Tes Schlumberger Jilid Dua

Kalo soal tes Schlumberger itu segampang ini, gw pasti lolos...

Sumber
Setidaknya tidak perlu ada adegan bashing membashing gara-gara gak ngerti pegimana cara jawab tesnya... 

Hm, walopun gw sebenernya udah pernah melakukan tes Schlumberger ini, tapi tadi pagi nih ceritanya gw kembali mengulangi lagi tes yang dulu itu. Ceritanya ada di bagian lain di blog ini.

Hari ini, seperti yang seminggu lalu, gw ngelamar online tawaran tes yang ada di web ECC. Iseng-iseng aja sih sebenernya. Coz, ya gw udah tau suasananya bakal kayak gimana. En, sebenernya gw kaga ada ketertarikan ke perusahaan ini. Gw pake kesempatan ini sebenernya buat mengetahui gimana sih tingkat conversation gw, secara gw jarang banget ngomong inggris.. plus kaga pernah les-les macam ELTI de el el... 

Gw ama Anang yang awalnya iseng, tau-tau anak-anak geofisika banyak juga yang ikutan apply. Ada Danas, Prina, Arie, Rudy, Nevi, Mita, Gigih, Gama, Abi, en Sehul. 

Peserta tes... Bawahahaha... gw masih ketawa liat foto Danas... Mita juga... 

18 Juli 2011 pukul 07.30

Sengaja gw dateng agak telat, soalny mampir burjo dulu *bukan jawaban yang logis*. Bingung parkir dimana, jadi gw putuskan parkir di depan Fakultas Geologi. Oiya, lokasi tes kali ini di KPTU Teknik. Namanya juga tes Schlumberger, pastinya banyak bener orang yang ngikutin. Mana dress codenya pada rapi-rapi. Yang sehari-harinya gak pernah pake setelan ala MLM-MLM gini, mau gak mau kudu ganti pesona. Well, gw sebenernya males banget pake batik. tapi, karena gw kaga menemukan kemeja lain yang lebih fangki daripada batik, so, gw pilih batik... Karena gw anak gahoool fangki.. *apadeh*

Eh, ternyata gw ketemu ama Mita... okedeh... kita naik bersama, trus ambil kartu nomor peserta, en gw dapet nomor 315...

Nggak seperti cerita gw di jilid satu, susunan acara kali ini diubah, mungkin karena ruangannya cukup buat sejumlah 500an pelamar ini, sehingga pihak Schlumberger memilih melakukan presentasi perusahaan lebih dahulu selama 2,5 jam.. Bagus!!! Kita sebut ini sebagai brainwash.... errrr....

Sampe si Abi pun SMS, "Have you brainwashed?" *kayaknya sih, SMSnya udah kehapus bih*

Macam seminar MLM, seminar ini nampak seperti nyata. Menawarkan mimpi. Namanya juga promosi sih ya, tapi kebanyakan pasti jadi tertarik menjadi karyawan Schlumberger. Buat gw, pada awalnya dulu gw sih emang tertarik. Tapi, NGGAK sesaat setelah tau kalo pelatihannya pake acara akting heroik pake helikopter di laut.. Emang gw peserta Base Camp? No no no no... Gw ama Anang langsung mau cabut aja dari KPTU... Secara Anang kan nger banget tuh ama laut... Liat gambar di majalah tentang laut aja udah peluk mama minta pulang... hahahaha... *becanda* *tampar*

Oke.. Setelah sesi yang bener-bener membuat gw mengantuk tingkat kecamatan ini... Dilanjutkan dengan screening level satu... Atau tes tahap pertama.. Lagi-lagi metodenya Schlumberger kurang efektif... Harusnya nomor range tes itu dipasang dengan font BESAR... ini kayak nyari font 6 di kertas skripsi... Mana kliatan... Trus sistemnya gak sebagus yang dulu... Ini.... pokoknya gak sekondusif yang dulu...

Gw sih pasrah aja, karena dapet Pak Wijaya.. Jadilah gw nungguin si Sehul... en sama Rudy nungguin kesempatan 3 menit menjadi bintang... Jadi sama kayak sebelumnya, di depan nanti bakal ada pertanyaan gitu, so, itu harus dijawab dengan bahasa inggris dalam waktu maksimal 3 menit. Karena gw deg-deg-an, yawdah, akhirnya gw sama Sehul milih untuk wawancara paling terakhir aja bareng Mita en Prina, en mas-mas di belakang yang bicara sendiri... semacam Down sindrom gitu... 

Hampir sejam, sampe adzan dhuhur gw ama Sehul nungguin Pak Wijaya ini... berhubung Bu Kris *yang nginterview si Abi, Anang* udah rampung, adalah gw ama Sehul pindah barisan, ke tempat Bu Kris ini...

Sehul done, selanjutnya gw.maju ke depan...

Kalo si Abi kehilangan kosa kata, gw kehilangan daya tarik.. *magnet kali, pake daya tarik!!*

Gw ambil kartu, jujur gw lebih pilih main empat satu kalah terus deh daripada main kartu yang isinya pertanyaan begini... Atao gw lebih milih Audisi Indonesian Idol deh... Oke, ga kaga bisa lari dari kenyataan:

"(kalo dibahasa indonesiakan menjadi) Jika mobil kamu rusak di tengah jalan yang sepi, dan HP kamu lowbat, apa yang akan kamu lakukan?"

Sebenernya banyak jawaban mengawang-awang di pikiran, tapi yang keluar adalah: Saya akan mencari penduduk sekitar sampe dapet, trus bareng-bareng perbaiki mobil saya. Jawaban itu keren sekali bukan, gw jadi sok sosialis politis sekali.. wehehehe... Sebenernya gw juga mau jawab beberapa alternatif pilihan jawaban:

"Gw bawa hape dua buk!!"

"Gw ambil cas-casan di jok belakang, en voila, telpon deh montir terdekat!"

Gak nolak kalo montirnya cakep.. Sumber
"Oh.. mobil ini yang rusak cuman spionnya, jadi gak usah takut sih.. nyantai..!"

tpi gw urungkan niat untuk menjawab dengan jawaban di atas,,, hahaha... 

Dan... pertanyaan yang membuat gw dongkol dan itu diulang sebanyak 3 kali dalam wawancara 3 menit ini adalah:

"Kapan kamu lulus?"

-_______________- Demi apa deh ini pertanyaan muncul.... Akhirnya gw jelasin kalo gw masih menempuh semester IX *duile*. Gw misalnya jawab tahun ini lulus nyatanya gak lulus-lulus, ya namanya pembohongan publik. Udah dah.. semua itu ada jalannya, jadilah gw jawab, "Gw lulus tahun depan buk, the beginning of the next year" gw bilang..

Dan, tampang Ibu itu langsung menandakan ekspresi ya-udah-deh-sana-pergi-aja-gw-kaga-butuh-elo. Mungkin yang dicari yang lulus tahun ini... Who knows?

***

Abis sholat, ternyata pengumuman lebih cepat daripada biasanya... 

Dan, gw kaga lolos ke babak selanjutnya *lo pikir kuis siapa berani?*. Begitu juga dengan 3 sekawan gw.. gw kasih predikat lagi deh... 3 senasib!! Gw-Anang-Abi-Sehul.... Semoga tes berikutnya lebih baik. 

Hikmahnya adalah, gw kudu lulus!!! Entah bagaimana caranya!!!

4 komentar

Gama mengatakan...

lulus kuliah tho maksudmu son?

Abi Dzikri Alghifari mengatakan...

kayaknya jaawaban, "yang rusak cuma spionnya kok bu.." itu keren banget..

Pasti bakal ketawa tuh Bu Kris..

Tapi, paling habis ketawa bilang, "hahaha, you're so funny! GET OUT!"

Anonim mengatakan...

q dapet pertanyaan sama son, dan q jawab, 'fix the car'..tapi pak wijaya gak percaya gitu deh kkl q bisa benerin mobilnya..ahaha,memang nasib orang,sapa yang tahu..

Anonim mengatakan...

pling bingung kalo dapet pertanyaan kaya gitu, masih mending dapet pertanyaannya seputar'what do you know about callenge,what do you know about organization'

Diberdayakan oleh Blogger.