Sekedar Wisata Kuliner Jogja #11

Hallo again.. gak terasa udah musim penghujan aja gaes... it means, tiap hari ujan aja.. bikin susah buat hunting foto en jalan-jalan en makan-makan... lol... Edisi ini gw spesifik mencoba beberapa gerai or kulineri di jogja sekitaran Jalan gejayan - jakal - demangan... Biar deket en gampang nyarinya kan gan?? hahaha... Oke deh...

Minke
Deresan, deket Percetakan Kanisius
Review : 4.3 dari 5

Patbingsoo ala Minke Dessert Bar
Okay, sebenernya kaga sengaja banget mampir kesini, berhubung berapa minggu yang lalu cuaca jogja begitu ekstrem panasnya... Mau gak mau tempat dedinginan jadi alternative ya gaes... Plus kedai kecil di pinggir jalan di sekitaran UGM ini emang kayaknya diperngaruhi dessert ala Korea, namanya Patbingsoo baca aja Patbingsu... Gak lain gak bukan adalah es serut.. Bukan Es krim...

Penyajian Patbingsu ini paling oke adalah campuran olahan red bean nya.. jadi jangan heran kalo pas lo coba bakal ada rasa kacang yang mungkin agak gak nyaman di lidah orang Indonesia... Tapi enak menurut gw.. Yang gw suka adalah corn flakes-nya... heheheehe... Banyak juga varian lain patbingsunya.. ada matcha.. dan lain lain.. 

Oiya, disini sebenernya ada DORAYAKI... ini sih yang menginspirasi buat kesini... digawangi rasa penasaran yang berlebih, kita mau tau dong apa sih dorayaki itu... Tapi karena mungkin demandnya terlalu gede, alhasil supplynya kurang, jadilah pas gw kesini dorayakinya SOLD OUT, mungkin lo pada bisa menikmati dorayaki kalo dateng agak siangan... 

Harga : 15k untuk patbingsunya... 

***

Zara-zara Nitrogen Ice Cream
Ring-road Utara, sebelah Indomaret Point Pandega Martha
Review : 4.3 dari 5

Ala-ala NItrogen cair
Ini gw denger udah pas jaman gw masih di kapal... Gw penasaran bagaimana nitrogen cairnya work gitu (selanjutnya singat LN aja yee). Well, lagi jadi hipster sekali di dunia kulineri kalo LN bisa digunakan untuk apapun di dunia kuliner, apalagi buat hiasan garnish, sampai ke slicing meat biar slicenya bisa tipis sekali... gitu deh... Tergantung kreatifitas chefnya sih, en pembuktian metode memasak paling terkini. 

Trus ya udah, gw coba ke gerainya di Ring road, bener bener mencit di jalan searah ke barat gitu... Oke.. baiklah gw pesen signature dishnya, pastinya yang pake LN...

Wow...

Itu kesan pertama yang keluar saat LN nya keluar-keluar kayak asap ritual gitu... overwhelming sekali efeknya... BUT... ternyata cuman sebentar doang... gak nyampe 3 menit... Habis.. Nothing special then... Bisa dibilang waktu di atas meja, LN cuman sebagai penghias aja.. Tidak ada efek yang signifikan ke es yang disajikan... Tidak juga membuat es yang di atasnya lebih lama mencair... Well... habis itu rasa es krimnya ya biasa aja... masih enakan artemy.. toppingnya terlalu banyak ya... tapi oke juga mencampur es stroberinya dengan buah-buahan yang dipilih... ketika gw pesen strawberry mango.. iya bener... di dalam esnya ada mangonya.. semacam fusion... okelah...

Minimal pernah makan something yang futuristik gt deh...

Harga : Es LN nya sekitar 15k sampai 25k

***

The Icon Grill Steak
Jalan Tembusan dari Terminal Concat ke Jakal.
Review : 4.3 dari 5

Well Done!
Hmmm... Steak di jogja yang kelas atas menurut gw cuman 2... R&B Grill di Jl. W. Mongonsidi ama Holycow di Jl. Solo... Untungnya ada steakhouse yang lebih murah hadir di Jogja Atas... di belakang Hepap Ringroad gitu gitu deh... nanti ada yang namanya Icon Steak.. Tempatnya bagus....

Harusnya kalo mau bandingin ama 2 tempat steak di atas gw kudu pesen yang impor dong ya... cuman lagi males makan mahal-mahal jadinya yang murah aja... pesen aja yang sama en mirip kayak WS... bwahahaha... Yang pake glepung... Yap, tenderloin lah.. cuman gegara pengan mashed potato, gw pesen juga, lengkap ama  cheese soupnya.. 

Enak sih.

Potatonya enak... Mashednya juga enak bingit.. Not bad lah.. sekelas Zango sudah... Veggiesnya oke.. perfectly cooked... Steaknya ya apalagi, sama lah kayak WS cuman the way bigger... 

Bagi penikmat dedagingan di sini ada yang namanya Icon Mix Grill, ini gabungan tiga protein, ayam, sapi ama kambing gitu... Karena gw sangat tidak suka kambing, so, gak bisa review deh.. 

Harga : sekitaran 20k - 30k mungkin ya... lupa ane... kalo yang import ya sekitar 60k

***

Pepes Anggajaya
Jl. Anggajaya, Terminal Concat ke Utara dikit
Review : 4.3 dari 5

Maaf sekali, yang ini gw kaga ada fotonya... 

Diajakin Bey sih kesini... nyoba varian menu pepes pepesan... banyak banget pilihan pepes disini... mulai dari pepes Ayam, sampai pepes Jamur... Lengkap juga ama sambelnya yang pedes banget itu... 

Buat gw nyoba pepes ayam ama tahunya... keduanya rasanya gak masuk.. maksud ane savorynya gak ada,, cuman berasa rempah doang.. How come?? Atau katanya emang yang bikin savory itu sambel uleknya? May be?? But gimana yang gak suka sambel??? Emang sih jadinya enak kalo makan ama sambelnya.. Ya.. cukuplah... yang penting nyobain kan?? Besok-besok kesini lagi lebih pagian.. maksud gw sorean.. coz kalo udah jam 9 malem gitu kayak gw kemarin yang ada ya despairation.. Kata be pepes jamurnya paling enak.. 

So, try it!

Harga : 10k sudah kenyang gaes!

***

Hao-Hao Martabak
Jl. Kaliurang km 5,2, Samping Luxury Internet, Depan Indomaret, sebelah Kedai Mama Eyang
Review : 4.3 dari 5

Well, ini juga gw tidak menyediakan foto soalnya martabaknya gw bawa ke rumah untuk orang rumah, trus gw lupa moto gt... maafkan saya..

Sudah jadi mainstream sekali bikin martabak pake material mahal-mahal kayak Nutella, Skippy, Toblerone, Silver Queen.. gitu gitu... dua lagi adalah Warung Tenda Bang Ido jakal ama Nutellaria di Kotabaru yang belum sempat ge cicipi...

Mahal? pastinya! Bahan pembuatnya aja mahal.. Gw cuman penasaran aja sih rasanya gimana kelita dijadikan martabak manis.. Makanya gw beli Martabak Nutella dibungkus.

OIya, tempatnya ini di samping Kedai Mama Eyang, atau malah sebangunan gw kaga ngerti... Sebelahnya Luxury. 

Well, sampai rumah, ternayata overcooked sodara! Kulit luarnya semacam gosong, ya semoga cuman terjadi pada gw yah gaes.. Jadilah agak keras gitu kan... Trus ketika dimakan... Nutellanya kaga berasa... Haduh... Kaga tau kudu gimana... Apa emang kurang ya dosisinya.. Gw makan lagi tetep sama.. Harusnya ditambah Silverqueen kali ya biar joss gandos.. Jadi menurut gw kalo cuman nutella doang sih kurang nendang!! Gitu aja sih... Masih enakan Martabak pake meses yang banyaak sekalian sih... Ha ha ha ha

Harga : 60k

***

Ayam Hayam Wuruk 
Jl. Kaliurang km 5,4
Review : 4.3 dari 5

Telur Asin doe!
Udah lama ada di Jakal, bahkan ada buka di Amplas juga, cuman baru beberapa hari lalu nyobain..

Enakkkk!!! Yakalik wong mahal gitu pastinya harus enak... Ayam tulang lunaknya emang divine banget enaknya... apalagi saos telur asinnya... yummy banget... Enak lagi kalo ditambah ama cah kangkung ala HW... Sempurna...

Ini berasa enak banget soalnya gw abis touring Bekah sih (postingan terpisah), plus hujan pulak... so amazing aja rasanya... walo mahal.. minimal pernah sekali kan... 

Harga : 30k an lebih

***

K.E.R.S
Jl. Wahid Hasyim, Selokan Mataran
Review : 4.3 dari 5

Whaaattt??? Gw makan tumbuhan dalam pot.. 
Tempat nongkrong anak muda lagi adalah KERS... gw kaga tau mungkin ada singkatannya kali ya... Cuman liat di sosmed en tay signature dishnya yaitu tiramisu pot...

En, gak nyangka aja kalo emang disajikan dalam pot.. Lengkap dengan tanah yang diibaratkan demikian, ternyata coklat apa gitu.. ENAK pokoknya! Tiramisunya dapet banget... tapi gak tau kenapa kok cuman setengah pot... Gw liat digambar-gambar porsinya hampir penuh semua deh perasaan.. Tapi enek sih.. jadi kudu pesen minuman lain.

Banyak anak muda disini... en karena disambi main hwatu, jadilah gw pesen juga bruschetta tuna gitu... yaa.. biar jadi temen makan disitu...

OIya ada juga Budhe (Burger gedhe), juga signature disini, burgernya gede banget gaes... Udah kenyang sih waktu itu jadi kaga bisa maksa pesen itu... Mungkin next time... 

Harga : Tiramisu Pot 15k, Bruschetta 12.5k, Budhe 15k sampai 20k... 

***
Peta:


***

Sampai jumpa di edisi 12...

1 komentar

WOMENPRENEUR IS MY DREAM mengatakan...

wisata yogya emang bikin ketagihan deh, tapi sebagai org bandung wisatanya gak kalah enak juga loh sob, semenjak gue cek info rekomendasi jelajah kuliner disini http://bit.ly/1qXwAU3 membantu banget buat cari info jelajah kuliner guys...

Diberdayakan oleh Blogger.