Leg 5. The Memoir of Lebuh Muntri (Penang)

Georgetown Town Hall (Penang)
Of all the places I've ever been
Penang's the nicest I've ever seen.
A different language and different race
They all join together a life's present pace.
Thaipusam is what I like best of all
There are some kavadis ten feet tall!
The golden sands and tropical beaches
Are one of her many beautiful features.
Penang herself is a busy town
Ships call here from places renown.
Penang I'll learn to know you well
And I'll have many stories to tell.

Kevin Horton, 6C
1974
***

Begitulah Kevin Horton di tahun 1974 mencoba mengekspresikan Penang, mungkin kalo dia dateng tahun 2013 kemarin mungkin banyak perubahan dalam diksinya.. hahaha... terlebih lagi kalo tau macetnya Penang di hari Sabtu.. hahaha...

Kembali lagi gw bercerita kalo sebelumnya gw extend sehari gara-gara bis kepagian dari Krabi, jadi kudu nginep semalam lebih lama di Penang, tepatnya di Kimberley House. Oke, hari kedua sampai keempat nanti gw habiskan di Muntri House yang sekitar sekilo jauhnya dari Kimberley House.

Georgetown is heritage town, jadi banyak banget peninggalan sejarah di kota kecil, jadilah hari kedua ini gw optimalkan untuk jalan-jalan kota, kalo ditrack pake GPS mungkin bisa berkilo-kilo, karena limited duit, jadilah gw kaga masuk ke tempat wisata yang dimaksud, bukan apa-apa, cuman hemat aja, mungkin agak nyesel juga gitu ya, misalnya pas sampai di depan Pinang Peranakan Mansion, dulu pernah jadi pitstop Amazing Race entah season berapa, masuknya aja 30 RM ato berapa gitu, duit 100 dolar US aja kalo dituker cuman dapet 150 RM, gw kudu piye selain kudu semangat?

Peta CAT
Lagian selama beberapa hari itu cuaca Penang lagi super duper marmos menyengat, teriknya gilak bingits, baru keluar 200 meter aja kaos udah basah keringet, superb sekali... Sebenernya ada suatu roda transportasi paling enak buat keliling Penang/Georgetown, yakni CAT, semacam bis tapi gratis. Sistemnya hop on and off, terserah mau naik darimana en turun dimana, sangat memanjakan turis yang ga mau capek sekali... hahahaha... Sebenernya pengen nyoba naik ini, tapi karena males terjebak macet di sekitaran Komtar lagi, maka mending gw jalan kaki aja, sekalian bakar lemak *pengalihan isu*. Hm, jadi rute jalan gw adalah:

Muntri House --> Cheong Fat Tze Mansion --> Georgetown Museum --> St. George Chruch --> Town Hall --> Seaside --> Fort Cornwallis --> Pinang Peranakan Mansion --> Little India --> Goddess of Mercy Temple --> Masjid Kapitan Keling --> Muntri House

Hmmm... gw paling suka adalah di depan Gereja St. George, itu arsitektur gerejanya bagus banget, unik, kayak di pelem-pelem gitu, then, di Seaside, di pinggir pantai ini gw tetapkan sebagai spot paling asik buat berkontemplasi, sepi, en semilir, asik banget kalo sambil nyeruput jus semangka... hahaha... Then, jangan lupa nasi kandar di depan Masjid Kapitan Keling enak banget, beda, rempahnya beneran kerasa... mahalnya sama sekitar 8 RM. Secara hemat gw, kayak keliling Kota Tua Jakarta tapi kesannya cecinaan.. hahaha... Apalagi toleransi antar umat di sini itu sungguh keren sekali, itu The Harmony Street aja ada tiga tempat peribadatan yang berjejeran mulai dari Mesjid Kapitan Keling, Kuil, ama Gereja St. George.

Chowrasta Market, kesannya kayak pasar di Indo ya, cuman lebih bersih aja...

Salah satu bentuk varian nasi kandar, jane luwih mirip nasi padang, a must try in Penang.

Nih restoran nasi kandarnya, yang punya India, yang makan semua golongan, ini restoran di Jalan Penang, deket Chowrasta Market

Ini Cheong Fat Tze Mansion, entah dalemnya apa... mau masuk mahal, rasido waelah.. hahah

Bagus, St. George Chruch, kayak bekgron buat shooting Conjuring, jyahahaha...

Alone in seaside

Pinang Peranakan Mansion (dari Luar), tempat wisata paling ditonjolkan di Georgetown

Salah satu lukisan jalanan, ini bisa ditemukan di sekitaran Lebuh Aceh, ada banyak lukisan, tentunya lo kudu nyari

Salah satu lukisan juga, tuh minion... hahaha

Masjid Kapitan Keling, Georgetown
Hari kedua di penang, gw habiskan dengan menyambangi Chowrasta Market, tempat bertemunya penjual dan pembeli... misalnya lo bisa dapetin gantungan kunci seharga 10 RM sepaket di sini... Tentunya Nasi Kandar jadi santapan sehari-hari, ama sandwichnya Subway, soalnya kedua ini deket banget dari Muntri House.

Hari ketiga udah bosen bingits, jadilah gw muterin lagi dengan tujuan mau hunting metal art ama lukisan dinding yang terkenal di Georgetown itu, lucu aja, kota ini paling bagus buat fotogorafer sih ya, soalnya lukisan dindingnya itu bagus banget buat koleksi... haha... Karena duit gw udah habis di hari ini, gw kudu nukerin duit di Komtar, bujubuset deh, hari ketiga ini jadilah wisata Prangin Mall. Hahaha... Hari ketiga ini gw sekalian nungguin jemputan bis di hostel gw...

Well... Muntri House tempat gw nginep katanya adalah memorial place-nya Sun Yat Sen, begitu terpampang di depan pintu masuknya, tapi menurut pendapat gw, suasananya terlalu remang-remang, gak seterang Kimberley House, mana kamarnya terkesan usang, ga dapet colokan charger HP di setiap bednya, jadi kudu berdesak-desakan ama pengunjung lain, buat gw lebih baik gw ngecas power bank gw di PC yang ada di belakang, di ruang santai, trus dipake buat ngecas HP gw di malam hari gitu, daripada ikutan geje ngecas rame-rame.. Lagian, satu yang paling gw sesalkan di Muntri House ini adalah, gw pas banget berkunjung di tempat ini di masa LIBURAN sekolah.. Implikasinya adalah itu kamar selama tiga hari PENUH ama cindil-cindil cina yang berisik banget, itu sampe ada bule yang kayaknya gak tahan gitu ama tingkah laku mereka, geje sumpah, annoying, gw yang maunya istirahat di sini, malah jadi males pulang ke hotel gara-gara tuh cindil berisik pake banget, gosip sana gosip sini keras-keras, sampe malem jam 12... Perlu diketahui aja dari 10 bed di kamar itu 7 di antaranya adalah cindil... Oh No... Night mare!

Then, the secret of Lebuh Chulia, lo tau kaga sih kalo gw berapa kali digodain bebancian di jalan ini, pas gw cuman lewat abis dari Subway aja, gw langsung lari pas dipanggil-panggil mesra serem gitu... Hiiii... Turis-turis biasanya nyebut "Ladyboy", tau tuh padahal sebelahnya ada Masjid gitu, jam 6 sore juga udah mangkal dengan seksinya di koridor kanan en kiri bagian barat Lebuh Chulia, saran aja, jalan di jalan... jangan di koridor... hahaha...

Gitu deh.. Akhirnya gw kudu meninggalkan Penang, menuju ke Mainland Malaysia... En, ketemu bidadari nan cantik banget, sampe naksir aku... XD...