Belajar Memasak : Pasta!

Pasta (Korean Drama)

Lalalala~

Sedang ingin posting, kalo biasanya gw paling kaga sempet masak, en lebih memilih untuk jajan di luar, tentunya tanpa tanda kutip. En, kaga biasanya juga gw suka drama korea, sinetron indonesia aja gw kaga pernah nonton, mungkin gara-gara iseng di Dewa net (tempat ngenet paling gahoool se-Jogja), gw cobain nonton nih pelem... semacam beberapa episode gitu... Hmm... sebuah drama yang gak biasa... penuh masakan yang bikin ngeces dimana-mana, tentunya semua istilah-istilah per-pasta-an mulai gw denger, begitu juga dengan sebagian teknik-teknik, plus cara dressing yang keren. Seperti kata Chef Juna, sebuah hidangan itu harus memukau, seenggaknya sebelum dimakan, sehingga ada daya tarik yang cukup besar untuk menyantapnya. 

Okelah, bersamaan dengan niat diet (baca : wajib militer) gw pasca lebaran kemarin, akhirnya gw pake uang THR yang kaga seberapa, untuk membeli beberapa keperluan di Mirota Kampus. Banyak hal yang gw beli, sampei akhirnya gw lupa beli bahan yang paling paripurna, pasta. Baru keinget pas udah sampe parkiran en udah mau meletas pergi... kok rasanya ada yang kurang... Lagi-lagi gw kembali ngantri... dan orang bodoh adalah orang melakukan hal sama dua kali.... --a

Dan, gw pun beli beberapa bahan seperti pasta, lada bubuk, cabe bubuk, kentang, bawang bombay, susu skim, keju, olive oil, bumbu bolognese, brokoli, dan banyak lagi.... paling mahal ya tetep, olive oil... -____- hampir setengah dari total belanjaan.... kekeke....Dan emang itu bahan untuk dua main course, stew ala korea gitu ama pasta ala italia, dua kultur berbeda dengan rasa yang berbeda...

Gw bahas dulu yang pasta.... Dari hasil searchingan di Youtube, dan berbekal pengetahuan en field trip ke Pastagio dan sebagainya, akhirnya gw memutuskan untuk membuat tiga macam hindangan yang menggunakan pasta spaghetti.  Well, sebelumnya pasta itu bukan hasil akhir, tapi bahan dasarnya. Jenis-jenis pasta yang populer di Indonesia cuman ada empat, Spaghetti, Fettucini, Fussili, ama Penne, padahal sebenernya ada banyak lagi di italia sana, kalo di drama korea itu ada yang pake ravioli, pokoknya namanya keren-keren... hehehe....

Spaghetti a la Carbonara

Idenya adalah setelah gw liat masakan di pastagio itu, ternyata susaaaaaaaahhhhhhh juga ngebuatnya. Hal yang paling khas dari Carbonara adalah, dia menggunakan campuran telur, susu, dan keju, sehingga harusnya ada semacam cairan kental berwarna putih yang keju banget seperti di pastagio... Tapi gw melakukan kesalahan, apinya lupa gw kecilin, atau gak pake api juga sebenernya fine sih, jadi telurnya kematengan, jadi semacam urak-arik, susah diangkat, dan gak creamy, itulah salahnya di masakan gw ini.... jadinya rasanya ya enak sih, tapi jadi agak kecewa, karena harusnya bisa lebih baik... creamynya ituloh yang gak dapet...
Spaghetti a la Carbonara (kematengan)

Spaghetti a la Aglio de Olio

Bentuk spaghetti favorit gw.... bwahahaha.... rasanya keju, ketika dicampur garnis ama lada hitam en lada putih, jadi rempah banget.... Yang khas dari masakan ini adalah banyaknya kadar minyak zaitun/olive oil yang sengaja ditambahkan, tetapi jumlahnya juga gak boleh banyak-banyak kayak bikin salad italian dressing atau pesto, harus seimbang.. Sumpah... enak banget............ Blum ada gw pernah makan ginian di jogja... Gak takut deh ama minyak yang banyak, coz, ini extra light olive oil.... si @hafiddjo, temen SMA gw bilang, enak gilak!!! rasanya beda sama penampilannya, ya iyalah, pas gw ngehidangkan ke dia kan gak gw garnis.... ahahaha.... Tapi nyokap gw kaga suka, gara-gara enek!!

Spaghetti a la Aglio de Olio (perfect^^)

Spaghetti a la Bolognese

Ini adalah spaghetti jutaan umat, terutama di Indonesia, tipikal spaghetti paling umum ya yang begini ini.... merah dan daging sapi di atasnya.... Nyokap gw juga bilang, spaghetti itu ya kudu merah.... Itulah kesalahan mindset, padahal spaghetti itu nama pastanya, bukan jenis makanannya.... Aduh--- aduhhh... susah meyakinkan.... Oke, karena dari awal emang gw kaga concern tentang Bolognese, karena gw anggap ini udah jadi menu paling general, walopun sebenernya ngebuat saus tomatnya itu kudu dengan perjuangan yang tingkat dewa banget, tapi gw cukup beli bumbu bolognese yang udah jadi di pasaran... Tinggal masak ulang bumbunya pake olive oil plus sedikit lada hitam, voila, jadi deh.... kata @suryasheina enak!!! Oke dehh....

Spaghetti a la Bolognese a la Chef Adam (>.<)
Begitulah tiga jenis olahan pasta yang gw buat dalam tiga hari.... Ini semua disajikan di siang hari karena untuk mendukuing program diet gw, jadi, siang hari waktunya makan enak.... bwahahahaha..... Satu yang blum terlaksana, yakni pesto.... semacam Aglio tapi pake potongan petersely ama basil yang banyak, sehingga bakal berwarna hijau, kalo Vongole, gw kan emang kaga suka seafood, kalo Marinara, mungkin kapan-kapan bakal gw buat, coz itu lebih gampang dari Carbonara... hehehe...

Begitulah, berikutnya mungkin gw bakal posting masak stew gw... plus memasak mie instan menjadi semacam Aglio.... Mantap!!!! 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.