Going to Mangunan

Minggu, Oktober 26, 2014
Yohaa.... lamo indak posting di blog...

Yah, beginilahy, nasib kerja kontrak, abis proyek rampung nasib dibuang bagai ampas... seperti tidak berarti.. begitulah... yay! Demi memecah kebosanan yang akut di hari-hari pengangguran gw, jadilah secara impulsif gw memberanikan diri pergi ke Mangunan. Kenapa memberanikan diri? Apalagi, selain motor gw.

Dulu jaman KKN aja, motor gw kaga kuat nanjak bukit Nawung yang sungguh elok itu, sampe berasap-asap, sampai disuruh ama bapak-bapak penjual mie ayam buat ganti bpkb aja.. Entah kenapa gw masih mempertahankan motor gw yang sudah di pinggir jaman itu, ketika orang lain rame-rame beli motor yang uptodate.. Gw suka aja.. 

Well... gegara dulu STMJ pas panitianya 2012 di bukit bawah Mangunan, yah itu dulu cuman di deket makam Imogiri, ternyata Mangunan itru masih jaaauuuuuuuuuuuuhhhhhhhhhhh pake banget ke atas... medannya sungguh terlalu buat motor gw... senut senut... bau gosong sana sini... aidaahhh... gigi satu aja mendat mendut... sialannnnn.... berasa cupu sekali, yang lain perasaan lancar-lancar aja keeellleeuuss...

Sampai gw kudu mengistirahatkan motor gw dulu cyin..

Motor gw kudu istirahat cuy!

Well... ternyata masih jauh lagi, gw sih selalu update pake google map buat nyari kemungkinan-kemungkinan lain, yah biar kaga nyasar aja sih.. untungnya ban udah gw pompa en bensin udah fulltank ya inih... Coba enggak? Hmh.. nggak lucu bingit gw dorong motor di tengah-tengah hutan begitu..

Oke... beberapa saat kemudian, setelah gw telusuri tuh jalan akhirnya ada plang plang penunjuk arah... then, arah ke Taman buah Mangunan tetiba ada gitu... yawdah gw ikutin tuh plang... sampe juga di pelataran Taman Buah Mangunan... Err.. aniwei gw kaga liat taman buahnya perasaan...

Langsung aja gw bawa motor ke puncak, ke gardu pandang, ternyata jalan yang ini walopun deket tapi lebih nanjak daripada sebelumnya... Akhirnya... walo hampir kepeleset ban gw gegara banyak kerikil di sepanjang jalan naik.. sampai juga...

Voila, Mangunan, hipster sekali gw.

Ternyata sepi gan...

Tentunya parkir dulu di tempat parrkir, baru turun ke gardu pandang. Ternyata cuman ada sepasang kekasih, serombongan alai cewe SMA, masih berseragam SMA, tiga cewek berkerudung dengan aksen Jowo asli Dlingo kenthel, udah itu doang yang ada di sekitar gardu pandang.. Sepasang kekasihnya sih ala-ala potografer cintah gitu... bercinta dengan dalih fotografer.. haha... bakal epic kalo cewenya gak suka difoto.. Then, gw kaga idih ama serombongan anak SMA itu... tingkah lakunya primitif sekali... masak nyoba-nyoba keluar dari pagar... sok sok nyoba nyali gitu po? hahaha... lupakan.. En, tiga cewe rempong yang berujar dalam bahasa Jowo kenthel ini kalo gw boleh nebak pasti kuliahan deh.. yang satu takut ketinggian, *njuk ngopo rene batinku*, yang dua heboh foto pake tongsis.. *oh God*... En gw melamun saja sembari menikmati angin... 

Nih secuil keindahan... 

Mangunan dan Kali Opak wiew

Sebenernya niat hati mau nelusuri bukit selatan itu *foto diatas menghadap selatan ya gais*, namanya Selopamioro. Di bawah itu ada jembatan yang juga terkenal buat objek wisata, namanya gw lupa. Di sini bagus kalo pas musim semi kali ya... dimana tanamannya lebih merona... Kalo musim gugur gini, meranggas semua, jadilah nampak kusam... Aniwei gw juga bernostalgia ama geologi di sini... sekedar inget inget kalo bukit di sebelah kiri di gambar itu terdiri dari tiga lapisan batuan, paling bawah deket sungai itu masuk Formasi Nglanggran dengan komposisi breksi atau konglomerat, then diatasnya ada Formasi Sambipitu yang berlitologi batupasir kasar sampai halus dan napal, dan paling atas ada Formasi Wonosari yang berlitologi batugamping klastik hingga terumbu. Yah, sembari inget-inget aja sih.. 

Mungkin bagus kali ya kalo bisa sampai senja disini, sayangnya gw ada janji abis magrib jadilah jam 4 gw udah turun dari sini... Mayan lah... yang penting pernah... hahaha...

Next? Kalibiru? Parangndog? Mbuh lah...

***

Diberdayakan oleh Blogger.