Watu Giring, Semanu

Sekarang di bagian yang lubang itu udah ditumbuhi pepohonan rindang, jadi berasa lebih cetar kalo lo ke sana sekarang
Okay lads, sebenernya perjalanan gw ke sini dilandasi oleh hipsternya postingan di instagram khususnya spot-spot baru yang ada di propinsi Jogjakarta ini. Emang sih lokasinya jauh ya di Semanu sana, jadi kalau ke tempat ini mendingan sekalian deh lo ke pantai di Gunung Kidul sana soalnya ya emang udah tinggal sebentar lagi juga sampai. Apalagi kalau emang lu punya tujuan ke Pantai di arah Siung ke timur. Udah ces pleng banget. Tapi nggak menutup kemungkinan kalo lo mau be Pantai Siung ke barat, sama aja sih. 

Sebenernya hampir nggak ada yang istimewa dengan tempat wisata dadakan ini. Tau-tau aja udah ada yang ngurusin. Tau-tau aja ada yang narikin biaya masuk. Tau-tau aja ada tempat parkir buat mobil en segala tetek bengeknya. Kreatif juga sih penduduk sekitar. Nggak menyia-nyiakan sesuatu yang bisa membuat pundi-pundi uang mereka bertambah. 

With Xiaomi Yi.
Menurut penuturan warga setempat *duile*, watu giring ini adalah bekas penambangan batugamping oleh penduduk setempat. Uniknya bekas penambangan ini berpola seperti seni. Pahatannya tegas member kesan geometri yang bagus layaknya candi-candi jaman dulu. Walau gw nggak yakin ini bekas penambangan, tapi ya udah sih nikmati aja.

Secara makroskopis, batuan disini termasuk ke dalam Formasi Wonosari dengan litologi batugamping terumbu yang massif sehingga memang bagus goresan dan tegasannya. Di beberapa tempat ditemukan fosil-fosil terumbu lengkap dengan kalsit yang juga mengkristal di beberapa tempat yang mengindikasikan bahwa lokasi ini memang in situ. Secara klasifikasi Dunham, mungkin batuan di sini bisa diklasifikasikan sebagai poorly washed biosparite, atau Packstone lah. Eh, kok gw malah ngomongin geologi nih.. salah fokus.. 

Oke, berdiri di tempat ini emang berasa beda aja. Kayaknya enak buat nyepi atau meditasi. Berasa terhampar di sebuah situs megalitikum kayak-kayak kuil apa tuh yang di Yordania itu yang diukir dari batu. Dilihat dari lapukan batu nya ini kayaknya memang sudah lama banget ditinggalkan, since the last penambangan. Berbentuk hampir seperti kolam, sehingga kalau hujan pasti air bakal menggenang. Sayangnya lagi pas gw ke sana, hari pas hujan deras, walaupun cuman beberapa menit tapi sempet bikin ilfil juga sih. 

Buat yang mau prewed kayak gini nih.. haha.. (Sumber: Sini)
Yah, begitulah Watu Giring. Kayaknya bagus deh buat yang mau foto prewed gitu di sini. Hasilnya bakal so megalith banget dah. Tapi, rajin-rajin nanya orang deh buat yang mau kesini, soalnya susah banget ancer-ancernya. Maka ini gw kasi GPS buat bekal lo yang mau menuju ke sana.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.