Trip to Japan (Part 2, end)

Minatomirai~

Annyeong, again.. mungkin agak lama ya setelah postingan sebelumnya, yah emang barusan pulang dari jalan-jalan galau kemarin, jadi sekarang berusaha kejar setoran, banyak hal yang mau gw ceritain... hhahaha... 

Oke, setelah kemarin udah agak bisa beradaptasi ama keadaan Jepang yang berbeda 180 derajat ama Indonesia *terutama suhu udaranya*, akhirnya gw sampei juga di hari H pelaksaaan simposium, oke gw nyatakan lagi bahwa tujuan gw adalah untuk mempresentasikan dua buah paper *ya semacam karya ilmiah gitu* yang satu punya gw, en yang satu lagi punya temen gw (Siti, dkk), tentunya gak gampang presentasi dua biji paper.. makanya dua hari sebelum hari H kita (gw ama Bambang kaga bisa kemana-mana coz kudu edit-edit presentasi ama baca-baca literatur, buat gw sih khusus buat papernya Siti yang gw kaga tau mau mbacot apa di depan moderator/panelis nantinya... En, secara kami blum pernah presentasi internasional gini, so banyak perasaan berkemacuk.. eh berkecamuk dalam dada tentang apa-apa yang bakal ditanyaiin oleh audience.. Tau lah, internasional simposium kan yang dateng kebanyakan mahasiswa tingkat lanjut, sekaliber S2 en S3... So, bit sad juga gak bisa jalan-jalan kayak rombongan anak ITB yang bener-bener nyantai kemana-mana sampe Tokyo dll.. hahaha... Envy juga sih kadang-kadang...

***

Sampailah hari presentasi, gw presentasi dua paper di section keempat, atou section kedua setelah makan siang, err... lo kudu tau kalo selama simposium kita kaga dikasi makanan, semacam PHP kelas agnes monica.. Jadilah sebelum presentasi kita kenalan ama mas-mas orang makasar, sebut saja namanya Rahmat, hehe,, dia lagi S2 di Jepang gitu, trus jadi volunteer untuk simposium ini, jadilah dia sibuk ngurusin ini-itu sana-sini, eh entah kena sambetan apa trus dia nraktir gw ama Bambang makan di konveniens stor terdekat, dalam hati gw sih mayan banget nih hemat sekitar 500 Yen... hahahaha... 

Sekitar jam setengah empat sore, tibalah giliran gw, sekitar 15 menit presentasi paper pertama gw, trus Bambang, trus gw lagi ke paper kedua gw... Lidah gw udah berbusa-busa saking capeknya ngomong.. Then sempet gamang juga pas ditanyain macem-macem mengenai paper gw... Aaaa... kebetulan paper gw yang pertama adalah mengenai SPAC, yah semacam membuat model kecepatan dengan model perekaman array gitu... Topik yang banyak digeluti mahasiswa S2 Jepang.. kata Mas Rahmat.. krik krik krik... Trus paper gw kedua adalah mengenai ambient noise yang dibikin threshold map, sebenernya lebih simpel tapi karena bukan yang ngerjain kan jadi terasa lebih berat ya gak sih? Sementara Bambang papernya mengenai HVSR aja. Untung sih pertanyaan berat buat gw sih ada di bagian paper kedua dengan pertanyaan yang mungkin harusnya gampang tapi mungkin kaga kedengeran soalnya bahasa inggris orang Jepang kan agak gak jelas *annoying banget denger pengucapan -ion orang jepang yang kedengaran kayak -iong-nya orang perancis.. hahaha*. 

Gw presentasi paper #1 tentang SPAC (Spatial Autocorrelation Method)
Waiting room...
Ok..

Akhirnya, habis itu ada semalam untuk jalan-jalan, just for relaxing... Si Bambang ngajakin ke Minatomirai... Caranya sih pake dua kali ganti kereta, dari stasiun Shinyokohama ganti di stasiun higashi-kanda *kalo ga lupa, pokoknya stasiun sebelum Yokohama*, abis itu ganti kereta tujuan ke Sakuragicho, atau langsung naik Minatomirai Line, turun di dalam Mall di Minatomirai.... Semua disini gw serahkan ke Bambang sih, secara dia juga mau mampir ke Don Quijote, mo cari toko murah... okelah... 

Minatomirai from Sakuragicho station... brr~

Ferris Wheel at Minatomirai Park

Pemandangan dari atas Ferris Wheel

Minatomirai Mall, gw lupa nama mallnya apa, pertunjukkan lampu pohon natalnya awesome sekali... 

Then, nonton pertunjukkan dulu sambil kedinginan... 

Toko oleh-oleh murah di Jepang, untungnya pas ada di Venue Mall...

Last Day in Shinyokohama

Sampe di Sakuragicho, ternayata pelabuhan (port) Yokohama itu bagusnya pol... bersih lagi... Apalagi tuh bianglalanya menarik mata, ga tau gw sehabis naik bianglala yang di alun-alun itu rasanya pengen naik bianglala lain lagi... hahaha... Sebenernya kaga ada rencana naik wahana ini, tapi setelah Bambang ngajakin sambil lari-lari... Pake acara bayar 700 Yen, trus naik deh tuh wahana yang lumayan tinggi en mengcengangkan.. Dari atas bisa deh ngeliat pemandangan pelabuhan Yokohama dihiasi ama gedung-gedung pencakar langit di sebelahnya, udah kayak di Marina Bay Singapur gitu... Sayangnya gw kudu sebilik ama Bambang... malam yang gagal... hahahaha...

Setelah dari situ, kita ke Mall terdekat sambil liat pertunjukan pohon natal yang awesome sekali teknologinya.. trus menghangatkan diri dulu di ampiteater Mall sambil ngeliat pertunjukkan komedi atraksi semacam sirkus, trus ke Donqui dengan nyasar-nyasar coz cuman mengandalkan ingatan si Bambang... sampe sana, jebul Donqui itu gak banget, gak murah-murah juga, isinya random, hampir semua ada, sampe barang-barang XXX pun ada en cuman dibatasi tirai kain.. hahahaha... Then, as predicted, kaga jadi beli apa-apa, trus langsung kelaparan en akhirnya mampir ke toko makanan di pinggir jalan... insya Allah halal... bwehehe XD

Kemudian karena udara udah semakin dingin.. (10 derajat), jadilah gw pulang... menyusun tenaga buat besoknya, balik ke Jogja... hahahahhaa...

Di hari terakhir simposium aja kita masih menghadiri acara sekaligus menghadiri penutupan, sekalian liat presentasinya anak ITB yang rata-rata pada presentasi hari terakhir.. Trus dilanjutkan shopping ke sampingnya *coz, sampingnya venue itu adalah Mall*, plus mampir ke toko oleh-oleh... Sampe akhirnya kembali ke subway en berangkat ke Bandara Haneda...

Satu penyesalan sih ga sempet ke Tokyo, atau Shibuya, but, gitu aja udah menyenangkan, pengalaman yang tak terlupakan, terutama gimana-gimana pada awalnya untuk membuat hal tersebut terwujud dengan indahnya.. Well, walau mungkin sampai saat ini gw masih banyak utangan, but well then, semuanya pasti ada jalan...

Salam dari Jepang for everybody.. semoga kesini lagi kapan-kapan... Amin~

When there is a will, there is a way...

NB: Gw kudu bercengkrama dengan bibir yang pecah-pecah, trus mimisan yang berkepanjangan,.. Fyuh... 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.