Kisah Job Hunt #2 - B.U.M.A

Kemudian Jobfair pun dimulai... Jobfair kali ini lumayan banyak stand-stand perusahaan tambang yang unjuk gigi... salah satunya adalah B.U.M.A... bukan Badan Usaha Milik Asing, tapi semacam perusahaan tambang yang lokasinya di Kalimantan sono... Ngomong2 soal B.U.M.A itu gw jadi keinget tentang Bumi Manusia buku karangannya Pramoedya Ananta Toer,, apakah memang singkatannya adalah Bumi Manusia? Gw kaga tau... 

Dan, secara lagi jobfair, jadilah gw ama temen-temen gw pada heboh daftar di sini.. karena gw barengan si Dicky @co_cho ama Iwan @iwanjon, maka jadilah tes-nya pun barengan di ruangan yang sama, bareng juga sama Gigih, Ichwan, Zuhdi... Sedangkan beberapa temen lain juga ikutan nyusul kayak Nike, Yudis, Anang, Prina, Didi, Danaz, gitu deh..

*Tes Psikologi*

Dan barulah gw mengalami serangkaian tes psikologi yang gw bilang keren... Lengkaplah... Gw juga baru pertama kali dapet soal Pauli disini... Wartegg juga baru pertama kali... Buat gw, menyenangkan... Karena si gigih songong, dia sok heroik keluar dari ruangan gitu... Menurut dia, pola pikir kita beda,, ya iyalah... gw, Dicky ama Iwan baru pertama kali ini tes psikologi, jadi kita tetep stay... Hoho... 

Paling asik en konyol adalah pas garap Pauli... Karena duduk gw ama Iwan itu depan serongan *???*, maka gw bisa liat ekspresi si Iwan jon setiap saat... Gw ngakak pas liat stamina si Iwan ini udah lemah banget pas ngerjain tuh lembaran Pauli.. Kita sama-sama shock pas ada temen sebelah gw bilang ke pengawas, minta nambah lembar... Ngepet.... Gw ama Iwan aja baru halaman pertama, dia udah ganti lembar... gw ama Iwan ketawa-ketiwi... entah apa yang ada di pikiran orang2 yang nambah lembaran itu... jangan-jangan mereka hobi melakukan Pauli di saat senggang.. *antiklimaks*. Sejak saat itu kata-kata Pauli jadi ngetren di kalangan gw-Iwan-Dicky. 

Begitu juga dengan tes Wartegg ama tes gambar pohon ama manusia... Iwan K.O... Gw yakin dah itu orang gambarnya pasti acakadut... Si Iwan gambar lingkaran aja gak sempurna mau bikin gambar manusia.. Kalo si Dicky gw yakin mungkin gambarnya bagus.. tapi entah kenapa dia pilih gambar pohon yang daunnya gugur di musim kemarau... terlalu banyak berimajinasi ini anak... Sadar bung... wake up.. wake up..

Setelah tes yang melelahkan itu akhirnya kita bertiga lolos..

*Tes HRD*

Abis dari tes tadi, ternyata adalah tes HRD... padahal gw-Dicky-Zuhdi-Iwan saat itu memutuskan untuk makan dulu.. jadilah kita telat sampe FEB... *lokasi tes*.

Well, mereka gak bilang kalo kita kudu ngisi formulir dulu sebelum dipanggil ama HRDnya masuk ke ruangan wawancara mereka.. Hmm... ternyata ada perbedaan, HRD yang satu ini langsung dari anak-anak psikolog yang suka banget ngomongin sifat manusia... Ternyata mau wawancara itu antre... mana sialnya dapet nomor awal en formulir blum diisi, jadinya, malah memperlambat diri sendiri... Gw baru masuk jam 3 sore, si Dicky jam 4an, si Iwan jam 6an... Tenanan... 

Hmm... wawancara kali ini tidak akan pernah gw lupakan, soalnya dari pertanyaan pertama itu langsung menjatuhkan mental sampe ke minus 100 derajat celcius... Mati gaya.. Mati beku... Mata si mbak-mbak ini benar-benar menelanjangi gw... sayangnya, kaga buat gw klimaks, tapi malah buat gw jadi frigid.. Sampe gw bohong dikit aja ketahuan... Ckckck... minum obat apa sih si mbak-mbak ini... Apa coba yang bisa disimpulkan dari satu lembar Pauli??? Kadang gw heran gitu ya... Gak mungkin deh itu Pauli bisa menerangkan gw itu orangnya cuek... hahaha... mbaknya terlalu kepo deh.. 

Ternyata si Dicky ama Iwan juga dapet mbak yang sama... mereka juga ditelanjangi habis-habisan sama si mbaknya... Cheque!!

Tapi, gak tau kenapa juga, LOLOS!! Gw ama Dicky ama Zuhdi... Iwan sayangnya gak lolos... gak tau... mungkin dia gampar mbak-mbaknya dengan kekuatan bulan.. atau mungkin perusahaan butuh orang yang narsis dan suka karaoke... jadilah Iwan gak lolos...

*Forum Group Discussion*

Akhirnya masuk ke bagian FGD, gw sebenernya paling deg-deg-an di bagian ini, soalnya di SLB gw pasti gagal... Hari pertama ada gw-Dicky-Danaz, si Zuhdi gak ikutan, ga tau alasannya apa.. Sedangkan di hari kedua ada Anang-Yudis-Prina-Didi dan lainnya. Oke.

Paling gw seneng karena yang bentuk model FGDnya itu keren.. Bener melatih manajemen en langsung praktik.. Simulasi.. Seperti membangun sebuah bangunan atas dasar pemikiran semua orang, kemudian diaplikasikan untuk benar-benar dibangun dengan modal selotip dam gunting, lengkap dengan cost managementnya, sehingga siap untuk dipresentasikan. 

Untungnya gw dapet temen-temen yang gokil, atau entah gw yang membuat gokil, gw mana tau... Ada Reza, ada Mail yang gendutan en suka ketawa geje, ada Romli, kecil tapi sepertinya penuh semangat.. Ada Manda, anak sipil yang keliatan udah berpengalaman banget dibidang persipilan.. Trus ada Tika, CS Mandiri ini paling yahud lah di kelompok, tapi mungkin udah agak tua dari gw.. haha.. Satu lagi namanya gw lupa, agak pendiem gitu, mungkin kendala bahasa, orang sumateraan gitu, jadi mungkin agak susah di komunikasi.. Plus Fathir dong, leader kita.. Paling keren keknya kalo disuru ngomong, pinter banget rasanya... 

Oke, asik sih, kita ngobrol ngalor ngidul.. bener-bener ngedesain itu bangunan pake ilmu kita masing-masing, gw dong, pastinya bakalan ngomongin dari sisi gempanya.. yang lain kayak si Manda keren banget dah pake ngajarin kita jenis-jenis kayu, jenis beton, jenis fondasi, jenis kaca, macem-macem, jadi nambah ilmu... plus lagi karena Fathir ama Tika bergelut di akuntansi jadi soal biaya, lancarr...

Gw merasa tidak begitu berkontribusi bagi tim, gw cuman membangun iklim yang gak "akward" aja diantara kita, bantu-bantu dikit, kerja dikit.. hahaha... tapi kenapa bisa gw selamat dari pilihan temen-temen ini.. Pas presentasi kita disuruh milih tiga orang yang paling enak diajak kerjasama, en orang yang paling gak enak en harus dibuang dari tim.. Seenggaknya gak ada yang milih aku untuk dibuang.. Dan, beberapa milih aku untuk ada dalam timnya... gw terharu... :)

Tapi, seenggaknya pernah kenal kalian lah... Miss u all guys... :) seenggaknya juga kita pernah foto sama tester kita.... hahaha....

Manda - Romli - Tika - User - Fathir - Gw - ? - Mail - Reza

*User*

Dan, gak nyangka gan gw bisa lolos FGD.. Miracle!!

Tapi ternyata User ini lebih susah dari yang gw pernah duga, apalagi gw masih terbilang urutan awal di MT-ENG.. Apalagi si Dicky W.O. Adalah gw sendirian nungguin tuh bapak-bapak User... Sebenernya waktu wawancara, gw udah yakin deh bakalan lolos... Gw udah jadi minat 100%, gw udah sampe ngimpi-ngimpi gak jelas... tapi, rupanya memang bukan rejeki-ku.. itu kata orang bijak...

Gw cuman bisa ikut seneng deh ama yang lolos.. hahaha... Semoga bisa bertahan di sana setahun lamanya.. lumayan tuh.. sapa tau dapet cewek sono... bwahaha... Anang-Yudis-Prina...

Dan sekarang gw punya tahap baru untuk deg-deg-an, yaitu User... 

Salam buat Menyengers.. hahaha... Iwan sarap banget...

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.