Field Trip Geologi Dasar 2013

Ikutan lebay tetangga sebelah...

Oke... setelah setahun berjalan dari kegiatan fieldtrip sebelumnya... Silakan baca di sini untuk postingan tahun lalu... Well yeah... Yang pasti dan tentunya en pastinya kita (gw) kudu berterima kasih ke field trip minlog karena telah memperkenalkan apa itu fieldtrip ke mahasiswa baru angkatan 2012 ini... Kali ini gw kaga tau siapa ketuanya.. antara Amar ama si Isnain gitu.... Katanya dulu amar tapi kenapa di hari H malah si Isnain yang ribet geje ngurusin bis ini itu... 

Well... Fieldtrip geodas 2013 kali ini dilaksanakan pada tanggal 26 Mei 2013... Sehari setelah waisak dengan hati yang riang gembira dan gegap gempita seluruh anak 2012 menyambutnya dengan pada ontime banget kumpul di Hubi... Cuman masih pada rempong parkir di Sardjito, padahal di HM juga bisa-bisa aja buat parkir.. 

Sayangnya semalem kayaknya hujan turun dengan bombastis, jadi pelataran Hubi (hutan biologi) jadi basah en kaga bisa diduduki... Pity... Walo sebenernya kaga direncanakan untuk ada pretest, tapi mungkin berkaca dari fieldtrip sebelumnya, mereka pada baca sana-sini... sotoy sana-sini... Karena kita kasian gitu, maka di Dwinov ngebuat semacam pretest, gampang pake banget kalo belajar sih... Cuman disuruh nyebutin nama-nama formasi yang ada di Bayat dari yang paling tua ke paling muda... Yang ada mereka kan belajar nama-nama formasi di pegunungan selatan ya WYSIWYG, semua nama itu ditulis, padahal kan Formasi Nglanggran kaga ada di Bayat... Formasi Semilir juga kaga ada di Bayat... 

LOL... 

Masalah yang paling GEJE di sini adalah kedatangan BIS yang kaga kompak.... dhewe dhewe... pesen sih empat bis... tapi yang udah standby baru 2 dari jam 6 itu... bis satunya dateng lagi jam setengah 7.... bis terakhir datengnya marmos.... nunggu lama banget ngono marai ra minat fieldtrip jane... Nyut nyut nyut.... Ampe jam 7 ato setengah 8 mboh... baru dateng... njuk baru scattered tuh anak-anak... kasian kelompok 9 (kelompoknya Wisnu) yang kudu disummon ke empat tipe bis... hahaha.. ra jelas... 

Untungnya Pak Udin kaga ikut, kalo ikut MBOH deh... bakal ada perang dingin jilid dua mungkin buat anak 2012... LOL... Then, bus gw akhirnya penuh sesak.... en bus paling belakang (bus 4) di isi oleh mayoritas 3 kelompok, kelompok VII (kelompoke mas Tatadh "Afgan" Maulana), kelompok VIII (kelompok gw), ama kelompoknya Wisnu... Sayangnya Tatadh dapet kursi... Gw ama Wisnu kaga... Jadilah kenek... Akhirnya gw ama Wisnu gantian... Wisnu duluan jadi kenek gw duduk... Trus pas udah ampe Srowot, gw jadi kenek, Wisnu duduk... Btw, satu lagi.... Ini ketuane lali minjem TOAK... Megacot!!! Edan ae.... Mana si Koor asisten (Dwikong) lagi sakit tenggorokan akibat bergaul bebas ama pembicara SEG itu... hahaha... LOL... Jadilah karena Pak Udin kaga ikut, kita udah bagi-bagi harta, siapa yang nerangin apa di STA mana.... begitulah... gw dapet nanti di STA 2 LP 3...

Akhirnya kami pun berangkat dengan cukup sopan... Aaa... Foto-foto di Bis.... Nggosipin Khima... Nyu nyu nyu... 

***

Oke, STA 1 akhirnya ada di depan mata... Gunung Kampak, gw udah males pangkat lima belas ke sini... ya... karena udah berkali-kali... Emang sih.. Paling terkenal karena paling bagus untuk menjelaskan tentang batuan karbonat baik yang terumbu (dulunya) maupun yang klastik... Cuman kegiatan penambangan di sini udah taraf siaga limabelas... paling kalo kaga ada dinas perlindungan kekayaan geologi dan petrologi, mungkin kita kaga bisa ketemu ama singkapan ini lagi sepuluh tahun ke depan... padahal ini penting... Sama dengan Gunung Jeto, Gunung Kampak ini bagian dari Formasi Wonosari yang unik karena berada jauh dari Wonosari... Itulah,... Masih inget gw di Gunung Jeto (pas gw petrologi), di sana ada singkapan mega slump yang bisa menunjukkan gimana paleocurrent jaman dulu batuan itu terbentuk.... Daebak lah... 

Balik lagi ke fieldtrip, di sini dibagi 2 subpost, yaaahh seperti yang dilakukan pak Udin setahun yang lalu.... ngukur kedudukan bidang... rekonstruksi lingkungan pengendapan ama arus purba... trus kedudukan sumbu kekar yang diisi ama kalsit en dolomit yang tumbuh tegak lurus ama bidang kekar,... ama tentu saja bidang sesar, breksiasi, ama striasi yang ada di bagian Utara... Sebagian masih bingung gimana cara nyeketsa yang baik... Tapi tingkat keingintahuan mereka cukup besar... Anyway, gw lupa bilang, kalo untuk fieldtrip ini kita pake sistem pilih asistenmu... Tentu saja anggota kelompok gw adalah yang milih gw nomor satu... En dua orang yang milih gw nomor dua... karena peminat Dwikong melebihi kapasitas... Gw kaga tau kok bisa mereka berchherybelle ini milih gw jadi nomor satu, tapi by the way, terima kasih buat kalian wahai Dina, Halim, Ambo, Sinta, Salma, Rejo, Hari, Yoggie, ama Dwi... Kamsahamnida deh... Buat Radhi ama Hap-hap.. walopun gw dinomorduakan... gw tetep bilang makasih aja deh... hahaha... 

Bagian Selatan Gunung Kampak (Sumber: Instagram gw)

Cuaca Gunung Kampak hari itu sungguh kurang ajar... Panasnya membahanak.... Keringet ngucur cepet banget... Apalagi di sebelah selatan... Evaporasinya tinggi, jadi panas beud.... hahaha... Ampe si Sisca kaga kuat kali ya... Katanya sih masih dalam masa penyembuhan abis sakit... jadi wajar deh... Akhirnya seperti biasa, ritual dilanjutkan dengan presentasi per kelompok.. tentu saja TANPA TOAK.. Sehingga kalo mau ngomong kudu keras betul...

Well... mungkin karena bis gw nomor 4... secara nomor 4 kan nomor sial tuh di China... Maka, pucuk dicinta ulam tiba *iki artine opo, asal nulis*, BIS GW SLIP.... Cukup gahool bukan?? Sopirnya kaga sempet meriksa tanah tempat berpijak ato gimana *njuk nyalahke sopire*... Akhirnya secara hektik, para penumpang bis gw pada turun dibantu ama anak-anak bis 3... DORONG bis... Itulah teamwork.. hahaha.... Asolole sekali... 

Dorong BIS... Super geje!! (Sumber: Instargam Gw)

***

Heading to STA 2.... Karena mempertimbangkan efisiensi en jaga-jaga kayak setahun yang lalu yang HUJAN ngebetein... Akhirnya gw propose kalo LP gw dimajuin... gw yang kudunya nerangin di LP terakhir, jadi kudu nerangin di STA 2 LP 1... Kudunya praktikan pada berterima kasih... hahha.. soalnya kalo jadi gw LP 3, mereka bakal menjalani medan geofisika... LOL... Trekkingnya kaga nyante... Potong konturnya asolole sekali... Untung aja kaga jadi... hahaha... Kalo kalian KL di Bayat mungkin bakal kesini lagi... hohoho...

Next, LP 1 adalah di menara air itu.... bagian timur Gunung Pendul... Klise... gampang... hahaha... Harusnya gw mau nunjukin adanya sill di sini... cuman sayangnya tempat ini kaga dilindungi oleh dinas geologi... hahaha.... jadi banyak vegetasinya... singkapan tertutup vegetasi, en gak mungkin bawa parang untuk membasmi semua vegetasi yang ada... hahaha...  Berarti terakhir ngeliat singkapan ini adalah ketika gw KL... which is tahun 2009... 

Then, karena bis diparkir di Lapangan di deket desa Watuprahu kek biasa, maka dari menara air ke mesjid watuprahu kita jalan kaki... trus sampe mesjid, then ishoma sejam.... Gw pun menyempetkan diri untuk BOKER... tenanan... wow sekali... Ibu-ibu penjual minuman itu baik sekali... Kita dibolehin boker ama minjem kamar ibadahnya di rumahnya buat sholat... karena gw, Wisnu, ama Anas mager gitu ke mesjid... 

Penjelasan di STA 2 LP 2 - Watuprahu oleh Wulan & Wisnu Gejek (Sumber: Instagram gw)

Akhirnya pas udah jamnya, kita naik dikit ke barat... En, giliran Wisnu ama Wulan yang presentasi... LP 2 adalah tentang formasi sedimen yang tertua di Pulau Jawa... Yak, formasi Wungkal-Gamping dengan fosil paling termashyur adalah nummulites sp. hoho... Wisnu keliata kikuk... hahaha... Lucu ah... Di sini akhirnya gw menjelaskan sejarah singkat Bayat.. bla bla bla... Gw pengen kelompok gw itu paham... Gitu sih... Diakhiri ama sesi foto-foto kelompok di sini...

Kelompok VIII: (Atas) (Ki-Ka) Gw, Sinta, Halim, Rejo, (Tengah) Dina, Salma, Hap-hap, Ambo, Amar, Hari, (Bawah) Dwi, en Yoggie (Sumber: FBnya Halim)
Kalo tetangga sebelah endingnya superdaebak, Pantai, maka ending LP geodas juga daebak dari segi umur... Formasi bedrock yang tersingkap di permukaan... Oke... di lereng selatan Gunung Semangu, isinya gak lain en gak bukan adalah batuan metamorf... hahaha... Hampir semua ada di sini, kecuali mungkin serpentinit.. Dan sodara Tatadh akhirnya unjuk gigi di sini... nerangin tentang apa yang ada di sini...kenapa ada kuarsa/kuarsit di antara filit/sekis.. marmer dan sebagainya... Cukup terjadi perdebatan yang cukup unik di sini... Sampe akhirnya hujan rintik-rintik berintensitas sangat kecil pun terjadi... Nggak segede pas geodas 2012, minimal gak ngebuat baju basah itu aja... hahaha...

Dan, akhirnya fieldtrip pun selesei lebih cepat dari yang gw duga... jam empat udah rampung.. Once in a blue moon sekali... Maka, abis pada sholat ashar *di mesjid tadi lagi* akhirnya masuk bis lagi... En ONCE AGAIN... bisnya masuk lumpur lagi.... NDORONG lagi... Nyot nyot... -________-

Biasanya keadaan bis pulang bakal berbeda 180 derajat... kalo pagi kan masih seger tuh... lha ini, tak pikir bakal pada kecapekan trus pada tidur.. trus hening krik krik... Ternyata beda banget... Sebagian malah pada mainan game, yang akhirnya gw ikutan... awalnya sih lomba jayus-jayusan, trus jadi sobyong, trus diakhiri dengan medley lagu... Hahahaha... Sumpah somplak banget... kita jadi lupa udah nyampe mana... pokoknya seru... malah jadi karaokean sebis.... walopun ada sebagian yang kaga peduli dengan tidur, tapi sumpah itu momen paling gak pernah terjadi even di angkatan gw sendiri... Kalo di bis ya wes.. pada diem... zzzzz.... Endingnya adalah ngejekin Khima... lol... pake lagu-lagu sendu geje... hahahaha... Ehem Ehem... 

Dan akhirnya fieldtrip pun rampung...

***

Dan akhirnya praktikum geodas pun rampung dengan ditutup oleh responsi peraga ama responsi tertulis ama geodas awards 2013 setelah setahun sebelumnya kaga ada... Dari gw sih.. Oke, nilai untuk responsi peraga ama responsi tertulis udah gw leak di postingan ini... Bisa diliat... biar kalian bisa mengukur kemampuan kalian KHSUS di batuan beku, ya, secara gw disematkan menjadi asisten batuan beku... Dan nilai yang terpampang ini BUKAN sama dengan nilai akhir kalian... karena ini cuman nilai RESPONSI... nilai akhir sama dengan nilai dari semua acara + laporan fieldtrip + dll... So, kalo di sini kamu jelek BUKAN BERARTI terus kamu bakal dapet JELEK juga di nilai finalnya... Just for RESPONSI, responsinya juga CUMAN responsi BEKU... Ok!! 

Daftar pemenang Geodas Award (pin-holder 2013):

Pin. Selamat buat yang udah menang!
  1. Mineral Expert : Randy A.S
  2. Igneous Expert : Sulistyo O.P
  3. Sediment Expert : Hendra G.W.
  4. Metamorph Expert : Hastin C.D.
  5. Structure Expert : Fachry A.
  6. Geomorph Expert : Tangguh S.
  7. Geochron Expert : A. Rozak
  8. Topograph Expert : Hasna M
  9. Instrument Expert : Ahmad Reza

Btw, thanks juga buat para asisten yang unyu-unyu en udah mendisiplinkan adik-adik 2013... yang udah praktikum seminggu TIGA kali.... Buat gw ini praktikum paling menyenangkan selama ini... lebih menyenangkan dari geodas 2012.. Indeed... Dan secara resmi gw udah pensiun dari per-asistenan mata kuliah berbau geologi mulai sekarang ke depan *kecuali diminta mengisi, sebagai asisten undangan - asisten tamu*. 

Asisten Geodas 2013 (Click to enlarge) LOL.... Thx... Gomapseo!
Sampai jumpa di waktu yang lain! Bye!

***

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.