30 Mie Ayam di Jogja Yang Kudu Kamu Tahu

Halo gaes en sis en brohhh... Gw kembali lagi setelah melakukan sampling di semua gerai mie ayam yang ada di Jogja. Mungkin nggak bakal semua dong karena sudah jelas yang jual mie ayam itu banyak bukan main kan ya. Gila aja gw kudu berhenti tiap pengkolan hanya untuk nyicipin mie ayam. So, mungkin banyak mie ayam yang luput dari tulisan ini. Atau kalau mungkin lo mengidolakan mie ayam tertentu en ternyata nggak ada dalam list ini, berarti gw mohon maaf kalau begitu. Hahaha.

Oke, seperti yang tertera pada judul, ada 30 warung mie ayam, eh sebenernya bukan warung, tapi restoran mie ayam yang bakal gw review di sini. Seperti sistem review ayam geprek kemarin, ada hal-hal yang perlu diperhatikan bila kita berkunjung ke gerai mie ayam. Well, kenapa gw bilang restoran? Iya karena beda restoran dengan warung adalah masakan itu dimasak terlebih dahulu. Kalau warung harusnya barangnya udah siap saji seperti warung rames, warung Padang, warung Tegal, gitu. Tapi istilah bahasa ini sudah hilang tak berbekas, jadi terserah aja orang mau nyebut apa, kalo mahal anggap aja restoran, kalo murah ya warung. Selesei. Hahahaha.. Untungnya lagi kalo warung mie ayam disebut restoran, lo makan harus bayar pajak restoran (yang sering lagi disalahkaprahkan menjadi PPn), begitu juga makan di burjo, dan lainnya. Haha.. 

Balik lagi ke petualangan mie ayam gw. Sebelumnya, gw harus mendefinisikan mie ayam yang gw maksud disini adalah semua mie dengan topping ayam. Karena mie dengan topping ayam sangat banyak genrenya, maka dari itu gw pisah lagi menjadi empat genre besar, yakni mie ayam ala Jogja yang cenderung manis 30%-50%, mie ayam ala Wonogiri dengan kemanisan yang lebih tinggi daripada mie ayam Jogja, yakni manis 50%-70%, mie ayam oriental yang sangat tidak manis, jadi cenderung asin - tipe yammie masuk sini karena tipikal dasaran mie-nya adalah asin, en yang terakhir adalah mie ayam goreng. Mie ayam goreng di sini maksudnya adalah mie ayam yang secara default disajikan dengan kondisi tanpa kuah walo sebenernya ada menu kuahnya pasti. 

Oiya, beda Mie Ayam dengan Yammie terletak di penyajian kuahnya. Kalau Yammie biasanya kuahnya disendirikan dahulu.

Berikut ini 30 Resto/Warung/Kedai/Gerai Mie Ayam ala Fraithzone per 26 September 2016.


Perhatian : Segala review yang disuguhkan disini semuanya berdasarkan rasa dan solely berdasar rasa. Tidak ada unsur lain selain rasa. 

1) Mie Ayam Seyegan


Biasa juga disebut dengan mie ayam mekaton seyegan. Seperti pernah gw posting sebelumnya disini, mie ayam ini menyuguhkan rasa yang baru di kancah permieayaman di Jogja tentunya dengan rasa gorengnya. Kebetulan juga gw udah pernah dua kali kesana, en kunjungan kedua gw secara khusus pesen mie ayam rebusnya, en rasanya nggak jauh beda cuman kayak mie gorengnya dikasih kuah. Gitu aja, soalnya secara bumbunya bener-bener sama plek. So, buat gw lebih enak yang mie ayam goreng ya gan. Tentu saja mending bawa sambel sendiri, coz, menurut gw sambel di sini manis. Kecuali lo suka yang manis-manis. Walo tempat jauh banget, boleh lah dicoba di hari minggu, coz menurut kabar yang berkembang kedai ini tutup di hari Jumat. En jangan lupa datengnya jangan lebih dari jam 12 lah ya, biasanya udah habis. 

Hastags : #goreng #gurih #manis #sawinyaunyu

2) Mie Ayam Bangka Apo


Atas rekomendasi Tejo, gw nyicipi juga Mie Ayam Bangka di bilangan Jalan Kabupaten, Godean. Lagi-lagi lokasinya jauh banget dari kota. Mungkin lokasi ini beda dengan apa yang disebut Tejo, tapi setelah gw googling lokasinya menunjuk ke sini. Secara umum, enak banget dah. Kombinasinya pas. Penggunaan merica/lada nya oke punya en mbikin adonan ayamnya gurih menggelitik so enak aja. Menang tipis daripada legenda Jogja, Yammie Pathuk. But, ya itu selain enak banget, harganya juga gak mahal, affordable. Walo mie-nya kecil tapi nggak lemes en nggak banyak minyak. So, joss! Pencinta mie ayam oriental kudu nyobain deh I suppose.

Hastags : #oriental #gurih #asin #pedas #pangsitbasah

3) Mie Ayam Sompel


Ini atas rekomendasi Indro, temen gw anak HI embuh angkatan piro, haha. Dia rekomendasiin secara secara vicinity berada diarea kos dia. Pagob tenan. Nah, arah JEC dari rumah gw itu makpyoh sekali. But, karena penasaran adalah gw cicipi juga gerai ini. Gerainya sih kecil en tertutup en orang lebih mengenal tempat ini gegara es tape nya yang melegenda. Cuman karena gw kaga suka tape, so gw emang gak mesen. Anyway, mie ayamnya jos, sambelnya mantap. Sekali lagi, sambelnya mantap. Itu adonan ayamnya udah dibubuhi lada hitam plus merica, so ketika lo tambahin sambel, jadilah reaksi kimia yang mengaplifikasi rasa pedas itu di mulut lo. So, coba aja deh, sekalian coba es tapenya trus komentar di bawah ya gimana rasanya. Xoxo!

Hashtags : #jogja #semioriental #superpedas #gurih #notgreasy

4) Mie Ayam Tumini


Mie ayam ini udah gw review disini. Dari sudut pandang orang diet, gw merasa mie ayam ini nggak cocok ya, karena penggunaaan santan di sini berlebihan. Kaldu ayam plus adonan ayamnya dicampur pake santan en dimasak dalam jangka waktu yang agak lama sehingga berasa kayak makan rendang ayam gitu. Merupakan mie ayam paling berpengaruh di Jogja bagian selatan. So, coba aja deh, apalagi kalo lo lagi berkunjung ke bilangan terminal Giwangan. 

Hashtags : #jogja #supergreasy #manis #gurih #ceker

5) Mie Ayam Kuli Sekarsuli


Wew, ini nih mie ayam yang lo kudu coba kalo merasa mie ayam jaman sekarang itu porsinya dikit. Kenapa dinamai Kuli? Ya itu sebutan aja karena biasanya kuli suanya makan banyak karena perkerjaan mereka yang memang berat gaes. Iya bener, begitu gw disuguhi itu porsinya mie ayam. Gila. untuk menuju ke porsi normal yang biasa disajikan di warung mie ayam lainnya aja gw harus ngehabisin mie ayam ini setengah mainan. Bener-bener banyak banget. Rupanya lo kudu bener-bener ngosongin perut dulu deh gaes sebelum kesini. Tapi, walo porsinya banyak en tumpeh-tumpeh, tapi rasanya masih bener-bener pas en nggak hambar. Adonan ayamnya enak kok, minyak yang dipake juga nggak banyak, tapi rasa bawangnya terasa banget emang. But, I like it. Oiya, yang mines di sini mungkin baksonya kali ya, menurut gw itu bakso paling cuman kanji doang deh. Tapi gak beda jauh kok antara yang pake bakso atau yang enggak. Jadi, gw menantang lo semua, berani gak?

Hashtags : #jogja #kuli #gurih #edan 

6) Mie Ayam Sendowo

Ini mie ayam favorit jaman kuliah ane, mungkin nggak perlu banyak diterangin karena memang udah terkenal. Yang gak bisa dipisahkan adalah bakso gorengnya yang kerasnya bukan main, tapi enak buat nambahin tekstur. Secara porsi pun ini mie ayam juga monster, tumpeh-tumpeh, manis banget so pasti karena mungkin di dalam list ini cuman mie ayam ini yang bergenre “Wonogiri”. Buat yang mau makan di sini mungkin harus antri en pengap-pengapan karena kedainya kecil en gelap gitu. Ya, semoga semakin ke depan semakin berkembang ini warung ya, terus anak-anak si bapak penjual mau nggantiin bisnis bapaknya. Kasian, udah tua. 

Hashtags : #wonogiri #manis #kuli #baksogoreng 

7) Mie Rampok

Seperti yang pernah gw review disini, Mie Rampok ini mungkin bukan warung yang pengap en identik dengan gerobak yang emang tipikal penjaja mie ayam. Mie Rampok ini bersistem kekinian yang secara default adalah berjenis mie ayam goreng. Harga murah tapi emang porsinya kecil. Cocok buat nongkrong yang nggak ngerogoh kocek banyak. Lagian, konsep penjara juga bisa bikin atmosfer luyaman menyenangkan. Cuman panas aja sih, sangat penjara banget. 

Hashtags : #goreng #pedesmampus #pedesbanget #penjara 

8) Mie Ayam Thoyonk

Ini mie ayam favoritnya temen SMA gw dulu, Surya. Entah kenapa dia seneng banget makan mie ayam di sini. Kedai ini menempati tempat jualan pigura yang dipake di pagi siang hari. Kalo malam semuanya berubah. Yang nggak gw duga, pelayanan disini super cepet. Algoritma mereka sungguh keren. Tapi, kalau dilihat dari rasanya: Mie-nya sendiri sudah asin, tapi adonan ayamnya manis ala Jogja. Kombinasi yang sangat menarik dari dua jenis mie ayam. Tapi jadilah kewaguan yang enak. Yang menarik lagi adalah, ada kecap asin. Gimana coba kalu gw campurkan kecap asin ini ke dalam mie yang udah asin. Pasti cetar asinnya. But, oke kok, buat yang suka asin silakan ke sini. 

Hashtags : #asin #oriental #gurih #pangsitgoreng #pangsitcampur #pelayanancepat

9) Yammie Pathuk


Ini mie ayam rekomendasinya Tejo, tapi sempet syubhat sih memang. Menurut kabar yang beredar sih mie ayam yang berlokasi di Kemetiran Kidul ini menggunakan daging babi. En well, mereka juga sempat membersihkan nama mereka dengan memberi pernyataan di media bahwa yang menggunakan babi hanyalah siobak mereka. Gw nggak paham juga apa maksud siobak ini. Mungkin semacam pangsit basah mereka? Untunglah sewaktu gw berkunjung kesini, gw bisa enggak memesan pangsit basahnya. En gw minta ganti ayam aja. Secara general mie ayam ini enak kok, cuman kurang nendang entah apanya. Mungkin kurang lada? Ayamnya enak tapi terlalu dry, mungkin karena terlalu kecil potongannya. Mienya terlalu lemes juga. Untungnya menurut lidah gw, gw enggak menemukan rasa lain selain ayam di sini. Semoga aja minyaknya bukan minyak babi, soalnya sih emang nggak yang enak banget. Kan, harusnya kalo pake babi katanya enak banget kan ya. Hahaha.. Lagian banyak banget juga orang berhijab yang makan di sini. So, gw rasa aman kok. 

Hashtags : #oriental #gurih #nopork #pakeayamkok #mahal

10) Miago Pangsit Juwita


Gw pernah sebel sama gerai satu ini gegara pelayanannya yang begitu lama bukan main. Tapi mie ayam ini sebelas duabelas sama mie rampok. Pedesnya jelas pedes mie rampok, secara rempah pun lebih mantep mie seyegan, tapi yang jadi signature dish di sini adalah mangkuk pangsitnya. Joss. 

Hashtags : #goreng #pangsit #miewarnawarni #pedas #gurih #longassride

11) Mie Ayam Pelem Kecut

Secara nggak sengaja gw berhenti di sebuah gerobak penjaja mie ayam di deket pelem kecut, di gang yang tembusannya ke jalan jembatan merah. Awalnya kupikir itu penjaja mie ayam biasa dengan rasa mie ayam yang biasa. Tapi ternyata ada rasa yang lain yang bermain. Mie ayamnya mungkin dikasih micin yang banyak mungkin ya, soalnya bisa jadi gurih gimana gitu. Manisnya pas, sambelnya pedes pas juga, plus dapet ceker hanya dengan harga 6000 rupiah. Nggak pernah ada mie ayam lain semurah ini. Bahkan lebih murah dari mana indomie rebus telur di burjoan. Enaknya lagi lo bisa makan di saung tempat ronda karena memang tempat makannya kecil juga plus biasanya berbagi sama angkringan. Nice!

Hashtags : #jogja #gerobak #ceker #manis #gurih #pedes

12) Mie Ayam Bakso Tenis

Ini adalah mie ayam kesukaan Pram en Lisa, yah keduanya lulusan geografi UGM, yah mungkin jangan-jangan anak geografi suka makan di sini, entahlah. Berada agak di seberang The Icon di jalan Sawitsari itu, warung ini emang terkenal dengan Bakso Tenis en Bakso Cincangnya. Tapi ternyata mie ayam dengan dua bakso itu juga jadi enak lho. Kurang nendang emang, tapi kuahnya kentel banget. Bisa dibayangkan ketika lo pesen mie ayam bakso tenis, itu telor di dalam baksonya akan bereaksi dengan kuahnya membuat rasa semakin enak en penuh lemak. Hahaha. But, oke kok!

Hashtags : #jogja #kental #baksotenis #baksodagingcincang #miewarnawarni #greasy

13) Mie Ayam Ceker

Ini adalah gerai paling tenar di Jalan Kaliurang. Malahan ada dua cabang mie ayam ceker yang cuman terpaut sekitar dua ratus meter. Yang satu ada di seberang persis Sederhana, en yang satu di seberang persis Ayam Goreng HW. Ini mie ayam favorit Siti en Iwan Kucluk. Mungkin karena mereka penggemar ceker. Nah kalau cekernya dikesampingkan, mie ayam ini ya mie ayam biasa dengan rasa yang biasa. Ayamnya biasanya masih bercampur dengan tulang en kulit begitu, terus minyaknya juga lumayan banyak. Mie ayam ini enggak begitu enak tanpa tambahan saos en sambel tentu saja. 

Hashtags : #jogja #ceker #pangsit #manis #gurih

14) Mie Terbang ala Makan-Minum

Ini mungkin bukan genre mie ayam, tapi lebih ke mie goreng bertopping ayam. Rasa orientalnya dapet karena memang dimasak dengan balutan bumbu-bumbu oriental. Mungkin udah nggak booming sekarang, tapi apa salahnya nyoba kalo emang belum pernah nyobain. Review lengkapnya ada disini.

Hashtags : #goreng #mieterbang #flyingnoodle #oriental #piquant #tangy

15) Mie Ayam Afui

Mie ayam ini mbak-mbak kasirnya aduhai sekali bro. Coba deh. Selain mbak-mbak yang mirip ama Mulan Jameela yang lebih pendek itu, coba juga mie ayamnya. Di sini porsinya disesuaikan dengan besar kecilnya. Ada yang mini en ada juga yang monster. Kalao pengen kenyang tapi males ke jalan wonosari, bisa jadi ini pilihan tepat. Tapi, semakin besar pilihanmu, maka semakin banyak juga kocek yang harus dihabiskan. Konsepnya sih Yammie. Ayamnya kek suwir-suwir gitu yang dibumbuin paling cuman garam en lada. So, enak sih tapi biasa aja. 

Hashtags : #oriental #yammie #palembang #porsijumbo #mbakeayu #asin #gurih

16) Mie Ayam Mas Yudi

Whoa, sajake gw udah nggak tau dimana lagi cabang Mas Yudi yang masih eksis. Dulu beberapa tahun yang lalu sempet eksis dengan cabangnya dimana-mana. Tapi sepertinya tinggal satu yang masih gw tahu, yakni mie ayam mas yudi cabang sagan, Utaranya Galeria Mall, ya sebelah-sebelahnya Bungong Jeumpa. Mie oriental ini emang udah lama banget. Secara rasa sih hampir sama kayak Afui, cuman harganya mahal.

Hashtags : #oriental #asin #gurih #pangsit #prayformasyudi

17) Mie Ayam Gonel

Oke, jujur gw udah lama banget gak menginjakkan kaki di sini. Ini mie ayam favorit gw jaman kuliah sampe jaman gw masih suka ngasistensi kuliah en praktikum di MIPA UGM. Karena letaknya yang cuman sepenggalan dari Milan (Mipa selatan), jadilah sebelum praktikum biasanya gw makan siang disini dulu. Paling jos dari warung ini adalah menu mie ayam jamurnya. Beda aja sih. Secara gak ada mie ayam lain yang menyajikan mie ayam dengan jamur. Nggak ada yang salah dengan mie ayam ini, cuman kurang gurih aja sih, tapi enak ya tetep enak kok. Wajib dicoba kalo lo lagi berada di sekitaran Jambusari (Area Koki Joni dan sekitarnya)

Hashtags : #oriental #yammie #mieayamjamur #gurih #pedes #unik

18) Mie Ayam Gress

Sebenernya Gress ini nggak cuman ada di Galeria (yang udah jadi gerai sendiri sekarang – makin mahal – kampret sekali). Cabang lain adalah di Jakal km 6 sana deket Batalyon 403 atau juga ada di Jamal sebelum JCM, en mungkin masih banyak lagi yang gw nggak tau. Modelnya sih semuanya yammie dengan rasa mie yang unik kayak mie telor. Pangsitnya gede en emang enak sih. Selain mie ayam, juga ada siomay yang rasanya lumayan. Buat yang lagi ada di Galeria, bisa nyobain sekarang. Awas, mahal!

Hashtags : #oriental #mahal #siomay #gurih #pedes #pangsit

19) Mie Ayam Idola Tamsis

Ini kesukaan Pram, gegara lokasinya deket ama rumahnya. Mie ayam manis en sungguh biasa aja sih menurutku. Cuman emang nama begitu santer di belahan jogja selatan. En berkat nama yang melegenda itulah, warung ini begitu laris banget. Lokasinya di utara UII gan, utaranya lagi mie terbang. Asik pokoknya, coba ajah!

Hashtags : #jogja #manis #soso #agakmahal 
20) Yammie Panda Jakal

Yammie Panda emang diketahui besar-besaran bikin restonya. Konsep cecinaan. Yang gw tau ada di Jakal (deket rumah gw) ama satu lagi ada di Babarsari sana. Seperti mie ayam oriental lain, rasa dan penyajiannya sama kecuali mungkin pelayanan di sini seringkali nggak jelas. Nggak tahu gimana FOH bekerja disini tapi banyak komentar bahwa seringkali mie ayam sampai di pelanggan dalam waktu yang lama. Yah, barangkali masukkan aja. Plus rasanya agak bland. 

Hashtags : #oriental #bitbland #longassride #mahal #gurih #yammie #deketrumah

21) Mie Ayam Tunggal Rasa, Masjid Syuhada

Sebelum Miago terkenal, mungkin konsep mangkuk pangsit udah duluan ditemukan oleh mie ayam sederhana yang suka mangkal di depan Masjid Syuhada ini. Lucu deh. Karena kuah mie ayam, pangsit di Mie Tunggal Rasa ini jadi lepek. Tapi kombinasinya pas kok, walau emang kurang nendang. Wajib dibeli karena murah en jadi salah satu warung tujuan ketika gw ngantor di sebuah kantor di jalan mongonsidi. 

Hashtags : #jogja #pangsitgoreng #gurih #tapikurangnendang #sambilibadah 

22) Mie Ayam Jakarta Jakal

Seputaran jakal emang banyak tenda-tenda kaki lima yang biasanya emang mangkal disana. Salah satunya adalah mie ayam Jakarta yang di tendanya ditulis dengan “Mie Jakarta”. Sebenernya mie ayamnya bukan satu-satunya menu karena pastinya banyak menu cecinaan lain kayak kwetiau, nasi goreng, capcay, dan sebagainya. Tapi menu mie ayamnya enak kok. Secara bumbu pas tapi lagi-lagi kurang nendang karena entah apa. Pernah ketemu Yazid en Sheilla juga disini. Mungkin mereka suka ama rasa masakan tenda ini. 

Hashtags : #oriental #yammie #pangsitbasah #asin #gurih #limalangkahdarirumah 

23) Mie Ayam Pak Waldi


Atas rekomendasi Indro juga, gw bekunjung ke sini. Sebenernya mie ayam ini udah pengen gw jabanin jauh-jauh hari karena emang pengunjungnya membludak banget. Karena penasaran adalah gw coba juga ini gerai. Untungnya  ada kursi kosong. En, begitu mie ayam terhidang di depan gw, jauh pungguk merindukan bulan, ekspektasi kuah coklat manis ala wonogiri atau seenggaknya kentel kuah dengan ayam yang dadu-dadu gitu. Jebul, mie ayam berkuah penuh minyak yang ayamnya dikit. Mungkin bisa sih minta balungan atau ceker ke mas-mas penjualnya. Kata Indro sih, ini mie rasa ayam goreng. Hm, kenapa gw nggak merasa demikian, gw juga bingung. 

Hashtags : #jogja #greasy #kurangnendang #gurih #garlicky #kurangbanyak

24) Mie Setan

Ini gerai yang lagi ngetrend en secara sporadis banyak ditemukan di Jogja Utara. Paling selatan mungkin bisa ditemukan di Jalan Prof Yohanes itu deket Galeria. Atau mungkin Tamsis, ah lupa. Yang pasti. Mie ayam ini berbahan dasar mie indomie. Tapi kuahnya unik. Kayak gw nggak bisa membedakan bahan-bahan apa aja yang masuk dalam bejana di pembuat. Pedesnya emang nendang banget, kebangetan banget buat level 5 sekalipun. Cuman ayamnya gak terlalu banyak. Lagian kalo lo gak bilang pake ayam, gerai ini gak bakal ngasih ayam. So, cermati semua menu di sini dengan baik. Cuman, yang gak gw sukai dari gerai ini adalah penyajiannya yang agak lama serta pelayanan FOHnya yang serabutan sekali. FOH nampak sama sekali enggak menghormati pengunjung. Dengan penampilan sangar en tampak preman banget, pelayan malah asik ngerokok di depan gerai. Ya ini studi kasus untuk cabang perumnas memang, semoga cabang lain nggak seperti itu. Sayang, mienya enak tapi pemandangan lainnya membuat pengunjung gerah untuk balik lagi.

Hashtags : #fusion #indomie #pedes #jogja #longassride #fixthatmanner

25) Mie Ayam Santika

Oke, mie ayam Santika ini sempet terkenal sewaktu gw kuliah dulu. Nggak tau sih masih ada atau enggak sekarang, tapi ya begitulah. Mie ayam tenda ini selalu penuh dengan pengunjung. Mie ini identik dengan rasa khas jogja yang manis tapi gurih en seimbang. Nggak terlalu garlicky tapi juga gak terlalu asin. Cocok deh buat yang lagi berkendara en kebetulan lewat depan Hotel Santika. Cuman ya itu, kalo penuh ya harus rela antri. Hehehe

Hashtags : #jogja #antri #terkenal #gurih #manis 

26) Mie Ayam Pak Sarwan, Kompleks Pesantren Ali Maksum
27) Mie Ayam Gejayan
28) Mie Ayam Alamanda

Nah, tiga jenis mie ayam di atas hampir mempunyai range rasa yang sama. Dengan tanginess dari bawang yang berminyak itu dihasilkan mie ayam yang khas sekali, khas jogja. Ayamnya masih berjubelan dengan tulang belulangnya. Pangsitnya mini tapi renyah. Namun, di mie ayam gejayan dan alamanda, sambelnya unik. Mereka membuat rasa smoky di sambelnya dengan bahan utama cabe hijau. Sehingga pedas yang dihasilan aneh dan unik. Sangit tapi pedes gimana gitu. Nggak ada salahnya deh dicobain.

Hashtags : #jogja #garlicky #smokey #pangsit #acartimun #gurih #pedes

29) Mie Ayam Sadiye
30) Mie Ayam Pak Min

Mie ayam ini ada di daerah Tamsis, deket sama Mie ayam Idola. Cuman yang ini secara rasa so-so lah ya. Hampir sama rasanya kayak mie Santika atau Tunggal rasa. Untuk mie Sadiye, ada bagian dari mie ayam ini yang aneh. Untungnya ada pangsit goreng yang dijual seribuan disini, jadi keanehan itu hilang deh. Untuk mie ayam Pak Min, sama dengan sadiye, ada yang aneh, tapi gw nggak tau apa. Cuman bagusnya, mie ayam disini bisa dicampur dengan bakso jumbo.

***

Gitu deh pengamatan gw, berikut rangkumannya :

No
Nama
Jenis
Porsi
Mie
Pedas
Harga
Rasa
1
Mie Ayam Gejayan
Jogja
Medium
Kecil
M
10000
B
2
Mie Ayam Pak Min
Jogja
Medium
Kecil
M
12000
B
3
Mie Ayam Gonel
Oriental
Medium
Kecil
M
10000
A-
4
Mie Ayam Sendowo
Wonogiri
Big
Besar
M
10500
A
5
Mie Ayam Sompel
Jogja
Big
Kecil
XXL
14000
A
6
Mie Ayam Tumini
Jogja
Medium
Kecil
M
12000
A+
7
Mie Ayam Seyegan
Goreng
Big
Besar
M
12000
A+
8
Mie Ayam Pak Waldi
Jogja
Small
Kecil
M
11000
B
9
Mie Ayam Setan
Fusion
Medium
Kecil
XL
13000
B+
10
Mie Rampok
Goreng
Small
Besar
XXL
9000
A
11
Mie Ayam Pelem Kecut
Jogja
Medium
Kecil
M
8000
A+
12
Mie Ayam Bakso Tenis
Jogja
Medium
Kecil
M
12000
A-
13
Mie Ayam Alamanda
Jogja
Medium
Kecil
M
9000
B
14
Mie Ayam Pak Sarwan
Jogja
Medium
Med
M
10000
B
15
Mie Ayam Idola
Jogja
Medium
Kecil
M
12000
B+
16
Mie Ayam Sadiye
Jogja
Medium
Kecil
M
11000
B
17
Mie Terbang
Goreng
Big
Kecil
M
16000
A-
18
Mie Ayam Afui
Oriental
Varies*
Kecil
M
12000
A-
19
Mie Ayam Mas Yudi
Oriental
Medium
Kecil
M
15000
A-
20
Mie Ayam Jakarta
Oriental
Medium
Kecil
M
14000
B+
21
Miago Pangsit Juwita
Goreng
Big
Med
XL
16000
A
22
Mie Ayam Ceker
Jogja
Medium
Kecil
M
12000
A-
23
Mie Ayam Tunggal Rasa
Jogja
Big
Med
M
10000
A-
24
Mie Ayam Kuli Sekarsuli
Jogja
Super
Med
L
13000
A
25
Yammie Pathuk
Oriental
Small
Kecil
M
16000
A
26
Mie Ayam Bangka Apo
Oriental
Small
Kecil
L
10000
A+
27
Mie Ayam Santika
Jogja
Medium
Kecil
M
13000
A-
28
Yammie Panda Jakal
Oriental
Small
Kecil
M
12000
B+
29
Mie Ayam Gress
Oriental
Small
Kecil
M
16000
A
30
Mie Ayam Thoyonk
Oriental
Small
Kecil
M
11000
A
Begitu juga ranking beserta point nilainya :

No
Nama
Tipe
Porsi
Pedas
Harga
Hyg
Lama
Rasa
Total
1
Mie Ayam Seyegan
Goreng
  4.00
  3.00
  3.50
  3.00
  3.00
  4.75
4.15
2
Mie Ayam Bangka Apo
Oriental
  3.00
  3.50
  4.50
  4.00
  3.00
  4.50
4.13
3
Mie Ayam Sompel
Jogja
  4.00
  4.50
  3.00
  3.00
  4.00
  4.25
4.02
4
Mie Ayam Tumini
Jogja
  3.00
  3.00
  3.50
  2.00
  3.00
  4.75
3.98
5
Mie Ayam Kuli Sekarsuli
Jogja
  5.00
  4.00
  4.00
  2.00
  3.00
  4.25
3.98
6
Mie Ayam Sendowo
Wonogiri
  4.00
  3.00
  4.25
  2.00
  4.00
  4.25
3.92
7
Mie Rampok
Goreng
  2.00
  4.25
  4.50
  4.00
  4.00
  4.00
3.90
8
Mie Ayam Thoyonk
Oriental
  3.00
  3.00
  4.50
  2.00
  4.00
  4.25
3.85
9
Yammie Pathuk
Oriental
  2.50
  3.00
  2.00
  3.00
  3.50
  4.50
3.79
10
Miago Pangsit Juwita
Goreng
  4.00
  4.00
  3.00
  4.00
  2.00
  4.00
3.75
11
Mie Ayam Pelem Kecut
Jogja
  3.00
  3.00
  4.50
  2.00
  4.00
  4.00
3.71
12
Mie Ayam Bakso Tenis
Jogja
  3.00
  3.00
  3.50
  4.00
  4.00
  3.75
3.65
13
Mie Ayam Ceker
Jogja
  3.00
  3.00
  3.50
  4.00
  4.00
  3.75
3.65
14
Mie Terbang
Goreng
  4.00
  3.00
  3.00
  4.00
  3.00
  3.75
3.60
15
Mie Ayam Afui
Oriental
  3.50
  3.00
  3.50
  3.00
  4.00
  3.75
3.60
16
Mie Ayam Mas Yudi
Oriental
  3.00
  3.00
  3.00
  4.00
  4.00
  3.75
3.60
17
Mie Ayam Gonel
Oriental
  3.00
  3.00
  4.00
  2.00
  4.00
  3.75
3.52
18
Mie Ayam Gress
Oriental
  3.00
  3.00
  2.00
  4.00
  4.00
  3.75
3.52
19
Mie Ayam Idola
Jogja
  3.00
  3.00
  3.50
  4.00
  3.00
  3.25
3.27
20
Yammie Panda Jakal
Oriental
  2.50
  3.00
  2.00
  4.00
  3.00
  3.50
3.25
21
Mie Ayam Tunggal Rasa
Jogja
  3.00
  3.00
  3.00
  2.00
  3.00
  3.50
3.21
22
Mie Ayam Jakarta Jakal
Oriental
  3.00
  3.00
  3.00
  2.00
  4.00
  3.25
3.15
23
Mie Ayam Pak Waldi
Jogja
  3.00
  3.00
  3.50
  3.00
  4.00
  3.00
3.13
24
Mie Ayam Setan
Jogja
  3.00
  4.00
  3.50
  2.00
  2.00
  3.25
3.10
25
Mie Ayam Santika
Jogja
  3.00
  3.00
  3.00
  2.00
  3.00
  3.25
3.06
26
Mie Ayam Pak Sarwan
Jogja
  3.00
  3.00
  4.00
  2.50
  3.00
  3.00
3.04
27
Mie Ayam Gejayan
Jogja
  3.00
  3.00
  4.00
  3.00
  4.00
  2.75
3.02
28
Mie Ayam Alamanda
Jogja
  3.00
  3.00
  4.50
  2.00
  4.00
  2.75
2.98
29
Mie Ayam Sadiye
Jogja
  3.00
  3.00
  4.00
  2.00
  4.00
  2.75
2.94
30
Mie Ayam Pak Min
Jogja
  3.00
  3.00
  3.50
  2.00
  3.00
  2.75
2.81

Sekali lagi, ranking ini hanya berdasar rasa dari lidah gw. Gw yakin lidah orang memiliki kepekaan rasa yang berbeda satu sama lain. Maka, bisa saja ranking lo berbeda dengan gw. So, gw nggak memaksa lo ikut dengan ranking gw. Cuman sekedar memberi tempat-tempat aja kok gaes!!

Sip deh, sampai jumpa ke episode analisis lainnya... Ada request? Hahaha...

2 komentar

nantoi80 mengatakan...

Mantap gan,saya juga pemburu mie ayam,ngomong2 Jogjanya mana ya hehe kali aja bisa tuker info tentang mie ayam di daerah Jogja....

nantoi80 mengatakan...

#pemburumieayam
#infomieayam

Diberdayakan oleh Blogger.