Kisah Job Hunt #5 - Junior Researcher

Hmmm.. kalo ini bukan job hunt tepatnya, tapi emang udah bener-bener kerja, walopun cuman sebulan lamanya. Kalo dalam surat kontraknya itu ada istilah perjanjian non-competing right yang waktunya sebulan dari semenjak resign dari perusahaan itu, maka, ini udah mungkin bulan ke 3 dari semenjak gw resign.

Well, Definit sebenernya gw kaga tau pegimana mengungkapkan... mendeskripsikannya... Semacam lembaga research di bidang ekomomika dan bisnis dan akuntansi...

Berawal dari ajakan Agil, temen KKN gw, beserta Mbak Danik, dan Mas Beny yang juga ikutan mojok-mojokin gw buat daftar... Awalnya, gw ama Agil yang emang berencana mengisi kekosongan waktu dengan bekerja di tempat yang sama, jadi bisa lebih cepet adaptasinya.. Maka dari itu, langsunglah diadakan wawancara Definit.. Waktu itu karena lowongannya adalah buat Data Puncher *pemukul data?*, jadilah gw terlalu over PD aja kali ya pas wawancaranya, lagian background gw jelas-jelas berbeda 379 derajat ama orang-orang lain di lingkungan ini... Rata-rata ya ekonomi, ato setidaknya sosiologi, atau IT, atau paling paling deket ama MIPA adalah matematika, sedangkan gw Fisika, geofisika lagi... Jadi, gw ngomong hukum ketiga einstein mereka muntah-muntah.. 

Dan, pengumuman Definit adalah sewaktu gw tes IBM, di situ tertulis, bahwa gw kaga diterima, eh malah Agil yang diterima... Sungguh... En, akhirnya gw kaga terlalu menggubris itu...

Beberapa hari kemudian, pas gw lagi belanja di Indomaret Jakal, tiba-tiba ada telpon dari nomor rumah, jebulnya Definit, katanya gw disuruh langsung masuk hari Senin, padahal hari Senin itu bertepatan dengan Gladi Resik Wisuda Februari kemarin... Agak galau juga sih, tapi okelah...

***

Akhirnya masuk juga, gw kudu beradaptasi dengan cara-cara di Definit itu, setelah pakaian kudu resmi, pake celana bahan, pake vantoufel, pake kemeja rapih, tas taroh loker, ada pantry juga, gimana cara pake WC kering, gimana sistem komputer dan sistem duduk di sini, gimana tata bicara di Definit, dan apa yang dilakukan setiap senin..

Berhubung itu Senin, jadilah ada yang namanya rapat plan untuk seminggu ke depan.. Plus gw baru tau ada namanya kupon ama bintang.. lalala yeyeye... absurd... oke.. gw setuju aja deh, tapi gw gak yang bersemangat untuk mendapatkan, err untuk memainkannya... just be usual..Jadi, kupon itu kalo lo bersalah en melakukan suatu pelanggaran tertentu, en bintang itu kalo lo merasa berterimakasih pada seseorang.. Kupon yang paling sering adalah kalo telat... en kalo bilang "aku-kamu"... Perlu adaptasi yang berlebihan sekali untuk menghindari kata aku-kamu ini... sangat berat sekali menggunakan kata anda-saya, jujur, sampai sekarang gw blum bisa menghilangkan kebiasaan sebulan itu... kadang-kadang gw masih suka pake kata aku-kamu... setidaknya untuk beberapa hari pertama kan gw bareng ama temen-temen yang gak bakal nguponin gw.. Btw, lupa matiin lampu aja juga bisa kena kupon, apalagi lupa matiin monitor kmoputer... gw pernah tuh... rekor gw adalah 4 kupon dalam seminggu.. artinya gw kudu bayar 4000 perak ke admin.. tapi minggu itu juga gw dapet 4 bintang, semacam impas.. 

Jadilah hari-hari gw yang harus berada di kantor even hari Sabtu, sampe malam banget... biasanya sampe jam 6 gitu gara-gara kita pake buat ngenet dulu sejam.. soalnya waktu istirahat cuman sejam di jam 12 ampe jam 1 plus jam sholat = jam istirahat tambahan, paling sampe meja lagi itu jam setengah dua.. Hiburan di meja adalah mp3, en pantry.. Btw, walopun terlihat kaku, tapi jujur menyenangkan sih orang-orangnya, Pak Bagus menyenangkan, mbak Vica walopun  kata orang galak, tapi menyenangkan juga kalo udah berada di zona relax, emang sih kalo lagi sibuk, sibuk banget, yang lain juga sama menyenangkannya, ada Mas Indro, Mas Pando, Mas Guntur, Mbak Sita, Mbak Uta, Mbak Christie, dan masih banyak lagi... Apalagi sama temen seumuran, Angger, Nia, Seto, Akbar, Arif, Wulan, Agil, Beny, Lia... 

Mengenai kerjaan, sebenernya sih awalnya cuman masukin data hasil survei mengenai house-hold expenditure berkaitan dengan suatu produk Bank tertentu gitu trus nanti dianalisis, tapi sesi pemasukkan data en validasinya bisa sampe dua minggu karena datanya berasal dari beberapa propinsi di Indonesia..  Selain itu di minggu ketiga, kita mulai disodori yang namanya rekening koran, en gw disuru masukin itu ke program yang dibuat Mas Guntur untuk dianalisa nantinya.. Sumpah, masukin tuh rekening koran kalo kaga sabar kaga bisa deh... Sampe mata jereng deh itu... Anyhow, gw sama rombongan geng hore definit itu kalo istirahat makan siang pasti ngobrolin tentang rekening koran... bahkan jadi hobi baru di kalangan mereka.. hahaha.. 

Sampe akhirnya ada sebuah rapat yang menyatakan bahwa tugas kita sebagai data puncher sudah selesei dan siap untuk tantangan baru yakni sebagai analis, kebetulan sekali gw dapet bagian profitabilitas, hmm... tugasnya ya membuat prediksi analis lanjut untuk beberapa Bank, tingkat keuntungan mereka.. ada banyak hukum, aspek yang digunakan sebagai tolok ukurnya sebenernya... en gw udah mulai mati di sini... yang pasti, gw dapet job awal untuk transpose data, data per Bank kudu dijadiin data general yang sudah embedded dan siap di analisa... Hadehhh... Tiap hari galau...

Sayangnya gw kudu resign bukan karena gw kaga tahan dengan tekanan mental spiritual disini, tapi karena ada wawancara kerjaan dalam waktu dekat, walopun akhirnya yo gak keterima.. pancen og.. Mbak Vica bilang kalo mau balik masih diterima, hmm.. tapi, ya gw gak suka sistemnya aja.. capek beneran... lelah tingkat nasional... pulang kerja pasti langsung tidur.. untuk ukuran jogja, terlalu memforsir sekali.. Jadilah gw keluar pada tanggal 19 Maret 2012, due date. Sehari kemudian Akbar, temen gw juga, keluar juga... bwahaha...

1 komentar

Beny Yulanta Putra mengatakan...

bbeeeewwwww.... dan tepat tanggal 1 Juli 2012 gw keluar DEFINIT.... wkwkwkwkwkwk....

Diberdayakan oleh Blogger.