Sekedar Wisata Kuliner Jogja #8 (PPT and Lebaran Inside)

Annyeong haseyo yeorobun (halo semua!)

Semacam udah lama banget gw kaga ngeblog... whoaa... ketoke kok blog-e matisuri ngene... wkoakowkoa... Anyhow, sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya jika gw dan segenap crew fraithzone entertainment mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Firti 1434 H... Yah, kalo mungkin gw ada banyak salah yang terucap atao yang tertindak, ada baiknya berkenan untuk dimaafkan... Mungkin lebaran ini kaga semudah niat awalnya... Niatnya mau beneran beribadah, tapi semenjak banyak undangan buka bersama ini itu tetek bengek rempong dan rempinak itu gw jadi limbung en absen taraweh... zzzttt... 

Dan, sebulan ramadhan jebulnya cepet banget, sampe SHINee aja udah ngeluarin album repackaged kedua... Bwahaha... Bulan puasa sama dengan bulan kuliner, karena gak tau kenapa ada tendensi untuk berbuka di suasana yang berbeda setiap harinya... bwahahaha... Sebenernya di rumah juga udah ada takjil dari mesid depan rumah, jadi abis buber di luar ge buka juga pake takjil itu kalo blum kenyang, akhirnya jadilah peningkatan berat badan yang signifikan di bulan puasa... Ouch...

Beberapa tempat yang mungkin bakal gw review bakal ada di bawah nanti, selain yang gw review itu gw juga sempet berkunjung ke Masjid Pogung Raya ama Masjid Jogokariyan buat buka bareng gratisan.... 

Sumber: Instagram gw.. follow @fraithzone
Nih, list tempat gw buber... bwahahahaha....


DayDatePlacePrice
19-JulKopitiam Oey-
210-Jul
311-Jul
412-Jul
513-Jul
614-JulD'Gejrot15,000.00
715-JulMichigo!62,000.00
816-JulMusiro40,000.00
Mel's Burger25,000.00
917-JulGotri25,000.00
1018-JulCha-Cha Taiwan Milk15,000.00
Mie Ayam Ceker10,000.00
1119-Jul
1220-JulMasjid Jogokariyan-
1321-JulKKN Wisnu 2010-
Soto Pak Saleh15,000.00
1422-Jul
1523-JulFrankwurst62,000.00
Calais25,000.00
1624-JulMasjid Pogung Raya-
1725-JulMie Pedazz15,000.00
1826-Jul
1927-JulSerba Sambal15,000.00
2028-JulRumah Bu Ade-
Arigato Café20,000.00
2129-JulBocadillo Bread20,000.00
Bakso Pak Min10,000.00
2230-JulSilla-
2331-JulKedai Bambu-
241-AugPaparon's Pizza67,000.00
252-AugTimbul Roso30,000.00
263-AugJuyo Ramen25,000.00
274-AugPadang Murah10,000.00
J.Co19,500.00
285-AugBebek Pak Slamet-
296-AugPepper Lunch67,000.00
307-AugL'Cost20,000.00
Total Price612,500.00


GILAK... jebulnya setelah di total nyampe juga ya 600.000... Hell... Mungkin gw ada yang lupa, sehingga mungkin ada yang blum gw masukin di tabel itu?? Liat Nanti lah...

Oke, kita review beberapa tempat baru yang mungkin bisa jadi rekomendasi elo-elo anak muda gahool jogja yang mo makan ditempat yang baru... hahahaha.... Oke, sebelumnya gw kasi Range harga: [Low end] sekitar 5000 sampe 20000, [middle end] sekitar 20000 sampe 50000, en [high end] kalo lebih dari 50000.

Kopitian Oey
Range Harga : [High end], untungnya dibayarin Made.
Category : Indonesian Restaurant
Rasa : 2 dari 5

Well... mungkin hari itu pas hari naas buat gw ke Kopitiam, well mungkin Kopitiam ini punya cerita sendiri di hati gw *duile*, gara-gara dulu gw pernah ngelamar di Kopitiam ini jadi Manajer bagian kreatif gitu... cuman entah karena alasan apa gw kaga dipanggil lagi, yang elas pas itu gw lagi beleken... bwahahhaha...

Oke, Kopitiam Oey ini adalah salah satu rumah makannya Fajar Montana, sama kayak Foodfest ama Michigo (ntar di bawah detailnya), jadi emang kalo dilihat dari arsitekturnya sih joss gilak... apalagi letaknya di kawasan elite samaan ama Takigawa ama R&B Grill yang naudzubillah mahalnya itu...

Untungnya waktu itu Made ngajakin, en bebas milih, gw paling kaga suka sebenernya kalo gw yang nentuin coz pasti bingung kan... Jadilah waton liat forusquare, tempat makan terdekat, voila, nemu juga, Kopitiam, pas banget ama gw yang blum pernah... hahaha...

Oke, ketemu made ki rasane piye ngono... hahahaha... keren lah pokoknya... en dia bilang asal milih aja... oke... Secara dari dulu pas gw posting tentang makanan internasional gw penasaran ama makanan Inggris, which is Fish & Chips, maka gw pesen itu dengan anggapan bakal sama kayak aslinya... En, atas rekomen dari Fey, gw pilih apaan tuh Pindang sapi bla bla...

Chit chat with Made....
Ngobrol-ngobrol lebih lanjut tentang pengalaman Made di USA kemarin, trus datanglah pesenan kita... Well... Jadilah pindang sapi bla bla bla tadi berbentuk seperti Rawon dan berasa setengah rawon, en kaga ada rasa pindang sama sekali... En, Fish & Chipnya beda banget ama harapan gw.. overcook en kaga ada dikasi lime... hahaha... saucenya juga... mung sambel ama mayo botolan geje.. FYI aja biasanya orang rumahan Inggris menambahkan campuran beer buat saucenya itu... en potongan fishnya fillet memanjang gede gitu kaga kayak yang di Kopitiam pokoknya... Mungkin Kopitiam kudu belajar lagi... ato mungkin Kopitiam membuat fusion dengan memversi Indonesiakan Fish & Chip... yaa... mungkin... hohoho...

***

Pepper Lunch
Range Harga : [High end]
Category : Japanese Restaurant
Rasa : 4*/5

Ini nih... gw diajakin ama Prima nyobain makanan baru... gw sih seneng-seneng aja, soalnya kaga pernah ke mall juga kan... I mean, jarang... perasaan terakhir ke Amplaz blum ada yang namanya Pepper Lunch... Ato emang sih juntrungan gw juga cuman ke Gramedia ama Carrefour doang kalo ke Amplaz... Ckakakak... Eh, jebul ada resto baru di sebelahnya XO Dimsum... Dari semua resto di amplaz yang gw pernah coba apa sih?? Baru Solaria sih jane... ini yang kedua...

Well.... GAK PAS banget kita (gw ama Prima) dateng pas hampir mau buka puasa di sini, yang ada karena restonya baru bukak kayak seminggu gitu, jadilah antriannya sebajek kere... Panjang sih enggak, sekitar 5 grup, tapi karena pasa nunggu buka, jadilah kaga ada pergerakan keluar masuk sampai buka berakhir,,, untungnya pas ngantri kita dikasih kurma ama staff Pepper Lunchnya... Lumayan mengisi...

Sebelum dicampur - Beef Pepper Rice

Then, kalo liat list harganya edan banget, paling murah itu 47 ribu... paling mahal mah lebih dari seratus ribu pastinya... gw pilih pilih, banyak variansnya, tapi setelah berpikir dengan bijak jadilah gw pesen menu paling dasar dari Pepper Lunch, yani beef pepper rice... gw minta telor ama keju sebagai topping. Voila... Pepper Lunch itu mengharuskan pembeli untuk men-sizzle hidangan kita sendiri, tentunya selagi pasih panas... Coz, kalo kelamaan nanti kaga bisa nyampur dengan baik... Emang sih bentuknya eatable banget kalo blum di campur.... tapi kalo udah dicampur... wes koyo muntahan bayi... bekatul bebek mirip mirip lah... hahaha.. Jadi nasi yang udah dikasih pepper ama butter dicampur ama beef yang masih semi raw gitu en telor en keju mozarella gitu... Tentunya dengan mangkung super panas yang katanya 240 derajat celsius itu.. Lupa gw moto yang udah dalam keadaan tercampur... Rasa?? Kenapa gw kasih bintang (*), karena rasa tergantung mix kamu... semacam judi... di samping ada dua bumbu, yakni bumbu asin en manis, gimana lo nyampurnya biar jadi enak... karena gw kaga suka manis, jadilah gw asin, sampek keasinan... Satu hal lagi, rasa kejunya mengganggu... mungkin nyampurnya kurang maksimal ato gimana... En, si Prima sih mesen curry apaan gitu, kuah curryny enak sih...

Hm.. gw kaga tau apa bisa kita suruh mbak-mbaknya yang ngaduk, maren sih kita sotoy, jadilah rasanya ya itulah... Prima bilang, ini yang terakhir kali deh kesini... Gw sih mungkin mau kesitu lagi, tapi kaga milih itu lagi... mungkin lebih ke teppan pastanya..

***

Juyo Ramen
Category : Japanese Restaurant
Range Harga : [Low to middle end]
Rasa : 3/5

Oke, banyaknya ramen di Jogja mungkin jadi referensi menarik buat pencinta ramen semua, salah satunya Juyo Ramen, tempat ramen baru ini menawarkan sensai lain dalam ramen... Lokasinya di Jakal km 10, deket-deket ladang buah naga itu.. Gw bisa bilang kalo dari rasa sih... ini one step below Hakone... Blum ada yang ngalahin rasa ramen di Hakone...

Curry Ramen
Gw pesen ramen kari... dari tekstur kuahnya sih mirip ama Hakone... Cuman mungkin isian lainnya ada yang beda... Demi apa ada jagung... paling kaga demen ramen yang pake jagung... errrr.... Lumayan lah... dengan harga paling mahal 17ribu udah bisa menikmati ramen yang cukup banyak di sini... Oiya... ada yang enak... namanya Thai Tea... ato Thai Milk... lupak... enak tuh....

***

Calais
Range Harga : [Middle to High end]
Category : French Drink Bar
Rasa : 4.75/5

Kalo lo anak gahool jogja pastinya udah sering dong ke Calais, tempat nongkrong wajibnya si Een hahahaha... Secara penggemar kota Paris, en penggemar nuansa Eiffel tower pastinya suka banget ama tempat ini... Oke, tempat ini self service, jadi jangan harap staffnya nganterin minumannya ke meja lo... lo kudu pasang kuping baik baik...

Punya gw.... Rose apaan gitu... enak!!!

Yang bingung... nih ada daftar harganya... Click to enlarge.. bwahahaha... XD (Sumber : Sini)

Well... untuk sekelas minuman berbubble mungkin Calais ini lebih mahal... dua kali lipat harga Cha-Cha Taiwan Milk Tea... Tapi emang worthed sih tempat dan lain-lainnya... Waktu itu gw dateng ama Romie ama Echa si mesum itu... sambil ngobrol sana sini... Gak terasa abis juga segelas gede... Gw lupa pesen apa... kalo gak salah rose milk tea pake topping pink bubble... enak... ho ho ho... cuman mahal.. -____-

Michigo
Range Harga : [High end]
Category : Korean Restaurant
Rasa : 4*/5

Oke... Ini tadi rumah makan yang baru diresmiin beberapa minggu lalu... Awal puasa... Dan jebule gw ama Fey ngereyen sebelum hari peresmiannya... geje maksimal... Walopun begitu tapi mereka udah bagus kok pelayanannya... En bagusnya mereka menerapkan pelayanan berbasis IT... cocok buat penggemar korea di jogja... bwahahaha...

Range harga sih sama kayak Hakone ya.. sekitar 25000 ampe 100000 mungkin... cuman menurut pendapat gw, ini korean restaurant tapi semacam di fusion ama Jepang... apalagi di dish yang berbentuk bento.... salad bermayo hampir jepang banget itu..

So, yang kudu lo lakukan adalah dateng, trus mesen makanan via IPad yang ada di depan... jelas lo bisa kontrol jumlah harga makanan lo sendiri... kalo galau bisa edit dulu *liat antri ato kaga*, kalo antri ya cepetan aja... kalo udah di konfirm, bayar dulu.... baru dapet semacam hape yang cuman layar doang... yang menemani lo sembari nunggu pesenan... Isinya yaitu MV-MV terbaru KPOP tentu saja.... Gw dong menikmati sekali fasilitas ini... Entah gimana kalo buat orang yang kaga tau... hahahaha... paling dianggurin aja...

Tapi gak bisa dianggurin ding, nanti di layar hape full KPOP tadi akan tertampil pemberitahuan bahwasannya pesenan lo udah jadi en harap diambil... Yak, karena self service, maka lo kudu ambil sendiri... bawa ke meja lo sendiri... Sebenernya kalo udah rampung juga kudu diberesin sendiri... Tapi karena mungkin waktu itu masih tahap percobaan, maka blum berlaku hal itu...

Bicara soal rasa... ENAK.... since it's fusion ama jepang ya... kiimchinya ya pasti bau kimchi dong... tapi yang lain... ENAK.... Patbingsoo-nya ENAK!!! aaaa... pengen pesen itu lagi... Pajeonnya enak juga... Sekedar info aja, Patbingsoo itu desert ala korea.. paling korea kalo ada kacang merahnya... hohoho.... Then, Pajeon itu semacam martabaknya korea... biasanya Kimchi Pajeon sih, cuman di Michigo ada banyak variasinya... Bibimbap, nasi campur, gw kaga ngerasain sih... Punya gw semacam bento... ada bulgoginya... ada Dalk (ayam) dengan bumbu merahnya... GOD, itu enak! hahaha...

Semacam gw puas waktu itu... Cuman sayangnya es patbingsoonya mencair gara-gara kelamaan menikmati bentonya... Daebak lah...

Pajeon (gw lupa isinya apa..).. sekitar 30.000

Bulgogi + Dalk + Giimbab + Edamame + Kimchi + japanese slaw = 40rb-an

Patbingsoo ala Michigo! = 27ribu

Bibimbap = 40rb jugak


***

Mel's Burger
Category : American Restaurant
Range Harga : [Low to middle end]
Rasa : 4/5

Oke, semacam ini yang terakhir deh... Mel's burger sebenernya tempatnya kaga gede-gede banget... Cuman dapet saran rekomen dari Shella, temen KKN gw yang hobi makan juga... katanya di mel's ini enak... Oke, tempatnya di Jalan apaan tuh yang menuju Galeria dari arah UGM.... Nah kui.... kiri jalan kalo dari Utara... seberangnya Es Eny opo Es Murni kae.. aku lali...

Banyak pilihan rasanya... Enak kok... enak... Tapi mungkin gw salah pesen waktu itu.... gw pesen yang pedes banget.... jadilah gw bukannya enak tapi kepedesan... Asem... tapi enak... gw akui enak... En, jangan pilih yang pedes aja pokoknya... Hahahaha...

Chili burger... Kalo kaga pedes pasti enak... 
Sebenernya ada Mel's burger ala America, gw gak tau apa yang di Jogja ini ada kaitannya ama yang di america ato kaga... bwahahaha...

***

Segitu dulu... sampe jumpa di wisata kuliner edisi 9 berikutnya.... bwahahahahaa.... Kalo mau info makanan internasional di jogja silakan klik di sini (updated)

3 komentar

Yudha Nenggala mengatakan...

Anjrit..
Jebule hura-hura foya-foya lek..
*nggak ngajak-ngajak pisan*
Edan..

sewamobiljogja mengatakan...

infonya sangat
menarik makasih salam kenal
:)

MakanDiantar.com mengatakan...

Haii… Terima kasih atas ulasannya

Sekarang seluruh makanan dan minuman yang ada di Michigo, FoodFezt dan Kopitiam Jogja (berubah menjadi Kopi Oey Jogja) sudah bisa dipesan secara online di http://www.MakanDiantar.com..

Lapar? Delivery aja di MakanDiantar.com

Diberdayakan oleh Blogger.