7 Variety Korea Favorit Ane

Mungkin semua sudah tahu dan mahfum kalo mulai dari tahun 2007, yeah semenjak lepas dari bangku SMA, gw udah jarang banget yang namanya nonton TV – berarti udah 8 tahun yak, sewindu. Entah kenapa, ya lo tau kan kalo pasalnya semenjak tahun tersebut gak ada lagi acaranya yang bener-bener bagus. Lagian TV udah lebih sering dikuasai ama orang rumah, en kaga ada satu jengkal pun kuasa gw kalo udah primetime berjenis sinetron. Selama UAN SMA aja gw disibukkan dengan ndegerin skrip sinetron yang bukannya dimatiin, eh malah digedein, jadilah gw ngikutin Cinta Fitri sebatas suaranya aja.

Terus apa yang gw lakuin dalam masa-masa itu.. Yang gw lakuin adalah cari pelem, dulu flesdis masih berapa Gb sih ya.. belum bisa ngopi pelem atau sejenisnya.. Dulu gawean gw adalah pergi ke warnet, download dsb. Hasil net depan rumah gw adalah warnet paling baik menurut gw jaman dulu karena cuman lima langkah dari rumah, persis lagunya Ayu Ting Ting.

Sebelum punya leptop di semester lima, gw cuman punya HD 512 GB yang lumayan banget secara gw jadi langganan ngenet di Dewa net deket kos-nya Cocho waktu itu. Gegara momentum kpop di Yogya ini meletus di tahun 2009 jadilah gw isi hardis gw ama MV artis korea en juga variety shownya. Sampai akhirnya gw punya leptop en beli HD baru yang lebih gede kapasitasnya en bisa memuat banyak hal. HD gw, gw pisah jadi dua warna, merah buat kompartemen Asia (memuat Jepang dan Cina juga, Korea basically 95%), dan HD warna hitam buat kompartemen Barat yang basically memuat acara variety US en UK, begitu juga dengan Film Box Office dan documenter. Dewasa ini karena Dewa net jauh di ujung sana, jadlah Luxury jadi tempat kulakan gw.

Nah, untuk variety/reality/series Barat gw bahas di postingan lain, yang sekarang gw bahas cukup yang variety korea dulu. Kenapa gw suka variety korea? Selain karena mungkin gw bisa baca hangul en ngerti dikit banyak tentang mereka, jadilah program mereka berasa klik banget sama rekayasa imajinasi gw. Selain itu, variety di Korea tidak membedakan umur, selalu ada perwakilan dari golongan tua dan muda, dan juga dari profesi yang bermacam-macam. Even kalo lo programmer atau atlit aja dihargai dan mereka kenal. Gak kayak di Indonesia dimana atlit yang terkenal ya cuman atlit badminton sama bola yang gak pernah menang. Menurut gw inilah tujuh besarnya, dari posisi ketujuh.

(7) Family Outing Season 1 - SBS
Fav Star: Yoo Jaesuk, Kim Jongkook, Lee Hyori, Park Yejin, Daesung (Bigbang)



Family outing intinya sih berkemah di daerah terpencil en ngelakuin apa yang dilakuin di desa itu. Seneng aja liat suasana desa di Korea yang masih bersih dan indah, then cast harus masak en main game bareng sama guest yang hadir tiap episodenya. Paling bego adalah ketika Jaesuk ama Jongshin udah dapet giliran bikin makanan, jadilan bubuk MSG sebagai senjata andalan biar masakan jadi enak. Dari show ini dilahirkan konsep Dumb and Dumber antara Jaesuk ama Daesung (Bigbang), lucu sih soalnya mereka beneran konyol en gak jelas. Morning chores yang bikin ngakak dampai Jongkook yang takut sama Hyori.

(6) Roomate Season 2 - SBS
Fav Star: Jackson, Youngji (KARA), Nana (Afterschool)

Nana... hahahaha...

Hampir mirip sama Family Outing, tapi yang ini lebih ke sharing kontrakan/rumah selama berbulan-bulan. Walopun berprofesi macem-macem, tapi kalau udah selesei mereka balik ke rumah roommate. Season 1 berakhir gak jelas gegara Park Bom kena kasus tahun lalu. Sampai sekarang sih masih belum ada kabar. Trus banyak cast kayak Chanyeol ama Mama Shin yang keluar en gak ikut lagi di season 2. Tapi jebulnya tensi di season 2 lebih oke. Humornya Lee Gukju bikin suasana heboh tiap hari. Sayangnya Lee Minwoo ana Seo Kangjun gak banyak screen time nya. Dominasi di season ini adalah tingkah childishnya Jackson en youngji. Masih inget aja ketika Jackson minta dibeliin Donkey. LOL. Impulsif banget jadi orang. Trus pas edisi Natal, ah itu menyentuh sekali. Gw juga lebih belajar bahasa korea di season ini karena ada dua orang yang koreanya hancur. Pokoknya lucu lah liat mereka bertingkah. Mungkin mirip kayak Big Brother minus tidak ada eliminasi di Roomate.

(5) Weekly Idol - MBC
Fav Star: Doni and Cony
Doni & Cony with IU... (^______________^)

with Girl's Day

with AOA

Kalo lo suka en tahu Idol korea (biasanya mereka jadi guest di variety lain), weekly Idol biasanya menghadirkan mereka dalam satu grup lengkap. Di sini adalah ajang promosi si Idol tersebut agar lebih dikenal oleh khalayak ramai. Formatnya simpel banget. Bahkan tempat shootingnya cuman di basement lantai tiga. Background putih semua. Super duper simpel. Paling nista en gak banget adalah RANDOM Dance Play. Ini beneran ngetes kekompakan si Idol en sama ingatan mereka. Kalao bodoh banget kayak Sungkyu atau Jimin, bisa-bisa aja diejekin di Doni & Cony njuk di tonyo pake palu plastik.. Lucu aja.. Sayangnya acara ini jarang ngundang rookie, padahal bagusnya mereka ngundang rookie adalah biar public lebih mengenal mereka.

(4) Running Man - SBS
Fav Star: Gary, Jihyo, Jaesuk, Kwangsoo, Jongkook, Haha, Sukjin


Edidi Alien.. Gary-Sswi! Ha ha ha...

Running Man in Vietnam.

Well, ini reality show paling gw koleksi semenjak tahun 2011. Pertama kali dikenalin gegara episode 35, trus thanks to Dewa net, mereka punya stok dari episode 1. Amazing to watch. Konsep yang ditawarkan hampir jarang banget ada di dunia ini. Makin kebelakang sih konsepnya gak jelas jadi nyampur sama Amazing Race atau Survivor gitu. Well, gw suka pemilihan pemainnya di sini. Trus gamenya jarang ada yang sama selain Name tag game sama Thief game di awal-awal 40 episode pertama. Personally sih gw lebih suka konsep dimana mereka dikurung di sebuah landmark lengkap dengan punishment yang sekarang nggak pernah ada lagi. Then, karena mereka sering shooting di luar negeri (Thailand, Hongkong, Macau, Vietnam, China, Australia) jadilah fans variety ini banyak banget bahkan VJ sampai FD nya aja banyak fansnya. Duh, dah lama kaga liat Dongwan FD, ngapain dia ya? Karena gw ada koleksinya dari episode 1, jadilah kalau bosen ama kerjaan, gw randomly pilih episode mana yang pengen gw tonton. So far episode favorit gw ya Episode 1, Athletic race, Ep 93, Sherlock Holmes edition, Special 8090 Idol, dan masih banyak lagi lainnya.

(3) Crime Scene Season 1 & 2 – JTBC
Fav Star: Hong Jinho, Park Jiyoon, NS Yoonji, Hani (EXID), Jang Dongmin, Jangjin.

Gak ada yang bisa nggantiin ini.. HANII!!!!!

Better than season 1

Gw emang penggemar cerita misteri. I mean, cerita detektif, makanya gw suka baca komik detektif mulai dari Conan sampai DDS en Kindaichi. Semacam gw udah mahfum ama cara membunuh yang keji dan mungkar sekaligus tanpa bekas dan alibi. May be. Yang bikin gw kepincut sama variety ini adalah bagaimana bisa menampilkan set sebesar itu lengkap dengan furniture dan lain sebagainya. Amazing lah. Penjiwaan karakter masing-masing artis bagus banget. Deduction stupid, Hyunmoo emang paling cetar di season 1 gegara emang karakternya yang geje. Di season 2, segalanya lebih keren gegara setnya lebih besar en twsitnya lebih banyak. Di samping itu, waktu inspeksi lapangannya lebih lama, maka petunjuk yang merka dapatkan lebih banyak. Nonton ini gw juga nebak-nebak bah manggis tentang siapa yang bakal jadi tersangka, sampai gw catet semua alibi mereka di timeline. Kadang bener, kadang gagal sih, but interesting enough.

(2) Infinity Challenge - MBC
Fav Star:Yoo Jaesuk, Haha, Jung Hyungdon, Jung Junha, Park Myeongsu, Hwang Kwanghee

Aku gak tau ini projek apa, kayaknya foto member gitu, emang Jaesuk paling dihormati di sini..

Parody SNSD - Gee long time ago.. itu yang celana Pink si Junjin member SHINHwa yang pernah jadi member IC beberapa saat

IC nyobain lomba balap mobil, tapi cuman tiga di kiri yang lolos sertifikasi, sayang gak ada yang menang en semuanya nabrak tembok.. Seru banget liatnya...

IC Cheerleading Squad.. Betapa susahnya mereka latian di episode ini..

Tiap member harus menjalani pemotretan buat kalender dan ini 12 posenya Jaesuk, masing-masing bulan ada temanya sendiri-sendiri

Kenapa gw menempatkan IC di atas RM?? Karena pada dasarnya setiap momentnya IC biking gw ketawa. Memang, semua member di sini adalah member tua karena IC sudah Berjaya lebih dari 10 tahun, tayang perdana di 2005. Tapi konsepnya masih selalu update dari hari ke hari. Basically, IC itu konsepnya adalah project. Dia bukan satu episode run out kayak Running man, namun biasanya untuk prject besar dia gabungan beberapa episode. Selain momen-momen menyenangkan, momen emosional juga sering terlontar ketika perayaan ulang tahun kemudian flashback memori kenangan IC mereka. Project mereka tidak gampang, mereka harus belajar sesuatu yang baru seperti Cheerleader, WWF, balap mobil, dayung, paduan suara, en masih banyak momen lainnya. Setahun sekali mereka juga harus mencari partner musik untuk Summer Song, rekaman, dan bikin album. Well, amazingly, lineup artis tahun 2015 ini bener-bener amazing mulai dari IU sampai GD, en mulai dari Hyukoh sampai Zion T. Daebak! Plus, ditunggu banget project akhir tahun nanti, dimana mereka akan ikut misi ke luar angkasa.. Well, variety mana yang menyuguhkan pertualangan ke luar angkasa????

(1) The Genius Game Season 1 – 4 – TvN
Fav Star: Hong Jinho, Lee Sangmin, Jang Dongmin, Lee Kyungran

Poster Promosi The Genius Game Grand Final (Season 4)

Season 3 winner, Ini orang pinter banget menganalisa keadaan plus trik-triknya yang agak licik, cuman trust-nya oke..

Season 1 winner, Super cerdas but agak bloon juga kadang-kadang,

Season 2 winner, pinter banget + licik..

Kayak gak tau aja kalo game itu adalah aliran darah gw. My life is a riddle adalah motto gw jaman punya situs teka-teki dua season yang gagal secara pendanaan sih sebenernya. Ha ha ha. I love mentally being challenged en gw pikir memberdayakan otak adalah sebuah olahraga. Ha ha ha. Hal ini mencakup juga aspek psikologis. Belajar dari game ini gw juga belajar manajemen lying. Bagaimana menjaga mikro-expression ketika lying. Ha ha ha. Emang sih, kita harus hidup jujur, jujur lah walopun itu sulit, namun memahami bagaimana orang berbohong juga sebuah game. Game ini sebenenernya baru gw temukan sekitar dua mingguan yang lalu and it’s amazing. Gegara searching Hong Jinho di crime scene sebelumnya, gw jadi tertarik cari tahu lebih dalam. Eh, ternyata luxury menyediakan dua season secara lengkap. Sayangnya season 3 dan 4 blum ada.. Hu hu.. Slogannya itu, ugly victory or beautiful defeat.. cukup merepresentasikan bahwa issue utama di game ini adalah trust.. Game Open, Pass di season 1 is really mind blowing bagaimana cerdasnya Hong Jinho en gw jadi fans sekarang.

Lagi-lagi pilihan itu berdasar pada preferensi kita, yah mungkin karena gw lebih suka sesuatu yang lebih meguras otak dan berpikir, maka mungkin variety kayak Superman Return, Invincible Youth, WGM, Hello Counselor, Star King, Happy Together, sampai Gag Concert mungkin banyak juga yang suka. Sekali lagi emang berdasar pada hobi dan kesukaan sih. 

Btw, mungkin kalo ada channel Net.TV di jogja mungkin gw udah nonton tuh, soalnya menurut gw cuman itu statsiun yang kaga alay dan prgramnya juga bermutu, HD lagi, jadi kalo di donlot itu gak malu-malu-in kayak pas RCTI nyiarin Super Shownya Suju... Jelek banget gambarnya...

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.