerakan yang seperti berhenti padahal benda ini bergerak. Sama ketika kita memotret sebuah mobil yang melintas di jalanan, maka kita hanya akan mendapatkan gambar mobil ini diam saja - tidak bergerak.

Arti logikanya, dalam keadaan A kita bisa saja melakukan B, C, D, dan sebagainya.. Orang lain akan melihat kita HANYA melakukan A saja. Biasanya keadaan ini dipakai untuk penguat alibi seseorang. Orang lain taunya kita skripsi, tapi ternyata kita dugem, kita nongkrong di cafe, karaoke, jalan-jalan... Orang tersebut tidak tau.. 

Politik pencitraan, bahasa politiknya seperti itu... anak-anak HI mungkin seneng banget beginian... belajar untuk membohongi publik sejak dini... hahaha... Jadi kalo punya temen anak sosial, apalagi anak HI, jangan dulu percaya deh.. hahaha... apalagi via jejaring sosial seperti semarak sekarang ini... makin cocok aja parakdoks ini dilakukan... 

CMIW... Peace!!

4 komentar

Ragil mengatakan...

woooo... aku lagek nyadar ada paradoks seperti itu... tapi setelah t telaah yo bener juga siii...nice quote mas :)

Jat mengatakan...

Aku kira paradoksnya Achiles yg dikejar anak panah. Ternyana beda.

Abi Dzikri Alghifari mengatakan...

keren cuy postingan yang ini.. Mengena.. Hehe..

Ginanjar mengatakan...

ada 4 buah paradoks Zeno, panah, achilles, 2 lagi apaa ? :)

Diberdayakan oleh Blogger.